uefau17.com

10 Objek Wisata Wonosobo untuk Liburan Asik dan Melepas Penat - Lifestyle

, Jakarta Kawasan pegunungan sering kali menjadi rekomendasi tempat melepas penat dan refreshing karena menyediakan suasana yang sejuk, dingin, dan tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Keindahan alam mulai dari perbukitan hijau, danau yang tenang, hingga puncak gunung yang diselimuti awan, memberikan pengalaman visual yang luar biasa dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Salah satu destinasi yang menawarkan pengalaman tersebut adalah Wonosobo. Daerah yang punya julukan "Negeri di Atas Awan" itu tak henti-hentinya menyuguhkan pesona alam dan objek wisata Wonosobo yang menakjubkan. Kabupaten yang diapit oleh Gunung Sindoro dan Sumbing ini memang terkenal dengan objek wisatanya yang mampu menyegarkan mata dan pikiran para wisatawan, tak terkecuali juga penduduk lokal.

Ketika beranjak sejauh 11 kilometer dari jantung kota, di situlah letak rentetan surga dunia berada. Dimulai dari terbentangnya pemandangan Gunung Prau, mengalirnya anak sungai mengelilingi kawah, hingga munculnya mata air di beberapa daerah. Objek wisata Wonosobo menawarkan pengalaman dan sensasi yang beragam sehingga sering menjadi rekomendasi tempat melepas penat.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp5.000 hingga Rp20.000, para wisatawan sudah dapat menikmati keindahan alam objek wisata Wonosobo yang menyegarkan mata dan pikiran. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar banyak hal mengenai budaya, asal-usul, dan sejarah beberapa tempat wisata yang ada di Wonosobo. Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut rekomendasi objek wisata yang ada di Wonosobo.

1. Telaga Menjer

Berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Wonosobo, terdapat objek wisata yang lokasinya cukup tersembunyi. Dikenal dengan nama telaga menjer, banyak para wisatawan yang penasaran dengan objek wisata yang satu ini. Telaga menjer sebenarnya merupakan salah satu telaga alami yang memiliki luas 70 hektar dan berada di ketinggian 1300 mdpl. Objek wisata Wonosobo seperti Telaga Menjer ini menyajikan suasana yang tenang sehingga cocok untuk kamu yang ingin melepas penat di akhir pekan. Untuk dapat menikmati suasana di sekitar telaga, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp5.000. Selain itu, kamu juga bisa mengelilingi area telaga dengan menaiki kapal seharga Rp20.000.

2. Kawah Sikidang

Berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kawah Sikidang menjadi salah satu objek wisata Wonosobo yang ikonik dan selalu ramai pengunjung. Dengan cukup membayar Rp15.000, kamu sudah dapat menikmati sensasi yang ditawarkan dari objek wisata ini, termasuk bau belerang yang cukup menyengat. Meski begitu, wisatawan juga dapat menjajal serunya merebus telur menggunakan air kawah yang panas.

Untuk menjelajahi Kawah Sikidang, kamu tidak perlu khawatir karena pengelola objek wisata telah menyediakan jembatan yang mengelilingi area kawah sehingga dapat mempermudah wisatawan untuk menikmati panorama alam yang ada.

3. Sendang Mudal

Mata Air Mudal atau kerap disebut Sendang Mudal merupakan satu dari sekian banyaknya mata air yang ada di Wonosobo. Sendang ini nampak sangat indah karena warna airnya yang biru dan jernih. Keindahan tersebut menjadikan ikan-ikan yang berenang di dalamnya terlihat dengan jelas. Konon katanya, ikan-ikan tersebut merupakan jelmaan dari para leluhur sehingga dilarang keras untuk menangkapnya. Tidak ada yang tahu kapan pastinya mata air ini ditemukan, namun banyak yang meyakini bahwa mata air ini sudah digunakan sejak zaman penjajahan Belanda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Bukit Sikunir

Sama seperti Kawah Sikidang, Bukit Sikunir terletak di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Berada pada ketinggian 2.300mdpl, salah satu objek wisata Wonosobo ini menawarkan pesona golden sunrise yang cantik dan menawan. Bahkan katanya, keindahan sunrise di Bukit Sikunir merupakan yang terbaik se-Asia Tenggara. Selain itu, dari ketinggian kamu juga dapat melihat rentetan gunung yang terletak di Pulau Jawa, seperti Gunung Merapi, Merbabu, Lawu, Slamet, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai macam keindahan yang ditawarkan, kamu nggak perlu khawatir dengan tarif masuknya, karena dengan Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati pesona matahari terbit yang menakjubkan.

5. Curug Sikarim

Tidak jauh dari lokasi Telaga Menjer, terdapat objek wisata lain bernama Curug Sikarim. Curug ini menjadi curug tertinggi di Wonosobo karena lokasinya yang berada di Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa. Keindahan alam yang ditawarkan di Curug Sikarim pun beragam, kamu dapat melihat pesona aliran air terjun yang menakjubkan, kicauan burung-burung yang memanjakan telinga, serta udara segar yang mampu menjernihkan pikiran.

3 dari 5 halaman

6. Telaga Warna

Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata Wonosobo yang memiliki luas sekitar 40 hektar dan berada pada ketinggian 2.000 mdpl. Diberi nama ‘Telaga Warna’ karena warna air di dalamnya kerap berubah-ubah, mulai dari warna kuning, hijau, biru, seperti komponen warna pelangi. Fenomena unik tersebut terjadi karena kandungan sulfur yang cukup tinggi pada airnya, sehingga saat terkena sinar matahari, warna air telaga tampak mengeluarkan warna yang bermacam-macam.

4 dari 5 halaman

7. Kebun Teh Tambi

Hamparan luas Perkebunan Teh Tambi berada di Kecamatan Kejajar, tepatnya di Desa Tambi. Objek wisata ini menawarkan sensasi udara sejuk dan asri serta dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang memukau. Dengan menjelajahi area perkebunan, kamu dapat menikmati aroma teh yang semerbak sehingga pikiranmu jauh lebih tenang dan damai. 

8. Gunung Cilik

Gunung Cilik berada pada ketinggian 1.550 mdpl. Dari ketinggian, objek wisata ini menawarkan pemandangan hijau kebun teh yang menyegarkan mata. Selain itu, Gunung Cilik juga menyediakan beberapa spot foto yang dapat kamu gunakan untuk mengabadikan momen berlibur.

9. Telaga Bedakah

Telaga Bedakah terletak di tengah perbukitan yang hijau. Air telaga yang jernih dan tenang dapat menetralisir perasaan dan pikiranmu. Selain itu, di sekitar telaga kamu juga dapat merasakan udara segar dan sejuk sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur, bersantai, hingga melepaskan penat. Untuk alternatif lain, di tempat ini kamu juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas, seperti bercengkrama, memancing, menyewa perahu untuk menjelajah area telaga, atau hanya sekedar berjalan-jalan di sekitar telaga saja.

5 dari 5 halaman

10. Wisata Alam Posong

Posong menjadi salah satu objek wisata yang sering diperbincangkan publik. Objek wisata ini terletak di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, tepatnya di Desa Tlahab. Sama seperti Bukit Sikunir, tempat ini akan memanjakan para wisatawan dengan pesona golden sunrisenya. Selain itu, kamu juga dapat menikmati hamparan ladang tembakau yang mengelilingi objek wisata tersebut. Agar tidak melewatkan momen, kamu juga dapat mengambil gambar karena tempat ini menyediakan spot foto dengan bentang alam yang hijau, asri, dan sejuk.

Itu dia 10 rekomendasi objek wisata Wonosobo untuk liburan asik dan melepas penat di akhir pekan. Dari beberapa rekomendasi di atas, objek wisata mana yang jadi favorit kamu?

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat