uefau17.com

Raisa Andriana Mengaku Pernah Terinspirasi Buat Lirik Lagu Saat Naik Ojol - Lifestyle

, Jakarta - Sosok penyanyi Raisa Andriana kembali jadi pusat perhatian setelah merilis film dokumenter berjudul "Harta, Tahta, dan Raisa" yang mulai tayang pada Kamis, 6 Juni 2024 di seluruh bioskop Indonesia. Film yang menceritakan perjalanan karier Raisa ini disutradarai Soleh Solihun dengan produser Dipa Andika bersama Adryanto Pratono (Boim) dan Ernest Prakasa.

Saat promosi, Raisa tidak hanya berbicara soal film di sebuah tayangan YouTube Soleh Solihun. Ia bercerita berbagai hal, termasuk soal proses menulis lagu. Nyawa dan Harapan, misalnya, yang liriknya ternyata ditulis saat istri Hamish Daud ini sedang naik ojek online (ojol).

"Reff-nya (ditulis) di atas ojol," ungkap Raisa ke Soleh yang menanyainya di video yang diunggah pada Rabu, 4 Juni 2024. Jaga-jaga, Raisa merekamnya di voice note. "Ambil handphone terus langsung gini (memeragakan saat merekam inspirasi tersebut)," imbuh ibu satu anak tersebut.

Menurutnya, saat sudah mendapatkan bagian reff, perjalanannya mengeksekusi lagu tersebut akan lebih mulus. Soleh pun penasaran kenapa Raisa saat itu naik ojol, yang dijawab, "Tidak tahu," oleh perempuan kelahiran 1989 itu. "Udah lama, lama banget. Itu tujuh tahun lalu," ujarnya.

Soleh pun penasaran apakah Raisa ternyata suka naik ojol. Saat di Bali, penyanyi itu mengaku terbilang sering menggunakan layanan tersebut, tapi sangat jarang memanfaatkannya di Jakarta, mengingat polusi udara yang terbilang parah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nama Akun Raisa di Aplikasi Ojol

Soleh bertanya lagi apakah pengemudi ojol mengenalinya, dan dijawab Raisa, "Beberapa ngeh," saat bertemu dengannya. Raisa mengaku tidak memakai nama asli, sehingga saat reservasi, tidak mungkin diketahui.

"Tapi biasanya kalau mobil online gitu, apa sih disebutnya taksi online, lebih sering (dikenali pengemudi), karena kan kelihatan dan lama, terus bisa lihat dari spion (dalam)," jelas pelantun lagu Pemeran Utama tersebut.

Saat tepergok menggunakan jasa sopir taksi online, kebanyakan mereka tidak menyangka dan terkejut bisa bertemu Raisa. Soleh pun bertanya lagi, apa nama akun Raisa saat memesan ojol. Tapi, Raisa menolak menjawabnya.

Ia hanya menyebut bahwa nama akunnya mirip dengan nama perempuan Indonesia pada umumnya. "Pokoknya ini nama Indonesia yang sangat banyak ditemui di luaran sana," ungkap Raisa.

Soleh lalu menyebutkan beberapa contoh nama populer, seperti Sri maupun Ayu, tapi ditampis Raisa bahwa bukan nama tersebut. "Bukan, cukup. Pokoknya itu lah nama-nama yang banyak disebutkan di mana-mana," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Film Dokumenter Harta, Tahta, dan Raisa

Mengutip kanal Regional , 24 Mei 2024, Raisa merilis film dokumenter bertepatan dengan ulang tahun ke-34. Film itu merupakan garapan rumah produksi Imajinari yang bekerja sama dengan JUNI Records.

Lewat film ini, Raisa mencoba menceritakan perjalanan kariernya melalui cerita dibalut komedi dan drama. Dokumenter ini juga menampilkan perjuangan Raisa sebagai musisi hingga akhirnya bisa menggelar konser tunggal di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Terkait judul, idiom "harta, tahta, wanita" sudah sangat umum di kalangan masyarakat. Beberapa orang kerap mengganti kata wanita dengan nama seseorang yang dikagumi.

Tapi, pemilihan judul ini tak hanya sebatas itu. Judul "Harta, Tahta, Raisa," diambil karena menggambarkan bahwa harta milik Raisa adalah orang-orang di sekitarnya, yakni penggemar, keluarga, tim, serta manajemen.

Mereka semua merupakan harta Raisa yang bisa membuat sang penyanyi bisa bertakhta di posisi sekarang. Film ini juga jadi apresiasi khusus dari Raisa untuk para penggemarnya yang dijuluki YourRaisa.

4 dari 4 halaman

Keinginan Kolaborasi dengan Musisi Luar

Jelang perilisan, Imajinari telah merilis poster dan trailer film tersebut. Dalam trailer berdurasi 2 menit 13 detik itu, terlihat secuplik kisah di balik momen bersejarah Raisa: Live in Concert di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Film ini juga merefleksikan perjalanan karier Raisa dengan menghadirkan orang-orang penting di hidupnya.

Adapun dalam poster resminya, Raisa tampak anggun mengenakan gaun bernuansa merah. Sebelum proyek dokumenter itu, ia telah menggelar konser tunggalnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) awal 2023.

Raisa mengungkap banyak keinginan untuk dilakukan di tahun 2024. Seperti yang diketahui, salah satu sorotan dari kariernya adalah proyek kolaborasi bersama musisi luar negeri.

Raisa menyebut keinginan dan kemungkinan kembali menampilkan kolaborasi dengan artis luar negeri, tahun ini. "Kami ada beberapa wishlist untuk kolaborasi (dengan musisi luar), semuanya masih diusahakan," ujar Raisa ketika ditemui di kawasan Jakarta Pusat, 27 Oktober 2023.   

"Aku yakin bakal ada karya kolaborasi tahun depan (2024) karena itu salah satu yang ditunggu-tunggu penggemar pastinya dan buat aku, itu kayak refreshing gitu lho. Kalau collab tuh bikin seger gitu jadi enggak cuma kerja sendiri," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat