uefau17.com

Tips Mengemas Koper agar Muat Lebih Banyak untuk Mudik Lebaran - Lifestyle

, Jakarta - Lebaran yang sudah semakin dekat membuat banyak orang Indonesia tidak sabar menunggu waktu mudik. Kegiatan pulang kampung dan bertemu sanak saudara ini sudah jadi tradisi tahunan untuk sebagian besar orang Indonesia. Ada yang mudik hanya beberapa hari saja, ada juga yang tinggal hingga berminggu-minggu. Persamaannya adalah mereka akan tetap membawa koper sebagai wadah penyimpan baju.

Dikutip dari InStyle, Senin, 25 Maret 2024, ada beberapa tips mengemas koper agar muat lebih banyak dan memudahkan perjalananmu. Tips packing pertama adalah sebaiknya mengemas kaus oblongmu dengan cara digulung agar menyisakan lebih banyak tempat di dalam kopermu.

Untuk beberapa jenis pakaian berbeda seperti celana dalam dan bra, kamu bisa masukkan ke dalam kotak atau tas kecil sebelum ditaruh ke koper. Hal ini agar pakaian jenis ini tidak tercampur dengan pakaian lain dan menyulitkanmu ketika menyusun wardrobe-mu di tempat mudik nanti.

Koper biasanya juga memiliki beberapa kompartemen yang terdiri dari dua sisi, yakni sisi yang lebih dalam dan yang dangkal. Maksimalkan semua ruang kopermu agar bisa memuat lebih banyak barang.

Contohnya, gunakan sisi koper yang dangkal untuk menaruh peralatan mandi dan sandal, sedangkan sisi yang dalam untuk pakaian dan sepatu. Perlu juga dipertimbangkan matang-matang bila ingin membawa barang besar yang tidak bisa dilipat, seperti sepatu bot atau tas kulit. Jenis barang seperti ini akan menyita banyak tempat di koper

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Jenis Pakaian yang Akan Dibawa

Secara fungsionalitas, ketika berlibur atau mudik, jenis pakaian yang dibawa patut menjadi perhatian. Daripada membawa piyama yang hanya bisa dikenakan ketika tidur atau di dalam rumah, Anda bisa ganti dengan membawa kaus oblong dan celana joger yang juga dapat digunakan sebagai outfit kasual.

Sama halnya ketika kamu memilih antara membawa kaus oblong putih dengan gaun pantai, pilihlah pakaian yang menurutmu lebih esensial dan bisa digunakan ke mana pun. Pakaian spesifik seperti kebaya, daster, hingga gaun pesta, perlu dipikirkan lagi apakah akan terpakai secara maksimal.

Mudik lebaran ke daerah yang memiliki suhu berbeda bisa jadi tantangan. Jangan lupa untuk selalu membawa outer atau luaran pakaian seperti jaket dan blazer untuk menjaga kenyamananmu di perjalanan atau tempat tujuan.

Selain itu, tips untuk meminimalkan kerutan pada pakaian di dalam koper adalah dengan memasukkannya ke dalam plastik. Plastik bisa membantu mengurangi tekanan yang dihasilkan di dalam koper.

 

3 dari 4 halaman

Sisakan Ruang dan Catat Barang Bawaanmu

Jangan lupa untuk memikirkan apakah kamu akan membawa oleh-oleh dari kampung halaman atau tidak. Bila iya, artinya Anda harus menyisakan ruang kosong di dalam koper untuk menyimpan setidaknya suvenir kecil hingga kudapan tradisional.

Selalu ingat untuk membawa tas tambahan seperti tote bag untuk memisahkan baju kotormu agar tidak bercampur. Walau pakaian Anda mungkin dicuci di kampung halaman atau tempat menginap, tote bag mungkin tetap dibutuhkan untuk membawa barang tambahan yang tak terduga.

Hal ini mungkin yang kadang orang-orang lupakan adalah mencatat apa saja yang dibawa di dalam koper. Tips ini bisa jadi hal berguna, terutama jika kamu orang pelupa. Berdasarkan catatan itu, Anda bisa lebih mudah memilih busana yang tepat saat liburan.

Jangan lupa untuk memisahkan barang-barang penting seperti dompet, power bank, dan obat-obatan pribadi. Bukan saja supaya mudah diakses, kalau kopermu hilang atau hancur, setidaknya barang-barang pentingmu masih aman. Barang-barang penting ini bisa dimasukkan ke tas tangan atau carry on.

 

4 dari 4 halaman

Bawa Barang-Barang Lain yang Mungkin Dibutuhkan dan Cek Kembali Bawaan

Selanjutnya, untuk kamu yang suka ngemil di tempat liburan, bisa membawa makanan ringan atau kudapan sederhana karena tidak ada yang tahu apakah di tempat tujuanmu nanti bisa dengan mudah menemukan snack kesukaanmu. Satu lagi yang mungkin bisa dipertimbangkan jika kamu menginap di hotel atau penginapan adalah membawa setrika untuk memastikan pakaianmu tetap rapi.

Kalau mudik ke rumah keluarga, mungkin barang satu ini tidak perlu kamu bawa dan sudah tersedia di kampung halaman. Jika perlu, kamu juga bisa membawa hairdryer atau catokan untuk memastikan tampilanmu tetap oke walau sedang di luar kota.

Cek kembali isi koper untuk memastikan semua barang yang kamu butuhkan sudah terangkut, jangan sampai ada barang krusial yang tertinggal. Untuk menambah keamanan koper, Anda bisa kunci kopermu dan beri keamanan ekstra dengan membungkusnya menggunakan tali wrap atau plastic wrap jika kamu bepergian menggunakan moda transportasi udara. Selamat mudik!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat