uefau17.com

Bajafash 2023 Digelar Lebih Ramah Lingkungan di Batam, Lirik Pengunjung dari Malaysia dan Singapura - Lifestyle

, Jakarta - Seiring masuknya masa transisi ke endemi, beragam event yang melibatkan massa dalam jumlah besar kembali digelar. Satu di antaranya adalah Bajafash, Batam Jazz & Fashion. Perhelatan yang memadukan musik jazz dan fesyen itu akan diselenggarakan pada 28--29 Juli 2023 di Panbil Eco Edupark Batam yang memadukan penampilan musisi jazz lokal dan internasional dengan sederet desainer.

Indina Putri Fadja, founder dan advisor Bafash menyebut bahwa acara tersebut merupakan momen kebangkitan Bajafash dari tidur panjang. Pasalnya, event digelar terakhir kali pada 2019, sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, yang memaksa menghentikan sebagian besar interaksi sosial.

Pada tahun ini, Bajafash mengusung tema Time to Emerge. "Tema yang kami yakini sepadan menggambarkan kemunculan Bajafash melalui tangan-tangan generasi baru, yang mewujudkan visi kreativitas kolaboratif yang berkelanjutan dengan bahasa global untuk memberikan upaya terbaik bagi perkembangan musik jazz dan fashion," kata Indina dalam keterangan tertulis yang diterima , beberapa waktu lalu.

Beradaptasi dengan tren dunia, Bajafash juga memberi sorotan khusus pada semangat ramah lingkungan. Indina menyebut semangat itu berwujud pada konsep acuan para desainer yang terlibat. "Para desainer untuk tidak menggunakan bahan poliester dalam koleksi rancangan yang akan tampil di runway Bajafash, sehingga lebih minim efek bagi ekosistem lingkungan," sambung dia.

Sementara, Yasser Hadeka Daniel, CEO Simplemind yang kini mengampu penyelenggaraan Bajafash 2023 menambahkan soal Waste Control. "Menghadirkan tim Bajafash Waste Control untuk memastikan sampah dapat teregulasi dengan baik sehingga kebersihan area Bajafash terjaga, menjadikan pengunjung merasa nyaman dan lingkungan Panbil Eco Edupark tetap asri," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Musisi dan Desainer Bajafash 2023

Indina menyebut desainer yang bakal tampil di antaranya mereka yang tergabung dalam Indonesia Fashion Chamber (IFC). Selain itu ada koleksi Corrie Kastubi dan Beda-Beda Batik.

"Kami yakin Bajafash dengan konsep kreatifnya mampu menarik minat masyarakat, wisatawan, hingga para calon investor. Membangun Kota Batam sebagai salah satu fashion hub internasional serta mendorong pengembangan produk dan musik lokal ke wilayah global. Tak lupa turut berperan membangun kesadaran berkelanjutan dalam kepedulian lingkungan," imbuh Indina.

Mereka akan berkolaborasi dengan sejumlah musisi yang akan tampil di panggung musik. Di dalam daftar terdapat nama musisi Malaysia Sheila Majid, juga Maliq & D'Essentials, Rio Moreno feat. Rudi Djoe, Soukma & Weixiang Tan, Dua Empat feat Hansen Arif & Joshua Alexander, Littlefingers, Lightcraft, Tanayu, Roadroots, Kangakubawa, Flatnine Quintet dan deretan musisi lain.

"Tujuan yang utama salah satunya menjadikan Bajafash sebagai agenda hiburan ikonik yang dapat memberikan value positif bagi Kota Batam di mata nasional dan internasional. Karenanya, penting bagi Bajafash untuk tetap setia pada pemilihan line up yang selaras dengan gairah jazz seperti Sheila Majid, hingga Maliq & D'Essentials namun juga berikan kesempatan bagi nama-nama musisi non-jazz untuk tampil menawarkan rasa dan suguhan yang berbeda bagi pengunjung," kata Yasser. 

Ajang tersebut disambut baik oleh para sponsor, termasuk pihak Panbil Eco Edupark, lokasi penyelenggaraan Bajafash 2023. Teezar Mirza, Head of Corporate Hospitality, Panbil Hospitality Group mengaku bersemangat bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Tak hanya tema dan konsep yang sejalan dengan nilai yang kami pegang, namun juga dapat berkontribusi dalam satu agenda musik yang memiliki kemampuan untuk memperkenalkan Kota Batam secara positif bagi masyarakat Indonesia dan internasional mendorong kami untuk menyediakan fasilitas terbaik demi berjalannya Bajafash secara lancar dan berkesan bagi pengunjung," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Dukungan untuk Menarik Wisatawan Asing

Pelaksanaan Bajafash akan memaksimalkan Semar Stage sebagai panggung utama Bajafash pada 28-29 Juli 2023. Sementara, area Atrium Panbil Eco Edupark ditujukan bagi penyelenggaraan bazar fesyen dan hasil UMKM Kota Batam yang akan digelar pada 27-30 Juli 2023.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengapresiasi event Bajafash yang dinilai telah memberi warna baru bagi Kota Batam sejak 2016. Ia menyebut Pemkot Batam mendukung konsep pentahelix yang tertuang pada Peraturan Menteri (Permen) Pariwisata Republik Indonesia No. 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata yang berkelanjutan untuk bersinergi dengan berbagai pihak.

"Bajafash diusung sebagai salah satu atraksi buatan dan atraksi alam yang menjadi bagian dari konsep pariwisata, yang dapat memberikan pengalaman baru bagi wisatawan baik internasional maupun lokal untuk menikmati Kota Batam," katanya.

Ia menyebut kegiatan itu berpotensi membuka keran pariwisata kreatif yang akhirnya bisa meningkatkan jumlah PDB dan devisa. "Juga membantu persona Kota Batam sebagai prioritas destinasi investasi yang kondusif," sambung Ardi.

Mengingat target pengunjung tidak hanya warga lokal, tetapi juga dari negara tetangga Malaysia dan Singapura, Disbudpar Kota Batam berjanji untuk mempromosikan kegiatan tersebut ke seluruh pihak. Ia juga mengatakan akan membantu kelancaran alur keimigrasian serta memastikan kebutuhan Bajafash terkait regulasi pemerintahan berjalan dengan baik.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Cara Pembeliannya

Penjualan tiket early bird Bajafash 2023 akan dibuka pada 9--16 Juni 2023, bisa didapatkan melalui platform yesplease.com. Tiket juga dijual secara luring di Best Western Panbil, Ishoo Coffee Premium, Anchor, Kopi Boemi, Labers dan Rimbun.

Pengguna M-Banking Mandiri bisa mendapatkan harga khusus untuk setiap pembelian tiket Bajafash 2023. Calon pengunjung Bajafash dapat menggunakan Payment Gateway Bank Mandiri untuk mendapatkan promo cashback bagi pembelian tiket secara offline, QRIS sebesar Rp25.000, dan penggunaan EDC atau Debit Card mendapatkan maksimal diskon 30 persen.

Adapun harga tiket early bird sebagai berikut:

  • Regular Day 1 Rp. 250.000,-
  • Regular Day 2 Rp. 250.000,-
  • Regular 2 Day Pass Rp. 450.000,-
  • VIP Rp. 550.000,- untuk posisi menonton paling dekat dengan panggung

Penjualan tiket dengan harga normal akan berjalan mulai 17 Juni hingga 29 Juli 2023 dengan harga mulai dari Rp. 350.000,-.

Calon pengunjung internasional juga bisa mendapatkan tiket Bajafash 2023 di titik berikut:

Malaysia              : Infin8 – Ed +601154282977, Akie +601111805874, Khairil +601115204856

Singapura            : Asita Travel – Eva Betty +62811771834

Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui akun media sosial Bajafash @bajafash. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat