uefau17.com

12 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami, Cepat dan Ampuh - Hot

, Jakarta Cara menghilangkan kutil harus segera dilakukan sebelum menyebar. Walau umumnya tidak berbahaya, kutil dapat menimbulkan rasa sakit, serta mengganggu penampilan dan tentunya membuat tidak percaya diri.

Kutil muncul karena infeksi virus HPV (human papillomavirus) pada kulit, terutama kulit yang luka. Kutil mungkin diawali luka seperti garukan kuku. Luka terbuka ini memungkinkan virus masuk ke dalam lapisan kulit. Penyakit akibat virus HPV (human papillomavirus) ini cukup mudah menular melalui sentuhan. Kamu dapat terinfeksi virus bila menyentuh kutil secara langsung.

Cara menghilangkan kutil bisa menggunakan bahan-bahan alami. Selain menggunakan beberapa bahan alami, menjaga kebersihan, seperti cuci tangan sebelum menyentuh wajah dan menghindari kontak langsung dengan kutil adalah cara untuk menghindari kutil.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/11/2020) tentang cara menghilangkan kutil.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cuka Apel, Bawang Putih, dan Baking Powder

Cuka Apel

Cara menghilangkan kutil yang pertama bisa menggunakan cuka apel. Sifat asam yang tinggi akan membuat benjolan kutil pada kulit mengelupas dan kempes secara alami. Cara menggunakannya juga mudah, cukup dengan mencampur dua sendok makan cuka apel ke setengah gelas air. Selanjutnya, celupkan kapas dan oleskan pada kutil. Tutup dengan perban dan biarkan hingga esok hari.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu cara menghilangkan kutil secara alami. Sifat antivirus dan antibakteri, serta rasa panas ketika dioleskan pada kulit dapat membantu menghilangkan kutil secara alami. Cara menggunakannya mudah saja, kamu hanya perlu membuatnya seperti pasta. Lalu mengoleskan pada area tubuh yang terdapat kutil. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai kutil hilang.

Baking Powder

Meski sering menjadi bahan untuk membuat roti, baking powder rupanya juga dapat dipakai sebagai cara menghilangkan kutil pada area tubuh. Caranya cukup mudah yakni mencampurkan baking powder dengan minyak kastor. Campuran seperti pasta ini selanjutnya dapat kamu oleskan pada area tubuh yang terdapat kutil. Gunakan ketika malam hari dan tutup dengan plester untuk dibuka keesokan harinya.

3 dari 5 halaman

Madu, Buah Nanas, dan Lemon

Madu

Madu juga dapat menjadi cara menghilangkan kutil di wajah secara alami. Hal ini disebabkan karena sifat madu sebagai antibakteri dan antivirus. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu oleskan madu pada kutil di wajah, kemudian setelahnya tutup permukaan tersebut menggunakan perban. Penutupan kutil menggunakan madu bertujuan untuk mencegah adanya oksigen yang masuk, sehingga dapat membunuh virus penyebab kutil.

Buah Nanas

Buah nanas yang mengandung asam serta enzim alami bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kutil. Cara menggunakannya cukup mudah. Hanya perlu menyiapkan buah nanas. Kemudian mengupasnya dan memotong seperlunya. Jika sudah, oleskan buah nanas segar langsung pada area tubuh yang terdapat kutilnya. Kamu juga bisa menggunakannya dalam bentuk jus, nanti tinggal dioleskan ke kutil.

Lemon

Selain nanas, lemon juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan kutil secara alami. Hanya perlu memakai air perasan lemonnya saja. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat membantu menghilangkan kutil secara alami. Caranya cukup dengan mengoleskan air perasan lemon pada area tubuh yang berkutil, lalu tutup dengan plester atau perban. Lakukan rutin sampai kutil hilang atau kempes. Kamu juga dapat memakai tablet vitamin C yang dihancurkan bersama dengan air sampai membentuk pasta.

4 dari 5 halaman

Kulit Pisang, Lidah Buaya, dan Kemangi

Kulit Pisang

Buah yang khas dengan warna kuning dan lembut ini juga dapat menjadi cara menghilangkan kutil pada area tubuh dengan pengobatan rumah yang alami. Namun bagian yang berkhasiat untuk menghilangkan kutil adalah kulit pisang. Kulit pisang mengandung enzim proteolitik yang bisa menghilangkan serta mengempeskan kutil pada kulit. Kalian dapat menggosokkan kulit pisang pada area tubuh yang terdapat kutil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan rutin setidaknya dua kali sehari.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa dipakai untuk menghilangkan kutil di rumah. Pengobatan ini tentu sangat mudah dan murah. Sebab, dalam lidah buaya mengandung asam malat yang efektif untuk menghilangkan kutil pada area tubuh. Sama seperti penggunaan bahan lainnya. Hanya perlu menggosokkan gel lidah buaya pada area tubuh yang berkutil.

Kemangi

Cara menghilangkan kutil selanjutnya adalah dengan kemangi yang memiliki kandungan yang bersifat antivirus, sehingga mampu membasmi virus penyebab kutil. Cara pakainya mudah saja, tinggal hancurkan seperempat cangkir yang berisi daun kemangi, kemudian setelah lembek, aplikasikan pada kutil di wajah. Lalu, tutup permukaan wajah yang telah diolesi kemangi menggunakan perban. Lakukan setiap hari selama 1-2 minggu.

5 dari 5 halaman

Tea Tree Oil, Minyak Jarak, dan Minyak Serai

Tea Tree Oil

Kandungan antivirus dalam tea tree oil dapat membantu memusnahkan kutil yang tumbuh di wajah. Cara menghilangkan kutil menggunakan minyak esensial ini adalah dengan mengencerkan tea tree oil dengan cara mencampur 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes almond atau castor oil. Kemudian, teteskan larutan tersebut sebanyak 3-4 tetes ke kapas. Lalu, letakkan pada kutil selama 5-10 menit. Kamu tinggal melakukannya sebanyak 2-3 kali sehari. Bila setelah menerapkan langkah di atas kamu merasa nyeri, panas, atau rasa terbakar, larutan harus lebih diencerkan kembali.

Minyak Jarak

Minyak jarak bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan kutil. Minyak jarak ini dikenal sebagai obat antimikroba dan anti-inflamasi. Bahan ini bahkan digunakan sebagai obat alami untuk kutil, kurap, ketombe, dan masalah kulit lainnya. Hanya perlu oleskan minyak jarak pada kutil setiap hari. Mungkin butuh dua minggu atau lebih untuk melepaskan kutil.

Minyak Serai

Minyak serai diketahui mampu mengatasi virus herpes simplex tipe 1, sehingga menggunakan minyak serai juga bisa menghilangkan kutil. Hanya perlu mengoleskan minyak serai pada area tubuh yang terdapat kutil. Agar hasilnya bisa maksimal, oleskan secara rutin. Pastikan setelah menyentuh kutil, tak menyentuh area manapun agar tak menular dan menyebar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat