uefau17.com

7 Cara Menghilangkan Kutil di Leher saat Hamil, Cocok untuk Area Lainnya - Hot

, Jakarta - Kutil atau skin tag adalah daging tumbuh di permukaan kulit yang ukurannya kecil, pertumbuhannya tidak menimbulkan rasa sakit. Ibu hamil merupakan individu yang rentan memiliki kutil karena perubahan dermatologisnya selama kehamilan.

Kutil pada ibu hamil umumnya muncul pada trimester ketiga. Tidak hanya di leher, saat hamil kutil bisa tumbuh di ketiak, payudara, dan vagina. Bagaimana cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dan area lainnya?

Dr. Debra Sullivan melansir dari Health Line, pada Selasa (19/7/2020), mengungkap cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dan area lainnya bisa dengan menunggu kelahiran, kutil akan secara otomatis hilang karenanya.

Meski begitu, pada kondisi tertentu kutil tidak bisa hilang sendiri dan bikin tidak nyaman sebelum kelahiran. Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil direkomendasikan Dr. Sullvina, pakai bahan alami atau prosedur pembedahan.

Pada kondisi yang tidak parah, cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami sangat direkomendasikan karena bebas bahan kimia. Bahan kimia bisa menyerap kulit dan berbahaya bagi janin.

Apa saja bahan alami yang cocok untuk cara menghilangkan kutil di leher saat hamil? Berikut tujuh cara menghilangkan kutil di leher saat hamil, Selasa (19/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutil di Leher saat Hamil dan Penyebabnya

Apabila ingin mengetahui cara menghilangkan kulit di leher saat hamil, pahami penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab munculnya kutil saat hamil dijelaskan Dr. Sullivan berasal dari perubahan dermatologis selama kehamilan.

Dalam sebuah penelitian klinis pada 2007, diungkap ada 20 persen wanita mengalami perubahan dermatologis selama masa kehamilannya. Lalu 12 persen diantaranya mengalami kemunculan kutil di beberapa area tubuhnya.

Kemudian penyebab kemunculan kutil saat hamil bisa pengaruh perubahan hormon dan kenaikan berat badan selama kehamilan. Ada korelasi positif antara hormon leptin dan jumlah kutil selama kehamilan.

Dalam penelitian berjudul A Study of Androgen and Estrogen Receptors Α, Β in Skin Tags oleh Omar El Safoury, Lila Rashid, dan Magdy Ibrahim, diungkap demikian. Leptin adalah hormon pendorong diferensiasi dan pertumbuhan sel epitel (kulit).

Kemunculan kutil saat hamil tak hanya pada bagian leher, tetapi bisa muncul di ketiak, payudara, hingga vagina ibu hamil. Nah, cara menghilangkan kutil di leher saat hamil bisa disesuaikan dengan penyebabnya.

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil sebenarnya bisa dilakukan secara alami, tunggu sampai ibu melahirkan maka secara alami kutil akan hilang. Akan tetapi, bagi yang merasa terganggu karenanya dan setelah melahirkan kutil tak hilang, cara menghilangkan kutil di leher wajib disimak baik-baik.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutil di Leher saat Hamil dengan Bahan Alami

Ibu hamil harus berhati-hati dengan bahan kimia, karena ini bentuk perawatan keras yang bisa diserap kulit dan berbahaya bagi janin dalam kandungan. Apabila kutil di leher yang dimiliki tidak serius, cobalah cara menghilangkan kutil di leher dengan bahan alami.

Dr. Sullivan merekomendasikan tiga cara menghilangkan kutil di leher saat hamil yang pasti aman dan manjur. Begini cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami:

1. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami adalah cobalah menggunakan cuka sari apel. Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami ini manjur karena memiliki sifat asamnya.

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami ini akan bermanfaat untuk mengeringkan kutil, yang akan membuatnya rontok. Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami adalah rendam kapas dengan cuka sari apel, ini meminimalkan risiko luka bakar.

2. Minyak Pohon Teh

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami adalah menggunakan minyak pohon teh, ini karena sifat antijamur dan antibakteri yang dimilikinya.

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami ini bisa membantu mengurangi peradangan. Termasuk bagus untuk kutil yang tersangkut atau teriritasi.

3. Bawang Putih

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami adalah mengandalkan bawang putih. Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami  ini bisa diandalkan karena sifat anti-penuaan dan anti-inflamasinya.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah, orang-orang telah melaporkan cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan bahan alami ini berhasil. Tempatkan sedikit bawang putih segar atau jus bawang putih segar pada kutil dan tutup dengan perban bersih setiap hari sampai kutil terlepas.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutil di Leher saat Hamil dengan Pembedahan

Apabila kutil yang dimiliki saat hamil tergolong parah dan bersifat kanker, cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan perawatan medis sangat diperlukan.

Dijelaskan Dr. Sullivan, cara menghilangkan kutil di leher saat hamil yang parah harus dilakukan dengan kunjungan ke dokter kulit. Pada kondisi kutil di leher yang parah, jangan coba-coba menghilangkannya sendiri.

Begini cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan pembedahan oleh ahli:

1. Pemotongan

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan pembedahan adalah melakukan pemotingan. Prosedur ini melibatkan pemotongan fisik dengan gunting atau pisau bedah.

Jika kutil sangat besar, cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan perawatan medis adalah pasti memerlukan jahitan.

2. Kauterisasi

Cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan pembedahan adalah kauterisasi. Dijelaskan, kutil dapat dihilangkan dengan membakar kutil dengan tingkat panas atau energi listrik yang tinggi.

3. Bedah Beku

Mirip dengan kauterisasi, cara menghilangkan kutil di leher saat hamil dengan pembedahan adalah bedah beku atau cryosurgery memungkinkan pembekuan dan penghilangan kutil kulit menggunakan nitrogen cair.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat