uefau17.com

Perusahaan Asal Denmark Novo Nordisk Gandeng Bio Farma untuk Produksi Obat Diabetes di Indonesia - Health

, Jakarta Novo Nordisk Indonesia menjalin kerja sama dengan perusahaan farmasi Bio Farma dalam proses produksi obat diabetes di Indonesia. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) beberapa waktu lalu.

Dalam hal kerja sama ini ini Novo Nordisk menghadirkan keahliannya dalam perawatan diabetes dan produksi insulin. Lalu, Bio Farma menghadirkan kemampuan manufaktur lokalnya yang sudah mapan.

“Kolaborasi dengan Bio Farma dalam ini memperkuat komitmen kami untuk Indonesia,” kata Vice President dan General Manager Novo Nordisk Indonesia, Sreerekha Sreenivasan.

Lebih lanjut, Sreerekha mengatakan bahwa kolaborasi ini memang selaras dengan misi Novo Nordisk yang ingin memperbaiki kualitas hidup pada orang dengan penyakit kronis.

"Memperbaiki kualitas kehidupan orang dengan diabetes sangat penting untuk mewujudkan visi ini, dan kami berupaya untuk memberikan akses yang setara terhadap penanganan diabetes,” kata Sreerekha.

Direktur Utama Bio Farma Shadiq Akasya pun menyambut baik kerja sama dengan Novo Nordisk. Selain bisa meningkatkan kapabilitas Bio Farma, kolaborasi dengan Novo Nordisk bakal meningkatkan akses masyarakat Indonesia terhadap pengobatan diabetes.

"Kemitraan ini bertujuan untuk secara signifikan meningkatkan akses terhadap pengobatan diabetes yang berkualitas dan terjangkau, meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan penyakit diabetes kronis, dan memperkuat kapasitas sistem kesehatan Indonesia dalam mengatasi tantangan global," kata Shadiq.

Novo Nordisk dan Bio Farma targetkan untuk memberikan dampak positif bagi hampir satu juta orang dengan diabetes dalam dekade mendatang.

Selain itu, kerja sama ini antara Novo Nordisk dengan Bio Farma juga memperkuat kolaborasi antar dua negara. Yakni antara Denmark dengan Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menkes Budi: Kolaborasi untuk Selamatkan Lebih Banyak Nyawa

Dalam penandatangan MoU, hadir juga Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin juga mengapresiasi kerja sama antara Novo Nordisk dan Bio Farma.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan bentuk upaya untuk menyelamatkan lebih nyawa di Indonesia dari penyakit diabetes.Hal tersebut ia sampaikan lantaran diabetes merupakan ibu dari segala penyakit. Bila diabetes tidak terkontrol bisa menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, ginjal yang akan lebih berat lagi masalahnya dan besar biayanya.

"Diabetes adalah ibu dari segala penyakit. Diabetes yang tidak terkontrol akan menimbulkan komplikasi," kata Budi.

 

3 dari 4 halaman

Skrining dan Obati Diabetes Sesegera Mungkin

Di kesempatan yang sama Budi juga mengingatkan pentingnya melakukan skrining dan mengobati diabetes sejak dini. Jika pengobatan cepat dilakukan, biaya lebih murah dan komplikasi bisa dicegah.

"Jika kita dapat mengidentifikasi dan mengobati diabetes sejak dini, maka biaya perawatan akan lebih murah dan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka yang hidup dengan diabetes," kata Budi.

Budi juga mengatakan bahwa telah melakukan reformasi pada ribuan fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas agar bisa menangani diabetes dengan baik.

"Kami telah mereformasi 10.000 layanan primer untuk penanganan diabetes yang lebih baik," kata Budi.

4 dari 4 halaman

Indonesia Posisi ke 5 Kasus Diabetes Terbanyak di Dunia

Menurut International Diabetes Federation (IDF), Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan jumlah diabetes terbanyak dengan 19,5 juta penderita di tahun 2021. Diprediksi akan menjadi 28,6 juta pada 2045.

Risiko seseorang terkena diabetes dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti gaya hidup, riwayat keluarga yang memiliki diabetes, aktivitas fisik yang kurang, dan konsumsi gula yang tinggi secara terus-menerus. Tingginya konsumsi gula yang tidak diimbangi dengan aktivitas fisik akan menyebabkan terjadinya resistensi insulin sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat