uefau17.com

18 Juli 2019: Pembakaran Studio Animasi Kyoto Animation di Jepang, 36 Orang Tewas - Global

, Kyoto - Sejarah mencatat bahwa pada hari ini, 18 Juli 2019, sebuah insiden pembakaran terjadi di studio animasi Jepang.

"Seorang pria berusia 41 tahun berteriak, "Matilah kamu!" menyalakan api ke cairan yang mudah terbakar di pintu sebuah studio animasi ternama di Kyoto, memicu kobaran api yang dengan cepat menghanguskan gedung tiga lantai tersebut," kata pihak berwenang, seperti dikutip dari CBS News.

Para pejabat mengatakan 33 orang dipastikan tewas dalam kebakaran tersebut. Mikihide Daikoku dari pemadam kebakaran Kyoto mengatakan 36 lainnya terluka, 10 di antaranya kritis. Belakangan jumlah korban dilaporkan bertambah menjadi 36 orang.

Video ponsel saksi mata menunjukkan awan hitam tebal dan asap mengepul dari bangunan Kyoto Animation tersebut.

Identitas dan motif tersangka awalnya menjadi misteri. Polisi mengatakan pria tersebut, yang sedang dirawat karena luka-luka yang dideritanya dalam kebakaran tersebut, bukanlah seorang karyawan atau mantan karyawan Kyoto Animation Company yang memproduksi serial TV terkenal.

Adapun Kyoto Animation Co., Ltd sering disingkat KyoAni, perusahaan ini didirikan pada tahun 1981, dan memiliki basis penggemar setia di seluruh dunia.

Jejak Berdarah di Trotoar

Asap mengepul saat kebakaran melanda studio animasi Kyoto Animation di Kyoto, Jepang, Kamis (18/7/2019). Stasiun televisi NHK melapor, seorang pria yang menuangkan bensin ke sekitar gedung animasi telah ditahan. (Kyodo News via AP)

Penduduk di lingkungan Fushimi Ward yang berpenduduk padat, menanggapi jeritan ketakutan dan permohonan bantuan, membantu penyelamatan para korban, banyak di antara mereka yang hangus, tidak bersepatu dan berdarah – beberapa meninggalkan jejak kaki berdarah di trotoar.

Perdana Menteri Jepang saat itu, Shinzo Abe menyampaikan belasungkawanya kepada para korban kebakaran dalam sebuah tweet, dan menyebutnya sebagai "pembunuhan besar-besaran".

"Saya tidak bisa berkata-kata," kata Abe. “Saya mendoakan arwah mereka yang telah meninggal dunia. Saya ingin menyampaikan belasungkawa kepada semua korban luka dan mendoakan mereka cepat sembuh.”

Seorang wanita berdoa untuk para korban kebakaran  di gedung Kyoto Animation Studio di Kyoto, Jepang (19/7/2019). Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran, namun polisi menduga kebakaran tersebut atas unsur kesengajaan. (AP Photo/Jae C. Hong)

Mengutip LA Times, tersangka dalam serangan pembakaran tahun 2019 di sebuah studio animasi di Jepang, Shinji Aoba, akhirnya mengaku bersalah pada Selasa 5 September 2023, hari pertama persidangannya atas pembunuhan 36 orang.

Persidangan atas kejahatan paling mematikan di Jepang dalam beberapa dekade telah lama ditunda untuk memberikan waktu bagi terdakwa untuk pulih dari luka bakar serius yang dideritanya dalam serangan tersebut.

Shinji Aoba yang disebut berusia 45 tahun saat persidangan, didakwa dengan berbagai tuduhan pembunuhan, percobaan pembunuhan dan pembakaran setelah dia membakar studio No. 1 Kyoto Animation pada 18 Juli 2019. Kebakaran tersebut menewaskan 36 orang dan menyebabkan lebih dari 30 lainnya terbakar parah atau terluka.

Aoba hadir di hadapan Pengadilan Distrik Kyoto dengan menggunakan kursi roda dan mengenakan masker bedah, media Jepang melaporkan. Jaksa mengatakan dia melakukan kejahatan itu sebagai balas dendam, meyakini bahwa Kyoto Animation telah mencuri salah satu novelnya, yang telah dia serahkan ke kontes perusahaan.

Dalam pernyataannya, Aoba mengatakan bahwa hanya serangan itu yang terpikirkan saat itu, namun ia tidak pernah mengira akan ada begitu banyak orang yang tewas. Dia sekarang berpikir telah bertindak terlalu jauh, katanya, menurut laporan sidang.

Asap mengepul saat kebakaran melanda studio animasi Kyoto Animation di Kyoto, Jepang, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 13 orang diduga tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat kebakaran tersebut. (Kyodo News via AP)

Pelaku, Shinji Aoba, hampir tewas dalam serangan itu. Ia menderita luka bakar parah di 90% tubuhnya, termasuk wajah, badan, dan anggota badan. Dia tidak sadarkan diri selama berminggu-minggu dan dirawat selama 10 bulan di rumah sakit khusus luka bakar, di mana dia menjalani beberapa operasi transplantasi kulit yang menyelamatkannya, kata polisi.

Dia terakhir kali terlihat di depan umum dengan tandu pada saat penangkapannya pada Mei 2020, setelah 10 bulan dirawat di rumah sakit.

Jaksa menunggu enam bulan lagi untuk melihat hasil evaluasi psikiatris sebelum mengajukan tuntutan resmi. Mereka mengatakan dia sehat secara mental untuk diadili, sedangkan pengacara Aoba berargumen bahwa dia tidak sehat secara mental dan tidak seharusnya bertanggung jawab secara pidana.

Pada awal 2024, Shinji Aoba dijatuhi hukuman mati karena serangan pembakaran di sebuah studio animasi Kyoto pada tahun 2019. Salah satu insiden yang paling mematikan di Jepang dalam beberapa dekade terakhir, menewaskan sebagian besar seniman muda dan mengejutkan dunia anime.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Evakuasi dan Penyelamatan Korban Terhambat

Pekerjaan untuk mengevakuasi korban tewas dan luka-luka dari gedung tersebut terhambat oleh ketidakstabilan struktur yang rusak parah.

Tersangka mengalami luka bakar di bagian kaki, tangan dan dada, dan terjatuh di dekatnya ketika mencoba melarikan diri, kata para pejabat. Saat dia dirawat karena luka yang tidak mengancam jiwa, polisi mengatakan dia mengaku akan tetap ditahan.

Polisi mengatakan beberapa pisau juga ditemukan di tempat kejadian.

Polisi tidak memberikan motifnya, namun seorang saksi mengatakan kepada TV Jepang bahwa penyerang mengeluh bahwa barang miliknya telah dicuri, kemungkinan oleh perusahaan, demikian laporan Associated Press.

“Dia sepertinya punya dendam terhadap masyarakat, dan dia juga berbicara dengan marah kepada polisi, meski dia berjuang melawan rasa sakit,” katanya kepada Kyodo News. "Dia juga terdengar punya dendam terhadap Kyoto Animation."

3 dari 4 halaman

Ada 67 Orang yang Tengah Bertugas

Sebanyak 67 karyawan sedang bertugas, kata polisi. Dari jumlah tersebut, 10 orang ditemukan dalam keadaan serangan jantung di lantai dua. Satu korban langsung dinyatakan meninggal dunia dan sepuluh lainnya mengalami luka berat, sedangkan 26 lainnya berhasil lolos dengan luka ringan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.35 waktu setempat, di studio No. 1 Kyoto Animation. Seorang ahli yang diwawancarai oleh jaringan mitra CBS News, TBS TV, mengatakan lahan seluas sekitar 7.500 meter persegi dengan satu pintu keluar membuatnya sangat rentan terhadap serangan terhadap pintu masuk gedung.

Pelaku rupanya berusaha keras untuk merencanakan kejahatannya dan mendapatkan bensin, yang penjualannya dikontrol ketat di Jepang; itu tidak dijual dalam wadah.

4 dari 4 halaman

Duka Para Penggemar Anime

Penggemar dari seluruh dunia menggunakan Twitter untuk mendesak sumbangan dan mengungkapkan ketidakpercayaan, kengerian dan kesedihan. “Kyoto Animation jarang ada dalam bisnis anime,” tulis pengguna Twitter Mike Toole. “Mereka memperlakukan orang-orangnya dengan baik, mereka berusaha untuk memiliki sebagian dari karya mereka, dan kreasi mereka selalu unggul, setidaknya pada tingkat teknis.”

Seorang pengguna Twitter bernama akun AalalasesPen berkata, "Baru beberapa malam yang lalu saya dan teman-teman berkumpul...untuk menonton A Silent Voice. Saya kehilangan kata-kata."

Sementara Devin Howard menulis dengan sederhana, "Mengapa seseorang melakukan ini???"

Beberapa orang berspekulasi bahwa tersangka mungkin adalah "otaku" yang tidak puas, sebuah kata dalam bahasa Jepang yang mengacu pada "kutu buku" yang canggung secara sosial dan terobsesi dengan buku komik anime dan manga. Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang obsesif yang menyendiri telah disalahkan karena melakukan kejahatan yang sensasional -- sebuah tuduhan yang dikatakan oleh para penggemar anime secara tidak adil dan tidak akurat yang mencirikan mereka yang menyukai kartun, dan sekitar 1 juta atau lebih "hikkikomori", atau pertapa sosial.

"Bukan otaku yang melakukan kejahatan', tapi pelakunya kebetulan adalah konsumen anime," kata seorang wanita penggemar anime berusia 20-an seperti dikutip dalam publikasi Business Journal. Anime dan manga begitu meresap ke dalam masyarakat Jepang, katanya, sehingga tidak adil untuk menuduh budaya pop menumbuhkan pemikiran kriminal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat