uefau17.com

Bangga, Tiga Siswa Indonesia Raih Medali Perak di Ajang Bergengsi Olimpiade Biologi Internasional 2024 - Global

, Astana - Tim Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang internasional. Pada International Biology Olympiad (IBO) atau Olimpiade Biologi Internasional ke-35 yang diselenggarakan di Astana, Kazakhstan, tiga siswa Indonesia berhasil meraih medali perak.

Ketiga siswa tersebut adalah Aaron Christian Endrij (SMAK BPK Gading Serpong), Keisha Rochelline Simorangkir (SMAN 8 Jakarta) dan Erlangga Dief Putra Hamam (SMA Al Irsyad Al Islamiyah). Selain itu, Samuel Cristian (SMAN 19 Jakarta) juga berpartisipasi dalam IBO 2024.

"Saya sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan Tim Indonesia di IBO 2024. Prestasi ini merupakan bukti bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing di kancah internasional," tegas Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, M. Fadjroel Rachman di sela-sela acara penutupan dan penyerahan medali IBO 2024 seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Rabu (17/7/2024).

Dubes Fadjroel juga menekankan bahwa pencapaian ini menunjukkan potensi dan talenta hebat yang dimiliki Indonesia.

"Pencapaian prestasi ini juga menunjukkan bahwa Indonesia tidak kekurangan talenta hebat yang siap bersaing di ajang lomba internasional. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras para siswa bersama dengan dukungan dari orang tua, guru, tim pembina, serta Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," jelas Dubes Fadjroel.

Adapun International Biology Olympiad atau IBO ke-35 tahun 2024 berlangsung di Gedung Congress Center, Astana, Kazakhstan, pada tanggal 7–14 Juli 2024. Sebanyak 294 siswa dari 78 negara, termasuk Indonesia mengikuti ajang bergengsi ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selamat, Mikael Jasin Asal Indonesia Jadi Juara Pertama World Barista Championship 2024 di Korea Selatan

Prestasi membanggakan yang ditorehkan anak bangsa lainnya datang dari Mikael Jasin. Ia dinobatkan sebagai juara World Barista Championship 2024.

Kontes pencarian barista nomor satu dunia ini berlangsung di Busan, Korea Selatan pada 1-4 Mei 2024. Setidaknya ada 53 orang peserta dari berbagai negara.

Mikael Jasin mengaku tidak percaya dirinya bisa berada di peringkat pertama dan menyebut pencapaian ini sebagai mimpi yang jadi kenyataan.

Berikut ini ungkapan hati Mikael Jasin usai menjadi jawaran di World Barista Championship 2024 yang ia tulis di akun Instagram-nya @mikaeljasin.

"Tidak menyangka. Sulit digambarkan."

"Juara Barista Dunia 2024 🌍🏆."

"Butuh beberapa saat bagi saya untuk sepenuhnya memproses hal ini, namun untuk saat ini saya sangat tersanjung dan bersyukur atas besarnya cinta dan dukungan yang kami terima."

"Mimpi yang menjadi kenyataan ❤️.Selalu merasa bersyukur."

 

3 dari 4 halaman

Keren, Indonesia Raih Lima Medali di Turnamen BRICS GAMES 2024 Rusia

Sebelumnya, tim Indonesia Equestrian Archery (IEA) berhasil raih tiga medali perak dan dua perunggu dari cabang olahraga horseback archery atau panahan berkuda pada perhelatan International Multi Sport Event, BRICS Games 2024 di Kazan, Russia.

Acara besar yang diselenggarakan oleh Rusia ini diikuti oleh 90 negara dengan 27 cabang olahraga, melibatkan 4.751 atlet, dan berlangsung di 17 lokasi pertandingan, seperti tertuang dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (27/6/2024).

Kompetisi berlangsung selama 12 hari sejak 10 sampai 21 Juni 2024.

Adapun IEA mewakili Indonesia untuk ikut cabang olahraga equestrian sport non olimpiade, yaitu horseback archery, tent pegging dan Dzhigitovka.

Dari tiga cabang olahraga yang diikuti, Indonesia sukses pada cabang horseback archery.

Atlet Indonesia diwakili Arsa Wening Arrosyad dan Ferryanda Fahmi.

Pada ketegori individu Arsa Wening Arrosyad meraih Perak untuk Tabla T4 dan Perunggu sebagai Juara Umum. Sedangkan untuk kategori tim nasional, Arsa Wening dan Feryanda Fahmi meraih Perak Tabla T4 dan Perunggu untuk Raid233.

Arsa Wening dan Feryanda Fahmi juga sukses membawa Tim Indonesia sebagai Juara Umum II.

Manajer Tim IEA, Ranu Hidayat, menyatakan bahwa tim Indonesia berpartisipasi dalam BRICS Games 2024 dengan mengandalkan kemampuan dan biaya sendiri.

“Kami ikut cabang olahraga non olimpic, jadi untuk mencapai prestasi di Russia sepenuhnya kami mandiri. Tapi atlet dari negara lain disuport penuh oleh pemerintah negara masing-masing”, ucap Ranu.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Pemuda Indonesia Raih Medali Perak dan Perunggu di 64th International Mathematical Olympiad di Jepang

Sejumlah anak muda Indonesia berhasil menorehkan prestasi di ajang 64th International Mathematical Olympiad (IMO). Delegasi Indonesia berhasil mendapat medali perak, perunggu, serta honorable mention.

Mereka semua pun disambut baik oleh KBRI Tokyo dan sempat berdialog dengan Wakil Duta Besar RI John T. Boestami dan Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie.

"Kami turut bangga dengan keberhasilan Tim Indonesia dalam Olimpiade Matematika Internasional ke-64 ini. Keikusertaan teman-teman sebagai duta bangsa di ajang internasional ini membawa harum nama Indonesia. Semoga dapat menginspirasi anak-anak muda di Indonesia untuk terus berkarya di bidangnya masing-masing," ujar Wakil Dubes RI di Jepang John T. Boestami dalam pernyataan resminya, dikutip Rabu (12/7/2023).

Sebagai informasi, ajang Olimpiade Matematika Internasional (the 64th International Mathematical Olympiad/IMO) 2023 ini diikuti oleh 112 negara dan lebih dari 600 peserta.

Selengkapnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat