uefau17.com

Vaksin COVID-19 Pfizer Dapat Rekomendasi Lolos BPOM AS - Global

, Washington, D.C. - Panel penasihat pemerintah di AS mendukung penggunaan vaksin COVID-19 buatan Pfizer secara luas. Vaksinasi bisa dimulai dalam beberapa hari, tergantung kapan BPOM AS menyetujui rekomendasi.

Rekomendasi berasal dari hasil voting penasihat pemerintah dengan hasil 17-4. Disimpulkan bahwa vaksin buatan Pfizer dan BioNTech tampak aman dan efektif untuk penggunaan orang dewasa dan remaja.

AP News melaporkan, Jumat (11/12/2020), bahwa potensi benefit dari vaksin ini melebihi risikonya. Pfizer berkata memiliki sekitar 25 juta dosis untuk AS pada akhir Desember.

Pemerintahan Presiden Donald Trump telah memesan 100 juta dosis vaksin Pfizer.

Dosis awal akan diberikan kepada petugas medis dan penghuni nursing home. Selanjutnya, vaksin diberikan kepada kelompok rentan.

"Ada cahaya di akhir terowongan panjang pandemi ini," ujar Dr. Sally Goza, presiden American Academy of Pediatrics.

Vaksin COVID-19 ini diprediksi kemungkinan baru tersedia untuk kalangan umum pada musim semi 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Vaksin Moderna dan AstraZeneca?

Pekan depan, BPOM AS akan meninjau vaksin Moderna dan National Institutes of Health. Vaksin Moderna sejauh ini dinilai sama ampuhnya dengan buatan Pfizer.

Kandidat vaksin lain dari Johnson & Johnson juga sedang dalam proses. Vaksin dari Johnson & Johnson hanya butuh satu dosis, sementara Pfizer butuh dua dosis untuk satu orang.

Setelah Johnson & Johnson, vaksin AstraZeneca dan Universitas Oxford akan diperiksa.

Pakar kesehatan AS sengaja mencari vaksin yang beraneka ragam untuk mengalahkan pandemi COVID-19.

3 dari 4 halaman

Inggris Sudah Pakai Vaksin Pfizer

Inggris menjadi pertama di dunia yang gelar vaksinasi massal dari vaksin COVID-19. Mereka menggunakan vaksin buatan Pfizer pada Selasa, 11 Desember 2020.

"Hari ini adalah langkah maju yang besar dalam perjuangan kita melawan virus corona. Memiliki vaksin yang efektif adalah cara terbaik untuk melindungi mereka yang paling rentan, menyelamatkan puluhan ribu nyawa," ujar Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, dalam keterangan resmi, Rabu 9 Desember 2020. 

Vaksin Pfizer bisa langsung dipakai di Inggris meski baru sampai pekan lalu. Inggris mampu menjadi negara pertama yang menggelar vaksin berkat otoritas kesehatan yang bekerja ketat dan efisien, sehingga vaksin Pfizer bisa langsung digunakan. 

Vaksin diperiksa oleh Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA) di Inggris. 

"Tidak ada tahapan dalam proses pengembangan vaksin yang tidak dilewati dan CEO MHRA telah menjelaskan bahwa sama sekali tidak ada jalur alternatif yang diambil dalam menyetujui vaksin Pfizer/BioNTech. Semua harus melewati proses yang sudah ditetapkan," jelas Dubes Inggris.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat