uefau17.com

Corona COVID-19 Merebak, Banyak Dokter di Bulgaria Ajukan Surat Pengunduran Diri - Global

, Sofia - Puluhan dokter dan perawat telah menyerahkan pengunduran diri mereka di dua rumah sakit di Bulgaria, ibu kota Sofia setelah mereka diberitahu harus ikut menangani pasien COVID-19.

Para pekerja medis mengatakan mereka tidak diberi perlengkapan dan peralatan pelindung untuk memberikan perawatan yang tepat, hanya beberapa hari setelah parlemen Bulgaria memberlakukan keadaan darurat di negara itu.

BACA JUGA: VIDEO: Bangga! Pelajar SMA Indonesia Raih Juara International Youth Festival

Melansir Al Jazeera, Kamis (19/3/2020), Dr Kameliya Bachovska dari Rumah Sakit Second City di Sofia mengatakan bahwa dia bersama 84 rekannya menyerahkan pengunduran diri setelah mereka diberi tahu rumah sakit tempat mereka bekerja akan dikonversi untuk menerima pasien Corona COVID-19.

"Rumah sakit tidak memiliki cukup alat pelindung, dan bukan hanya rumah sakit kami yang tidak memilikinya. Sisanya juga tidak punya. Artinya, hampir setiap dokter di Bulgaria berisiko jatuh sakit karena ini, terutama di antara kami, dokter yang lebih tua, yang termasuk dalam kategori berisiko tinggi," katanya.

Dr Bachovska menjelaskan bahwa rumah sakit tidak memiliki kemampuan sanitasi dan peralatan yang diperlukan untuk menampung penyakit menular. Dia juga mengatakan mayoritas dokter dan perawat di fasilitas kesehatan mendekati usia pensiun atau sudah bekerja saat pensiun, dan takut merawat pasien tanpa perlindungan yang benar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alat Perlindungan Tak Memadai

Pekan lalu, setidaknya enam anggota staf medis di Rumah Sakit St Sophia di ibu kota juga menyerahkan pengunduran diri mereka, menyatakan keprihatinan yang sama.

Menurut Dr Andrei Kotsev, anggota sindikat independen Zashtita, yang melakukan kontak dengan staf, selain tidak memiliki alat pelindung mereka juga tidak diberi instruksi yang tepat mengenai prosedur untuk memastikan isolasi dan keselamatan pasien lain.

"Mereka hanya menerima sekotak baju pelindung setelah kami membawa media ke rumah sakit," katanya kepada Al Jazeera.

Dr Angel Kunchev, kepala inspektur di Kementerian Kesehatan, mengatakan semua rumah sakit yang diinstruksikan untuk merawat pasien COVID-19 telah diberi persediaan yang diperlukan. Dalam sebuah wawancara telepon, dia menolak kritik bahwa pihak berwenang telah mengambil langkah-langkah terhadap penyebaran virus terlambat, dan mengatakan dia tidak tahu rumah sakit lain di mana staf mengundurkan diri.

"Saya mengerti bahwa rekan-rekan dari Rumah Sakit Second City takut akan hal yang tidak diketahui, tetapi saya tidak menerimanya karena kita berbicara tentang virus pneumonia yang mereka temui setiap musim flu," katanya.

Pada konferensi pers pada hari Rabu, Jenderal Ventsislav Mutafchiyski, kepala satuan tugas darurat yang mengoordinasi COVID-19, mengumumkan jumlah kasus yang dikonfirmasi di negara itu adalah 92. Sejauh ini, dua orang telah meninggal - seorang wanita berusia 66 tahun dan suaminya yang berusia 74 tahun.

Sebelumnya pada hari Rabu, Mutafchiyski menunjukkan alat pelindung yang mulai diproduksi oleh pabrik-pabrik Bulgaria sebagai respons terhadap pandemi - dan mengkarakteristikkan tindakan yang diambil di Bulgaria sebagai "memadai" dan "tepat waktu".

Pada hari Senin, media lokal melaporkan Bulgaria tidak akan berpartisipasi dalam pesanan seluruh Uni Eropa untuk pasokan medis meskipun mengalami kekurangan. Perdana Menteri Boyko Borisov mengumumkan alasannya adalah masalah teknis dan negara akan dapat bergabung dalam tender nanti.

3 dari 3 halaman

Tak Cukup Alat

Kotsev mengatakan dia terus menerima pesan dari dokter di berbagai rumah sakit mengatakan tidak ada cukup persediaan masker dan alat pelindung untuk staf medis. Dia juga mengatakan tidak adil mengkritik dokter yang menuntut perlindungan yang tepat sebelum mereka memberikan perawatan bagi pasien.

"Jika dokter meninggal karena mereka tidak dilindungi, lalu siapa yang akan merawat pasien? [Pihak berwenang] belum menyediakan pasokan alat pelindung untuk para dokter, tetapi pada saat yang sama mereka menuduh para dokter meninggalkan," katanya.

Staf yang lebih tua sangat khawatir karena orang yang lebih tua dengan COVID-19 ditemukan memiliki risiko komplikasi dan kematian yang lebih tinggi.

Bulgaria, seperti negara-negara lain di Eropa Timur mengalami kekurangan tenaga medis dan memaksa rumah sakit mempekerjakan pekerja medis yang sudah pensiun. Menurut Stoyan Borisov, kepala persatuan dokter Bulgaria, antara 250 dan 300 dokter meninggalkan negara itu untuk bekerja di luar negeri setiap tahun.

Dr Kunchev, dari kementerian kesehatan, mengkonfirmasi negara itu mengalami kekurangan dokter dan perawat.

Awal pekan ini, anggota parlemen mengusulkan paket khusus langkah-langkah untuk mengatasi situasi darurat di negara itu, termasuk denda uang bagi dokter yang menolak untuk merawat pasien. Paket tersebut akan diamandemen dan memberikan suara dalam beberapa hari mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat