uefau17.com

Terlibat Pencucian Uang Kripto Rp 1 Triliun, Kepala Keuangan Media Massa di AS Ditangkap - Crypto

, Jakarta Departemen Kehakiman AS (DOJ) mendakwa Bill Guan, kepala keuangan dari publikasi media Epoch Times yang berbasis di New York, karena diduga berpartisipasi dalam skema pencucian uang senilai USD 67 juta atau setara Rp 1 triliun (asumsi kurs Rp 16.257 per dolar AS). Guan ditangkap pada hari Minggu.

Guan diduga mengelola tim “Make Money Online” (MMO) Epoch Times, yang dituduh menggunakan mata uang kripto untuk ditukarkan menjadi uang juta dolar hasil kejahatan dengan diskon 70% hingga 80%. 

“Ini termasuk tunjangan asuransi pengangguran yang diperoleh secara ilegal yang dimasukkan ke dalam puluhan ribu kartu debit prabayar,” menurut dakwaan Departemen Kehakiman AS, dikutip dari Coinmarketcap Rabu (5/6/2024).

Dana tersebut kemudian ditransfer ke rekening bank yang terkait dengan Epoch Times oleh anggota MMO dan peserta lain yang membuka berbagai rekening menggunakan informasi pribadi yang dicuri. Dugaan skema ini berlangsung dari sekitar 2020 hingga bulan lalu.

“Ketika skema ini dimulai, pendapatan tahunan perusahaan media tersebut melonjak sekitar 410%, kata pernyataan DOJ. 

Sumber Dana

Ketika bank mempertanyakan sumber dana, Guan berbohong dana tersebut berasal dari sumbangan sah kepada perusahaan media.

Eksekutif media berusia 61 tahun itu kini didakwa dengan satu dakwaan berkonspirasi melakukan pencucian uang, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara, dan dua dakwaan penipuan bank, yang masing-masing dakwaan dengan ancaman hukuman maksimal 30 tahun penjara. penjara.

Epoch Times, yang didirikan pada tahun 2000, saat ini menawarkan layanan media berita dalam 22 bahasa di 36 wilayah, menurut situs webnya. Kantor kejaksaan menyatakan bahwa dakwaan tersebut tidak ada hubungannya dengan kegiatan pengumpulan berita publikasi tersebut.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

44% Peserta Pemilu di AS Bakal Investasi Kripto Jika Penuhi Ini

Sebelumnya, menurut survei baru oleh Grayscale yang dirilis pada Selasa, 28 Mei 2024, 44% peserta pemilihan di AS yang saat ini tidak memiliki kripto menunda pembelian sampai ada kebijakan peraturan yang lebih baik. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Rabu (5/6/2024), hal ini menunjukkan investasi baru yang besar dapat memasuki pasar kripto ketika pemerintah AS memperjelas pendirian peraturannya terhadap aset digital.

Grayscale mencatat dalam laporannya ada perubahan penting dalam minat dan persepsi mengenai kepemilikan mata uang kripto, yang menjadi topik yang semakin relevan seiring dengan semakin dekatnya pemilihan presiden AS pada 2024.

Jajak pendapat tersebut menemukan 65% responden memandang memegang Bitcoin sebagai investasi di masa depan teknologi blockchain, sementara 53% melihatnya sebagai cara membayar sesuatu secara digital atau mata uang digital. 

Selain itu, 43% menganggap Bitcoin sebagai investasi spekulatif, dan 36% menganggapnya sebagai bentuk digital emas atau lindung nilai terhadap inflasi.

Di sisi lain, survei yang dilakukan oleh The Harris Poll sejak 30 April hingga 2 Mei mencakup tanggapan dari 1.768 orang dewasa yang berencana untuk memilih dalam pemilihan presiden mendatang. 

Temuan ini menggarisbawahi semakin pentingnya aset digital dalam lanskap politik, dengan 47% responden mengindikasikan mereka berharap untuk memasukkan mata uang kripto ke dalam portofolio investasi mereka di masa depan, naik dari 40% pada November.

Survei Grayscale juga menyoroti 41% responden lebih memperhatikan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya karena ketegangan geopolitik, inflasi, dan melemahnya dolar AS, peningkatan yang signifikan dari 34% pada enam bulan sebelumnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

60% Investor Kripto di Amerika Serikat Tak Paham Blockchain

Berdasarkan temuan dari studi Preply, sekitar 40% investor kripto Gen Z di Amerika Serikat (AS) kurang percaya diri terhadap pengetahuan tentang kripto.

Dikutip dari laman Bitcoin.com, Senin (27/5/2024), kurangnya rasa percaya diri ini bahkan lebih terasa di kalangan milenial (35%) dan Gen X (32%). Studi tersebut juga mengungkapkan, 60% investor kripto AS "tidak tahu apa itu blockchain.”

Meskipun demikian, data menunjukkan 27% dari mereka yang belum pernah berinvestasi dalam kripto dan menyatakan minatnya untuk mengambil kelas untuk mempelajari lebih lanjut.

Jika dikelompokkan berdasarkan gender, penelitian ini menemukan 54% pria dan 53% wanita yang disurvei tertarik untuk belajar lebih banyak terkait kripto. Dalam hal minat generasi, Gen X memiliki proporsi individu tertinggi (57%) yang ingin belajar lebih banyak.

Gen Z, dengan 41% menyatakan minatnya untuk belajar tentang kripto, memiliki proporsi individu yang paling rendah yang mau belajar. Studi ini juga menemukan minat terhadap aset digital selain kripto bervariasi dari generasi ke generasi.

Misalnya, 12% generasi milenial yang disurvei melaporkan pernah berinvestasi pada token non-fungible (NFT), dibandingkan dengan hanya 4% generasi Baby Boomer.

Mengomentari temuan terkait minat investor kripto terhadap NFT dan metaverse, laporan survei menyatakan: “Hanya 42% responden survei menyatakan keyakinannya terhadap pemahaman mereka tentang NFT dan metaverse. Ini menunjukkan peluang untuk mengedukasi masyarakat tentang topik ini.

Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa hanya 11% yang tertarik untuk berinvestasi di NFT, sementara 32% yang jauh lebih besar ingin bergabung dengan metaverse. Namun, laporan tersebut mencatat penduduk AS yang telah berinvestasi di NFT juga cenderung berinvestasi di kripto, menunjukkan ini mungkin merupakan langkah pertama untuk mengeksplorasi aset digital lainnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Miliarder Ini Sering Kritik Bitcoin, Tapi Perusahaannya Cetak Cuan dari Kripto

Investor kondang Warren Buffett sudah lama skeptis terhadap Bitcoin dan mempertahankan sudut pandang kritisnya terhadap mata uang kripto. Meskipun begitu, Berkshire Hathaway Inc yang merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Warren Buffett terus memperoleh keuntungan finansial melalui investasinya di fintech Brasil Nu Holdings Ltd.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (31/5/2024), Buffett secara terbuka mengkritik Bitcoin, menyebutnya sebagai racun tikus, Berkshire Hathaway telah meraup keuntungan signifikan melalui kepemilikannya di Nu Holdings.

Awalnya menginvestasikan USD 500 juta atau setara Rp 8,1 triliun (asumsi kurs Rp 16.235) dalam putaran pendanaan Seri G dan tambahan USD 250 juta atau setara Rp 4,05 triliun telah membuahkan hasil.

Nu Holdings, didirikan pada 2013, meluncurkan platform Nucripto pada 2022, memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan lebih dari 15 token. Kinerja perusahaan sangat mengesankan, dengan lonjakan pasar sebesar 100% pada 2023 dan kenaikan 50% lainnya pada awal 2024.

Keberhasilan investasi ini telah menempatkan Buffett dalam posisi yang sulit, karena kinerja Nu Holdings, yang naik hampir 125% tahun ini, sangat kontras dengan sikap negatifnya terhadap Bitcoin. Sementara itu, Bitcoin sendiri mengalami tahun yang luar biasa pada 2024, secara signifikan mengungguli indeks seperti S&P 500.

Memahami konteks yang lebih luas seputar keterlibatan Berkshire Hathaway dengan Nu Holdings dapat membantu menilai pentingnya perkembangan ini. Keberatan kuat Warren Buffett terhadap Bitcoin sudah ada sejak beberapa yang lalu. Dia secara konsisten menganggapnya sebagai aset non-produktif tanpa nilai intrinsik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat