uefau17.com

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Dapat Turunkan Berat Badan - Citizen6

, Jakarta Malam hari sering kali menjadi momen krusial dalam perjalanan menurunkan berat badan. Kebiasaan yang kita lakukan sebelum tidur memiliki dampak besar pada metabolisme dan kualitas tidur, yang pada akhirnya memengaruhi keberhasilan program penurunan berat badan kita. Apakah berat badan kita akan turun secara signifikan atau justru bertambah, sering kali ditentukan oleh aktivitas yang kita lakukan di malam hari. Selain berdampak pada berat badan, kebiasaan malam hari juga memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kondisi kulit dan proses penuaan.

Menurut laman Healthline.com, kebiasaan malam hari memainkan peran penting dalam menentukan apakah berat badan seseorang ideal atau tidak. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan ini juga berkontribusi terhadap kesehatan tubuh secara umum dan bisa memengaruhi penampilan seseorang dalam jangka panjang. Melakukan kebiasaan yang tepat secara rutin dan teratur tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat secara optimal. Beberapa kebiasaan malam hari berikut ini terbukti efektif dalam mendukung program penurunan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut informasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber terkait cara menurunkan berat badan pada, Jumat (19/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Porsi Makan yang Terkendali

Menyantap makan malam dalam porsi besar atau berat dapat memperlambat metabolisme tubuh ketika kita tidur. Oleh karena itu, pada malam hari, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil yang kaya akan protein dan serat. Pastikan juga makanan tersebut rendah lemak dan karbohidrat agar tubuh dapat mencerna dengan lebih efisien. Dengan demikian, program diet yang Anda jalankan akan lebih sukses.

3 dari 12 halaman

Hindari Makanan Berlemak Tinggi dan Makanan Cepat Saji

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan efektif, salah satu kebiasaan malam hari yang bisa Anda terapkan adalah menghindari konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Sangat penting untuk menjauhi godaan makanan cepat saji di malam hari. Makanan berlemak dan cepat saji merupakan penyebab utama kenaikan berat badan yang signifikan. Mengonsumsinya pada malam hari hanya akan membuat berat badan Anda semakin sulit untuk dikendalikan.

4 dari 12 halaman

Tidur Cukup

Sudahkah kamu memiliki tidur cukup setiap malamnya? Tidur yang cukup dan berkualitas penting dalam upaya menurunkan berat badan. Kurang tidur bisa memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, sehingga sangat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan.

5 dari 12 halaman

Minum Teh Hijau atau Infused Water

Minuman rendah kalori seperti teh hijau atau infused water di malam hari tidak hanya membantu mengendalikan nafsu makan tetapi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses detoksifikasi. Ini juga sangat baik dalam proses menurunkan berat badan. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi minuman sehat di malam hari berpotensi besar menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. --- Ingin menikmati malam yang lebih sehat dan bugar? Cobalah minuman rendah kalori seperti teh hijau atau infused water. Tidak hanya membantu mengendalikan nafsu makan, minuman ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mendukung proses detoksifikasi. Selain itu, minuman ini sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Menariknya, beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman sehat di malam hari memiliki potensi besar untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Jadi, mengapa tidak memanjakan diri dengan segelas kebaikan sebelum tidur?

6 dari 12 halaman

Olahraga Ringan

Olahraga ringan sebelum tidur bisa membantu membakar kalori dan meningkatkan kualitas tidur. Pilihan olahraga seperti yoga atau peregangan ringan akan membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Tubuh yang nyaman dan pikiran tenang merupakan salah satu kebiasaan baik yang membantu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa membantu menurunkan berat badan. Selain kebiasaan di atas, kebiasaan lain seperti berhenti merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan mengelola stres dengan baik juga berpotensi besar membantu menurunkan berat badan secara maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Seputar Cara Menurunkan Berat Badan dari Warganet

8 dari 12 halaman

Berapa Berat Badan yang Normal?

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut adalah 4 kategori indeks massa tubuh berdasarkan nilai IMT:

  • Berat badan kurang (underweight): 18,49 kg/m
  • Berat badan ideal atau normal: 18,5--24,9 kg/m
  • Berat badan berlebih (overweight): 25--27 kg/m
9 dari 12 halaman

Apakah Bisa Turun 5 kg dalam 1 Minggu?

Pada dasarnya, tak ada batasan untuk menurunkan berat badan. Artinya, menurunkan berat badan sebanyak 5 kg dalam sepekan bisa saja dilakukan meski dengan cara yang cukup sulit. Beberapa jenis diet diketahui menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu cepat.

10 dari 12 halaman

Apa yang Menyebabkan Berat Badan Cepat Naik?

Penyebab berat badan naik secara drastis bisa berasal dari beberapa faktor kebiasaan seperti stres, pola tidur tidak teratur, mengonsumsi gula, dan duduk seharian.

11 dari 12 halaman

Diet IF Itu Seperti Apa?

Intermittent fasting (IF) menjadi salah satu gaya hidup sehat yang populer belakangan ini. Metode diet ini menerapkan pola makan dengan menentukan periode batasan untuk puasa dan waktu makan.

12 dari 12 halaman

Pola Makan Diet Jam Berapa?

Sebuah survei mengungkapkan waktu terbaik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam jika ingin menurunkan berat badan adalah:

  • Sarapan: tepat setelah pukul 7 pagi
  • Makan siang: antara pukul 12.30 dan 13.00
  • Makan malam: antara pukul 18.00 dan 18.30

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat