uefau17.com

Kemendikbudristek Dorong Siswa SMK Kembangkan Kemampuan Wirausaha - Citizen6

, Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, menggelar workshop bertema "Tren Perilaku Konsumen" di IDDC (Indonesian Design Development Center), Jakarta Barat, pada 16 Juli 2024.

Acara ini dihadiri oleh puluhan guru dan siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam bidang kemasan (packaging) dan branding produk. Kolaborasi antara Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) dengan Kementerian Perdagangan melalui IDDC turut mendukung kegiatan ini.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Uuf Brajawidagda, menjelaskan bahwa workshop ini merespons kebutuhan mendesak para pendidik dan siswa vokasi, khususnya di SMK yang fokus pada pengembangan keterampilan wirausaha.

"Kami berharap workshop ini dapat memberikan ilmu yang praktis bagi mereka yang akan memasuki dunia industri," ujar Uuf, dalam keterangannya, Rabu (17/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Workshop ini bertujuan untuk menghubungkan kebutuhan industri dengan potensi siswa

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan, Merry Maryati, menambahkan bahwa workshop ini bertujuan untuk menghubungkan kebutuhan industri dengan potensi yang dimiliki oleh para siswa vokasi.

"Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing di pasar global," kata Merry.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pemateri ahli seperti Rizki Mosmarth dari Asosiasi Komik Indonesia (AKSI), Darfi Rizkavirwan dari DKV UMN dan AIDIA, serta Rininta Isdyani sebagai product designer.

Mereka berbagi pengalaman dan wawasan tentang tren konsumen dan pengembangan produk dalam industri kreatif.

 

3 dari 3 halaman

Workshop ini tidak hanya menjadi platform belajar

IDDC, sebagai pusat kolaborasi untuk mengembangkan dan memasarkan produk lokal ke pasar internasional, menjadi tuan rumah yang ideal untuk kegiatan ini. Dengan berbagai program seperti Good Design Indonesia (GDI), Designers Dispatch Service (DDS) dan Klinik Desain, IDDC mendukung inovasi dan pengembangan produk dari berbagai sektor industri.

Workshop ini tidak hanya menjadi platform untuk belajar, tetapi juga sebagai persiapan yang penting bagi generasi vokasi untuk menghadapi tantangan di dunia industri yang semakin kompleks dan kompetitif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat