uefau17.com

Ini Sosok Pengganti Presiden Iran Ebrahim Raisi yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter - Citizen6

, Jakarta Presiden Iran tewas dalam kecelakaan helikopter di daerah pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan, demikian menurut para pejabat dan media pemerintah pada Senin (20/5/2024) seperti dilaporkan oleh Reuters.

Puing-puing helikopter hangus yang jatuh pada hari Minggu yang membawa Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian ditemukan pada Senin pagi setelah pencarian semalaman dalam kondisi badai salju.

BACA JUGA: VIDEO: Presiden Iran Ebrahim Raisi Dimakamkan di Makam Suci Imam Reza
BACA JUGA: VIDEO: Suasana Tahlilan Presiden Ebrahim Raisi di Kedubes Iran Jakarta
BACA JUGA: VIDEO: Pemimpin Hamas Berpidato di Upacara Pemakaman Presiden Iran

“Presiden Ebrahim Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu,” kata seorang pejabat senior Iran kepada Reuters, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut.

Kematian Raisi kemudian dikonfirmasi melalui pernyataan Wakil Presiden Mohsen Mansouri di media sosial dan televisi pemerintah.

TV pemerintah melaporkan bahwa gambar dari situs tersebut menunjukkan pesawat itu menabrak puncak gunung, meski belum ada keterangan resmi mengenai penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Kantor berita negara IRNA mengatakan Raisi terbang dengan helikopter Bell 212 buatan AS.

Raisi (63) terpilih sebagai Presiden Iran pada tahun 2021, dan sejak menjabat, ia memerintahkan pengetatan undang-undang moralitas, mengawasi tindakan keras berdarah terhadap protes anti-pemerintah, dan mendorong keras perundingan nuklir dengan negara-negara besar.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang memegang kekuasaan tertinggi dengan keputusan akhir mengenai kebijakan luar negeri dan program nuklir Iran, sebelumnya berusaha meyakinkan rakyat Iran, dengan mengatakan tidak akan ada gangguan terhadap urusan negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang terjadi di Iran ketika seorang presiden meninggal saat menjabat?

Presiden Iran Ebrahim Raisi tewas dalam kecelakaan helikopter, seorang pejabat Iran dan kantor berita Mehr melaporkan pada hari Senin. 

Di bawah ini adalah gambaran singkat tentang apa yang menurut konstitusi Iran terjadi ketika seorang presiden tidak mampu atau meninggal saat menjabat:

* Jika seorang presiden meninggal saat menjabat, pasal 131 konstitusi Republik Islam menyatakan bahwa wakil presiden pertama – yaitu Mohammad Mokhber – akan mengambil alih jabatan tersebut, dengan persetujuan dari pemimpin tertinggi, yang mempunyai keputusan akhir dalam semua urusan kenegaraan di Iran .

* Sebuah dewan yang terdiri dari wakil presiden pertama, ketua parlemen dan ketua pengadilan harus mengatur pemilihan presiden baru dalam jangka waktu maksimal 50 hari.

Raisi terpilih sebagai presiden pada tahun 2021 dan, berdasarkan jadwal biasa, pemilihan presiden dijadwalkan berlangsung pada tahun 2025. Berdasarkan aturan konstitusi, pemilihan tersebut diperkirakan akan berlangsung pada awal Juli.

 

3 dari 4 halaman

Siapakah Mohammad Mokhber, pria yang akan menjadi presiden sementara Iran?

Berikut adalah beberapa fakta penting tentang Mohammad Mokhber (68) wakil presiden pertama Iran yang, berdasarkan konstitusi negaranya, diperkirakan akan menjadi presiden sementara setelah kematian Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter.

* Sebagai presiden sementara, Mokhber adalah bagian dari dewan yang beranggotakan tiga orang, bersama dengan ketua parlemen dan ketua pengadilan, yang akan menyelenggarakan pemilihan presiden baru dalam waktu 50 hari setelah kematian presiden tersebut.

* Lahir pada 1 September 1955, Mokhber, seperti Raisi, dipandang dekat dengan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, yang memegang keputusan terakhir dalam segala urusan negara. Mokhber menjadi wakil presiden pertama pada tahun 2021 ketika Raisi terpilih sebagai presiden.

* Mokhber adalah bagian dari tim pejabat Iran yang mengunjungi Moskow pada bulan Oktober dan setuju untuk memasok rudal permukaan-ke-permukaan dan lebih banyak drone ke militer Rusia, kata sumber kepada Reuters pada saat itu. Tim tersebut juga termasuk dua pejabat senior dari Garda Revolusi Iran dan seorang pejabat dari Dewan Keamanan Nasional Tertinggi.

* Mokhber sebelumnya menjabat sebagai kepala Setad, sebuah dana investasi yang terkait dengan pemimpin tertinggi.

* Pada tahun 2010, Uni Eropa memasukkan Mokhber ke dalam daftar individu dan entitas yang diberi sanksi atas dugaan keterlibatan dalam "kegiatan rudal nuklir atau balistik". Dua tahun kemudian, ia dikeluarkan dari daftar.

* Pada tahun 2013, Departemen Keuangan AS menambahkan Setad dan 37 perusahaan yang diawasinya ke dalam daftar entitas yang terkena sanksi.

* Setad, yang bernama lengkap Setad Ejraiye Farmane Hazrate Emam, atau Markas Pelaksana Perintah Imam, didirikan berdasarkan perintah yang dikeluarkan oleh pendiri Republik Islam, pendahulu Khamenei, Ayatollah Ruhollah Khomeini. Pemerintah memerintahkan para pembantunya untuk menjual dan mengelola properti yang diduga ditinggalkan pada tahun-tahun kacau setelah Revolusi Islam 1979 dan menyalurkan sebagian besar hasilnya untuk amal.

4 dari 4 halaman

Update Helikopter Presiden Raisi Jatuh, Bulan Sabit Merah Iran: Tidak Ada Korban Selamat

Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) mengatakan tidak ada korban selamat yang ditemukan di lokasi jatuhnya helikopter yang mengangkut Presiden Ebrahim Raisi di barat laut Iran.

"Tidak ada jejak korban selamat yang terlihat setelah lokasi jatuhnya helikopter ditemukan," kata Pir-Hossein Kolivand pada Senin (20/5/2024) pagi dalam wawancara dengan kantor berita Tasnim, seperti dilansir IRNA.

Kolivand mengungkapkan pada hari sebelumnya bahwa lokasi kecelakaan yang melibatkan Presiden Raisi dan pejabat senior yang menemaninya ditemukan setelah pencarian ekstensif selama berjam-jam di wilayah pegunungan di Provinsi Azerbaijan Timur.

Helikopter Presiden Raisi jatuh pada Minggu (19/5) sore di wilayah Varzaqan ketika dia kembali bersama Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan beberapa orang lainnya dari upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran dengan Republik Azerbaijan.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat