uefau17.com

9 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Kulit, Bisa Buat Glowing? - Citizen6

, Jakarta - Mentimun merupakan sayuran yang bisa kita jumpai dengan mudah, baik itu di pasar tradisional maupun di supermarket. Banyak sekali makanan Indonesia yang menggunakan mentimun sebagai isian maupun pelengkap makanan.

Meskipun sering dianggap sayuran, mentimun sebenarnya adalah buah. Kita di Indonesia mengenal mentimun sebagai hal wajib dalam lalapan. Namun tidak hanya itu, ternyata mengonsumsi mentimun sangat baik untuk kesehatan kulit.

Memiliki kandungan air hingga 96% membuat mentimun sangat baik untuk menghidrasi kulit, sekalipun pada kulit sensitif. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam mentimun juga bisa berperan untuk mengurangi bengkak serta peradangan.

Dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral, menjadikan mentimun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk kulit wajah.

Dilansir dari PinkVilla, Rabu (15/5/2024), berikut penjelasan lengkap mengenai 9 manfaat mentimun untuk kecantikan.

1. Melembabkan Kulit

Kandungan air yang melimpah serta dapat menutrisi dan menghidrasi kulit. Dengan demikian, apabila mengonsumsi atau menggunakan mentimun pada permukaan kulit dapat membantu kulit menjaga kelembaban alaminya.

Atau dengan cara lain, kamu juga bisa menjumpai ekstrak mentimun pada beberapa produk skincare yang masih menggunakan bahan-bahan alami. Dengan menambahkan mentimun ke dalam perawatan kulit kamu, maka hal tersebut dapat mencegah garis-garis halus dan kerutan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mencegah Jerawat

Mentimun dikenal memiliki kandungan astringen yang kuat. Sifat ini nantinya dapat mengatur produksi minyak serta dapat mengecilkan pori-pori. Dengan demikian, hal ini dapat mengurangi jerawat yang mungkin timbul atau menenangkan jerawat yang meradang.

3. Mengurangi Peradangan Kulit

Mentimun merupakan bahan alami yang dapat berperan dalam mengurangi peradangan kulit. Dapat demikian, sebab mentimun memiliki kandungan yang dapat melawan hal-hal yang memicu peradangan pada kulit. Selain itu, mentimun juga mengandung iminosugar yang dapat meningkatkan efek anti-inflamasi.

4. Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari

Sensasi dingin yang terdapat dalam mentimun serta sifat anti-inflamasi yang dimilikinya dapat meredakan kulit kemerahan dengan efektif. Selain itu, mentimun juga berguna untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan mengurangi iritasi. Tidak heran, bahan ini sangat mujarab untuk mengurangi sakit akibat gigitan serangga atau sengatan matahari.

3 dari 4 halaman

5. Mencerahkan Kulit

Mentimun kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat dalam menghambat produksi melanin. Melanin merupakan zat yang berfungsi untuk memberikan pigmentasi pada kulit. Apabila produksi melanin dihambat, maka efeknya kulit pun akan lebih mudah cerah.

6. Mengurangi Flek Hitam dan Lingkaran Hitam

Vitamin C dalam mentimun juga dapat digunakan untuk mengatasi bintik-bintik hitam dan noda, sedangkan sifat anti-inflamasinya dapat menenangkan dan mengurangi peradangan. Bagi kamu yang memiliki cekungan hitam di bawah mata, mentimun dapat menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut.

Tidak hanya itu, mentimun juga memiliki kandungan vitamin K yang terbukti mampu mengurangi kehitaman pada bagian-bagian yang tidak diinginkan, seperti lingkaran di bawah mata.

7. Mengencangkan Kulit 

Sifat astringen dalam mentimun dapat bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Sebagai zat, mereka akan mengurangi jumlah air dari kulit sehingga menyebabkan kulit semakin kencang. Hal ini juga yang menjadikan toner dengan tambahan kandungan mentimun sangat populer dalam perawatan kulit.

Manfaat lainnya yaitu untuk mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, serta menghilangkan minyak berlebih.

4 dari 4 halaman

8. Memerangi Radikal Bebas

Mentimun merupakan makanan alami yang kaya akan antioksidan sehingga dapat berfungsi dalam melawan kerusakan pada kulit. Antioksidan ini akan mengganggu proses oksidasi dan menangkal efek berbahaya dari radikal bebas.

Radikal bebas ini dapat memengaruhi lapisan kulit sehingga menyebabkan kerutan, garis halus, kulit kendur, kusam, warna tidak merata, serta bintik hitam.

9. Mencegah Penuaan Dini

Berdasarkan beberapa manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa mentimun dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini. Mentimun juga memiliki kandungan asam folat dan asam caffeic yang bagus untuk meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen sangat penting untuk menjaga kekuatan dan struktur kulit, serta menjaga kulit tetap awet muda. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti binti-bintik penuaan, garis halus, dan kerutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat