uefau17.com

Rutinitas Padat Bikin Loyo? Ini 8 Minuman Penambah Energi Terbaik, Jaga Tubuh Tetap Sehat - Citizen6

, Jakarta Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya tanggung jawab, semakin banyak pula urusan yang harus ditangani. Hidup semakin sibuk dan daftar tugas seakan tidak ada habisnya. Dengan perhatian yang begitu besar pada rutinitas harian yang padat, wajar jika tubuh terasa lelah, loyo dan bahkan stres, sehingga mempengaruhi produktivitas.

Ketika sudah lelah dan tak berenergi, tubuh otomatis memberikan sinyal bahwa perlu asupan minuman untuk mengembalikan stamina sekaligus semangat bekerja. Minuman penambah energi bisa menjadi solusi praktis untuk menjawab kebutuhan tubuh.

Dilansir dari Lifehack, berikut ini adalah daftar minuman penambah energi yang tidak hanya memberi kamu dorongan energi dengan cepat tapi juga menyediakan nutrisi penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terjaga sepanjang hari.

1. Air Putih

Mengonsumsi air putih secara teratur dapat mencegah dehidrasi, sehingga kamu dapat mengembalikan energi dalam tubuh. Jika kamu sudah mengalami dehidrasi, pasti tubuh akan terasa lemah dan tak bertenaga. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu akan merasa lebih segar dan bugar sepanjang hari.

2. Teh Hijau

Teh hijau telah dikenal sebagai salah satu minuman penambah energi terbaik yang menyegarkan. Berkat kandungan senyawa alami seperti polifenol dan katekin, teh jenis  ini memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan fokus, serta menjaga ketajaman mental. 

Kandungan kafein dalam teh hijau sebagian besar bertanggung jawab atas manfaatnya yang memberi energi. Penelitian telah menunjukkan bahwa secangkir atau dua cangkir teh hijau secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan mempertahankan tingkat energi yang sehat sepanjang hari.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Teh Oolong 

Tingkat energi yang buruk dapat dibalik dengan secangkir teh oolong yang lezat. Minuman Tiongkok kuno ini juga dikenal sebagai "teh naga hitam," dan dikemas dengan katekin yang mirip dengan yang ditemukan dalam teh hijau. Katekin ini bekerja dengan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk memecah lemak, yang dapat meningkatkan tingkat energi.

4. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman andalan untuk membuat tubuh tetap berenergi dan terjaga. Manfaat minum kopi berkat kandungan kafeinnya. Secara umum, ada sekitar 80 hingga 100 miligram kafein dalam secangkir kopi 8 ons. Selain itu, kopi mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, termasuk riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan antioksidan. Konsumsi kopi dalam jumlah yang wajar bisa membantu tubuh merasa berenergi dan waspada.

3 dari 4 halaman

5. Air Kelapa

Air kelapa adalah cairan bening yang terdapat dalam kelapa hijau, dan merupakan minuman penambah energi terbaik sekaligus menyegarkan secara alami. Air kelapa mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit, sehingga sangat penting dikonsumsi sebelum dan selama berolahraga. Magnesium dalam air kelapa juga mendukung produksi energi yang normal dan mengurangi kram sehingga Anda dapat terus berolahraga lebih lama.

6. Jus Wortel

Wortel adalah sumber beta-karoten atau pro vitamin A. Dengan antioksidan yang kuat, tidak hanya melindungi tubuh dari radikal bebas tetapi juga meningkatkan tingkat energi. Vitamin A pada wortel memainkan banyak peran dalam pertumbuhan dan perkembangan, dan sangat penting dalam menjaga energi. Jus wortel menjadi salah satu minuman berbahan dasar sayuran yang paling sehat karena memiliki kadar gula yang jauh lebih rendah daripada jus buah lainnya.

4 dari 4 halaman

7. Matcha

Matcha adalah salah satu minuman favorit di Jepang. Minuman ini dibuat dengan menghancurkan daun teh hijau menjadi bubuk hijau terang yang halus sebelum dicampur dengan air panas atau dingin. Proses ini membantu mempertahankan banyak antioksidan alami dan nutrisi lain dalam daun. Kandungan nutrisi dalam matcha diperkirakan hampir 10 kali lebih besar daripada teh hijau yang diseduh secara tradisional. Keunggulan lain adalah matcha memberikan energi dengan lembut, tidak seperti yang diberikan oleh kopi.

8. Susu Almond

Susu almond bisa menjadi alternatif minuman yang dapat menambah energi kamu karena kaya akan magnesium dan vitamin B. Magnesium berperan dalam memproduksi sumber energi utama sel, sementara vitamin B membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak untuk menghasilkan energi.

Itulah 8 minuman penambah energi terbaik yang bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu melakukan sedikit usaha untuk menyiapkannya, dan bisa rasakan langsung manfaatnya.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat