uefau17.com

Wajib Waspada, Ini 5 Makanan Khas Lebaran Pemicu Jerawat - Citizen6

, Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, apa saja menu yang sudah Anda persiapkan di meja makan nanti? Tidak bisa dimungkiri, ya, kalau Lebaran memang selalu identik dan tidak lengkap rasanya tanpa aneka menu serta kudapan enak favorit yang menggugah selera. Mulai dari rendang, opor ayam, kue kering, dan aneka camilan khas daerah lainnya. Semua pasti setuju, kan?

Tapi tahukah Anda kalau makanan yang dimakan khususnya saat Lebaran, ternyata bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat? Kok bisa? Hal ini karena beberapa jenis makanan dengan bahan dasar tertentu, rupanya memiliki kandungan seperti gula atau lemak yang cukup tinggi dan pemicu jerawat, lho.

Ditambah momen seperti Lebaran pun sering sekali dijadikan sebagai ajang 'balas dendam' untuk makan besar dan banyak setelah 30 hari kita menjalani ibadah puasa. Jadi, Anda biasanya akan makan lebih banyak daripada sebelumnya. Siapa yang seperti ini?

Duh, jangan sampai momen hari kemenangan yang cuma setahun sekali ini harus terlewatkan begitu saja, hanya karena satu-dua jerawat yang muncul tiba-tiba. Untuk itu, sebagai salah satu upaya pencegahan munculnya jerawat, yuk, kenalan dulu dengan berbagai jenis makanan sebagai pemicu inflamasi datangnya jerawat!

Jadi, sebelum semuanya terlambat, kurang-kurangin ya mengonsumsi hidangan Lebaran, Dari berbagai sumber yang sudah kami rangkum, Jumat (14/04/2023), berikut ini susunan daftarnya di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Aneka kue kering

Lebaran tidak lengkap rasanya tanpa hidangan kue kering, seperti nastar, putri saju, sagu keju, dan lainnya. Rasanya yang enak dan manis, sayangnya tidak "disukai" oleh kulit. Sebab kue kering yang biasanya menggunakan bahan dasar telur, susu, dan gula kaya akan lemak dan protein yang bisa meningkatkan hormon insulin. Hormon insulin yang tinggi, bisa menghasilkan minyak berlebih pada kulit wajah dan menimbulkan jerawat.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa membuat atau membeli kue dengan berbahan dasar gluten-free dan dairy-free.

3 dari 6 halaman

2. Makanan bersantan

Menu bersantan seperti opor ayam, gulai, maupun lontong sayur tidak bisa dipisahkan dari Lebaran. Walaupun santan membuat masakan gurih, tapi sayangnya kaya akan lemak di dalamnya. Biar tidak terlalu banyak lemak yang dikonsumsi dalam sehari, pastikan Anda juga menyelinginya dengan makanan bergizi lain seperti buah dan sayur.

4 dari 6 halaman

3. Makanan pedas

Tidak hanya makanan bersantan, makanan pedas pun seringkali menjadi menu pelengkap saat Lebaran. Apalagi sebagai pelengkap ketupat sayur dengan telur balado dan sambal goreng ati. Walaupun nikmat, makanan pedas juga bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah yang dapat memicu jerawat.

5 dari 6 halaman

4. Minuman Manis

Sudah banyak makan, paling enak ditutup dengan minuman manis nan segar. Es kolang-kaling, es campur, atau es buah rasanya begitu lezat. Meskipun begitu, kandungan gula dalam minuman manis dari sirup atau kental manis sangat tinggi. Jadi, jangan dikonsumsi terlalu banyak. Selain itu, Anda bisa menggantikan minuman yang tidak kalah segar dengan es kelapa dengan air jeruk peras dengan gula sedikit atau tanpa gula sama sekali.

6 dari 6 halaman

5. Keripik dan kerupuk

Rasa garing dari keripik dan kerupuk bisa menambah selera makan. Sayangnya, karena digoreng dengan minyak yang banyak, hal ini bisa meningkatkan produksi sebum pada jaringan kulit yang bisa memicu jerawat.

Dari sejumlah makanan di atas, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Namun, pastikan konsumsi sewajarnya saja dan perhatikan reaksi kulit. Khususnya bagi yang memiliki kulit sensitif dan berminyak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat