uefau17.com

Peneliti Akui Berhasil Temukan Titik Lemah Virus Covid-19 - Citizen6

, Jakarta - Lebih dari dua setengah tahun dalam pandemi virus corona, para peneliti telah mencapai terobosan dalam memerangi virus mematikan yang terus bermutasi dan menghindari respons kekebalan yang dikembangkan manusia berkat vaksin yang tersedia. 

Apa yang dimulai dengan coronavirus, telah lebih jauh menyelidiki varian Delta, varian Omicron dan sub-variannya masing-masing, sehingga menyebabkan pasang surut kasus baru Covid-19 yang mengkhawatirkan di seluruh dunia.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Rabu (17/8/2022), telah memberi tahu bahwa kematian Covid-19 yang dilaporkan selama sebulan terakhir melonjak 35%, menyatakan bahwa ada 15.000 kematian dalam seminggu terakhir.

Pada saat seperti itu, para peneliti mengklaim bahwa mereka telah menemukan kerentanan, 'titik lemah', di semua varian yang dapat membantu dalam mengembangkan pengobatan anti-tubuh yang lebih bertarget. 

Studi yang diterbitkan pada Kamis (18/8/2022), telah dilakukan bekerja sama dengan para peneliti di Universitas British Columbia Kanada, yang dipimpin oleh Dr Sriram Subramaniam, seorang profesor di fakultas kedokteran dan Universitas Pittsburgh, AS, yang dipimpin oleh Drs. Mitko Dimitrov dan Wei Li. Studi ini diterbitkan sebagai artikel peer-review di jurnal Nature Communications.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta  0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami studi

Menurut artikel yang diterbitkan pada penelitian tersebut, para peneliti menggunakan cryo-electron microscopy (cryo-EM) untuk mengungkapkan struktur tingkat atom dari titik rentan pada protein lonjakan virus, yang dikenal sebagai epitop.

Teknologi pencitraan yang kuat ini menggunakan berkas elektron untuk memvisualisasikan bentuk jaringan dan sel menggunakan teknik ultra-pendinginan ("cryo"). Virus corona 100.000 kali lebih kecil dari ukuran kepala peniti dan karena itu tidak dapat dilihat di bawah mikroskop biasa.

Hindustan Times mengutip Subramanium mengatakan, antibodi menempel pada virus dengan cara tertentu, "seperti kunci masuk ke gembok", namun, ketika virus bermutasi, kunci tidak lagi cocok. Menurut Hindustan Times, Subramanium melakukan MSc-nya di bidang Kimia dari IIT-Kanpur.

“Kami telah mencari kunci utama, antibodi yang terus menetralisir virus bahkan setelah mutasi ekstensif,” tambahnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Titik lemah Covid-19 teridentifikasi

Selama analisis dan percobaan mereka, para peneliti menemukan fragmen antibodi VH Ab6. Fragmen ini diketahui efektif melawan varian Alpha, Beta, Gamma, Delta, Kappa, Epsilon dan Omicron.

Untuk memahami fragmen VH Ab6 diketahui menetralkan SARS-CoV-2 dengan menempelkan epitop pada protein lonjakan dan menghalangi virus memasuki sel manusia, menurut pernyataan yang diterbitkan oleh University of British Columbia.

“Studi ini mengungkapkan titik lemah yang sebagian besar tidak berubah di seluruh varian dan dapat dinetralkan oleh fragmen antibodi. Ini menetapkan panggung untuk desain perawatan pan-variant yang berpotensi membantu banyak orang yang rentan," kata Subramaniam, yang juga penulis senior studi tersebut.

4 dari 4 halaman

Utilitas 'titik lemah' virus Covid-19

Subramaniam telah menyebutkan bahwa kerentanan utama ini sekarang dapat dieksploitasi oleh produsen obat, dan karena situs tersebut relatif bebas mutasi, perawatan yang dihasilkan bisa efektif terhadap varian yang ada dan bahkan di masa depan.

“Kami sekarang memiliki gambaran yang sangat jelas tentang titik rentan virus ini. Kita tahu setiap interaksi yang dibuat protein lonjakan dengan antibodi di situs ini. Kita dapat bekerja mundur dari ini, menggunakan desain cerdas, untuk mengembangkan banyak perawatan antibodi," katanya.

“Sekarang kami telah menggambarkan struktur situs ini secara rinci, ini membuka kemungkinan pengobatan yang sama sekali baru,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat