uefau17.com

Lakukan 3 Hal Mudah Ini, Cegukan Akan Hilang dalam Sekejap - Citizen6

, Jakarta - Cegukan menjadi hal yang menjengkelkan bagi banyak orang. Pasalnya cegukan kerap terjadi secara tiba-tiba dan dalam waktu yang cukup lama. Tak hanya membuat tidak nyaman, cegukan tentu bisa mengganggu aktivitas.

Biasanya cegukan terjadi karena adanya kontraksi diafragma yang membuat pita suara mengejang. Kontraksi ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak makan, minum-minuman bersoda dan juga minum alkohol secara berlebih.

Stres dan perubahan suhu yang mendadak juga bisa menyebabkan cegukan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dikatakan ampuh atasi cegukan. Melansir dari Brightside, Jumat (25/10/2019), berikut ulasannya:

Minum air

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan adalah meminum air. Ketika meneguk minuman kontraksi ritmik esofagus menimpa diafragma yang kejang sehingga cegukan bisa berhenti. Namun kamu disarankan untuk melakukannya berkali-kali. Jika cara ini belum berhasil, kamu bisa meminum air sambil menahan napas. 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menutup telinga

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menghentikan cegukan adalah dengan menutup telinga. Tutuplah telinga selama 20-30 detik. Selain itu, kamu juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak. Hal ini bisa mengirimkan sinyal “relaks” kepada saraf vagus yang terkoneksi dengan diafragma.

3 dari 3 halaman

Menjulurkan Lidah

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menjulurkan lidah. Dengan menjulurkan lidah, hal itu akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Dengan cara ini kamu akan bernapas lebih lancar dan meredakan kejang yang menyebabkan cegukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat