uefau17.com

113 Pegolf dari 20 Negara Ikut Kejuaraan Dunia Golf Junior 2024 di Jakarta - Bola

, Jakarta Kejuaraan Dunia Golf Junior 2024 atau Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship 2024 akan dimulai pada 12 Juni 2024 sampai 14 Juni 2024 di Damai Indah Golf, PIK Course, Jakarta. Ajang ini diikuti 113 peserta dari 20 negara dan 5 benua.

Kejuaraan yang pada tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-27 ini kembali menjanjikan aksi para calon bintang golf masa depan dalam kompetisi stroke play 54 hole. Turnamen ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1993 berkat inisiasi almarhum DR. (HC) Ir. Ciputra.

Penyelenggaraan turnamen yang semula di tingkat nasional ini kemudian berkembang menjadi skala Asia Tenggara, Asia Pasifik, dan akhirnya meningkat menjadi tingkat dunia sejak tahun 2007.

Beberapa bintang golf dunia yang mewarnai karier mereka dengan mengikuti kejuaraan ini termasuk para juara LPGA Tour, seperti Nasa Hataoka, Patty Tavatanakit, dan Yuka Saso; Guan Tianlang, Taiga Semikawa, Danthai Boonma, dan Sarit Suwannarut.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, pemenang Junior Solheim Cup 2021 dan 2023 asal Belgia, Savannah de Bock akan tampil sebagai peserta dengan peringkat dunia tertinggi.

Saat memberi konfirmasi keikutsertaannya, de Bock menempati peringkat 66 pada World Amateur Golf Ranking. Selain menjadi salah satu pemain kunci dalam kejuaraan beregu menghadapi tim junior dari Amerika itu, de Bock juga menjuarai ajang European Ladies Amateur Championship 2022 ketika baru berusia 16 tahun.

Sementara itu, Elaine Widjaja dan Rayhan Abdul Latief juga kembali tampil pada ajang ini dan berniat untuk mempersembahkan prestasi terbaik bagi Indonesia sebelum keduanya bertolak ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format Kompetisi

Seperti tahun sebelumnya, para peserta dibagi dalam tiga kelompok umur; Kelas A (15-18 tahun), Kelas B (12-14 tahun), dan Kelas C (10-11 tahun). Hanya para peserta dari Kelas C yang akan bertanding dengan ditemani kedi.

Selain kompetisi individu untuk predikat bergengsi Best Gross Overall putra dan putri, ajang ini juga mempertandingkan kategori beregu putra dan putri. Tiap tim akan terdiri dari satu pemain dari Kelas A dan satu pemain dari Kelas B. Tim dengan skor total terendah selama tiga putaran akan menjadi pemenang.

3 dari 3 halaman

Dikirim ke Kejuaraan Luar Negeri

Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship tahun ini juga akan menjadi kunci bagi pemenangnya untuk bisa mengikuti sejumlah kejuaraan bergengsi lainnya. Peraih Best Gross Overall putra dan putri berhak mengikuti ajang Junior World Cup Invitationals at Kings Mill pada 14-17 Juli 2024 di Amerika Serikat, serta AJGA Thailand pada bulan November mendatang. Selain itu, kedua pemenang terbaik ini berhak mengikuti ajang FCG Callaway World Championship untuk tahun 2025.

Best Gross Overall putra juga akan mendapatkan spot untuk mengikuti ajang Ciputra Golfpreneur Tournament (Asian Development Tour Event, Ajang turnamen golf profesional) pada bulan Agustus tahun ini. Turnamen ini merupakan turnamen profesional yang masuk dalam kalender Asian Development Tour.

Pembukaan pada hari ini dilakukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina Ciputra Golfpreneur Foundation (CGF) Budiarsa Sastrawinata dan Presiden Direktur Bank Mandiri Darmawan Junaidi, dengan turut disaksikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PGI) Japto S. Soerjosoemarno.

"Kejuaraan ini ingin memberikan sebuah wadah untuk bertumbuh bagi para pegolf junior di seluruh dunia, sebuah wadah untuk mengalami budaya keramahtamahan dari masyarakat Indonesia, dan wadah untuk menjalin persahabatan di antara para peserta, sekaligus menjadi komunitas golf yang lebih besar lagi untuk berjuang mencapai level tertinggi di dunia,” ujar Budiarsa.

Untuk pertama kalinya dalam gelaran ajang ini, pembukaan dilakukan dengan menghadirkan sejumlah atraksi hiburan yang memukau. Selain atraksi cheerleader seluruh peserta juga diperkenalkan kepada publik secara kasual. Sementara, puncak seremoni dilakukan dengan menyuguhkan atraksi jet ski dengan membawa trofi yang akan diperebutkan pada pekan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat