uefau17.com

3 Pemain Asia yang Pernah Berkarier di Manchester United: Park Ji-sung Sukses, Yuito Suzuki Menyusul? - Bola

, Jakarta - Manchester United kabarnya tengah membidik penyerang muda asal Jepang Yuito Suzuki pada bursa transfer musim panas 2024. Pesepak bola yang membela Brondby IF itu tampil gemilang bersama klubnya di Denmark.

Situs Transfermarkt mencatat Suzuki sudah mengoleksi total 11 gol dan 9 assist dalam seluruh penampilannya di berbagai ajang untuk Brondby musim ini. Hal itu diyakini menjadi daya tarik yang membuat MU berminat mengejar tanda tangan sang pemain pada musim panas.

Kebetulan Manchester United memang sedang butuh kehadiran pemain depan baru untuk meringankan beban mencetak gol Rasmus Hojlund. Pemuda berusia 21 tahun itu jadi satu-satunya harapan Manchester United sejak didatangkan pada Agustus 2023, menyusul performa Anthony Martial yang kurang memuaskan di Old Trafford.

Kehadiran Yuito Suzuki pun diharapkan dapat membantu Hojlund di lini serang. Apalagi dia punya kinerja ciamik dengan kubu Superliga dan memiliki banderol tidak terlalu mahal, yakni hanya mencapai 25 juta euro.

Mengilas balik kiprah MU di masa lalu, Suzuki bukanlah satu-satunya pemain Asia yang menarik minat Setan Merah. Malahan, klub raksasa Liga Inggris itu tercatat pernah punya 3 pemain Asia lain dalam jajaran skuadnya, termasuk legenda Park Ji-sung yang jadi bintang di Old Trafford.

Simak ulasan lengkap mengenai 3 pesepak bola Asia yang pernah berkiprah bersama Manchester United pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dong Fangzhuo

Dong Fangzhuo adalah pesepak bola asal China sekaligus pemain Asia pertama yang meramaikan jajaran skuad Manchester United. Dia dibawa ke Old Trafford pada 2004, ketika baru menginjak usia 19 tahun.

Adalah Sir Alex Ferguson yang masih memegang kendali di Setan Merah ketika Dong Fangzhuo direkrut dari klub Liga China Dalian Shide. Sayangnya, karier Fangzhuo bersama Setan Merah tak berjalan gemilang.

Sang pemain langsung dipinjamkan ke Royal Antwerp usai tiba di Old Trafford. Dia pun tak mendapat tempat di skuad utama MU setelah kembali dari masa peminjaman, sehingga berakhir pulang ke klub lamanya pada 2008.

3 dari 5 halaman

2. Park Ji-sung

Park Ji-sung direkrut oleh Manchester United pada musim 2005/2006. Setan Merah di bawah asuhan Sir Alex Ferguson kembali tertarik berinvestasi pada penggawa Asia setelah menyaksikan kinerja gemilang Park di PSV Eindhoven.

Berbeda dari Dong Fangzhuo, Park Ji-sung mampu nyetel di Old Trafford. Malahan, dia menjelma menjadi salah satu legenda Manchester United yang mampu mencatatkan total 204 penampilan di berbagai ajang serta memberi kontribusi 28 gol dan 28 assists.

Total, Park Ji-sung memperkuat Manchester United selama kurang lebih 7 musim hingga tahun 2012 silam. Dia turut mempersembahkan sejumlah gelar untuk Setan Merah, termasuk 4 trofi Liga Inggris serta 1 gelar Liga Champions.

Adapun Park Ji-sung akhirnya meninggalkan Old Trafford dan bergabung dengan Queens Park Rangers per 2012. Dia hanya sempat mengoleksi 25 penampilan dan 4 assists di sana, sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2014 akibat cedera lutut yang menyulitkan dia kembali bermain 100 persen.

4 dari 5 halaman

3. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa merupakan pemain Jepang yang diangkut Manchester United ke Old Trafford pada musim panas 2012. Setan Merah memutuskan memakai jasanya setelah sang pemain lebih dulu berkiprah bersama klub Eropa lain, Borussia Dortmund sejak 2010.

Hanya saja, karier Shinji Kagawa bersama Setan Merah tak sepanjang Park Ji-sung. Dia cuma memperkuat Manchester United selama 2 tahun sembari mencatatkan 57 penampilan beserta 6 gol dan 8 assists bagi tim raksasa Liga Inggris.

Walau begitu, Kagawa sempat mengecap setidaknya dua gelar bersama MU, yakni satu trofi Premier League serta satu gelar juara Communty Shield sebelum kembali ke Dortmund pada 2014.

5 dari 5 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat