uefau17.com

Buruk di UEFA Nations League, Kiper Timnas Inggris Yakin Sukses di Piala Dunia 2022 - Bola

, Jakarta Timnas Inggris gagal menunjukkan performa apik di ajang Nations League pada September lalu. Pelatih The Three Lions Gareth Southgate dicibir penggemar lantaran skuadnya kalah 0–1 dari Timnas Italia dalam laga yang berlangsung di Stadion Giuseppe Meazza.

Hasil tersebut menandai kegagalan kelima berturut-turut Inggris meraup kemenangan di ajang internasional. Tren buruknya bahkan berlanjut kala Harry Kane dan kawan-kawan meladeni Jerman. The Three Lions hanya mampu bermain imbang 3–3.

Kendati demikian, kiper Timnas Inggris Jordan Pickford optimistis skuadnya bakal tampil apik di perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar. Ia mengekliam The Three Lions saat ini telah membuat progres signifikan dibanding empat tahun lalu.

“Ini soal ekspektasi. (Timnas Inggris) bakal menjadi lebih kuat dengan semua perkembangan yang telah kami buat selama empat tahun terakhir,” ujar penjaga gawang Everton, seperti dilansir dari Daily Mail.

Tampil maksimal di Piala Dunia 2022 memang jadi cita-cita seluruh tim dan pemain yang berlaga. Akan tetapi, hal itu bukanlah tugas mudah. Apalagi The Three Lions dilingkupi performa buruk usai tembus ke final Euro 2020.

Tak heran jika Southgate menjadi sasaran kritik. Manajer berusia 52 tahun itu dinilai salah dalam aspek aspek, mulai dari menerapkan taktik, menyusun formasi, melakukan substitusi, hingga menetapkan sikap.

Southgate pun kini diklaim telah menentukan langkah antisipasi jelang laga perdananya di Piala Dunia Qatar 2022. Ia kabarnya bakal menurunkan skuad dengan jajaran pemain berpengalaman, seperti Raheem Sterling, Kane, John Stones, dan Pickford.

“Manajer telah menyiapkan tim untuk turun dan memenangkan pertandingan. Kami harus mampu mengeksekusinya,” kata Pickford pada Minggu (20/11/2022) waktu setempat, seperti dikutip dari Daily Mail.

“Saya pikir Gareth luar biasa. Dia hebat dengan semua penggawa, dan sekarang ada jalan (yang diberikan) untuk para pemain muda,” sambung pesepak bola berusia 28 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Harry Kane

Kapten Timnas Inggris Harry Kane nampaknya sependapat dengan Pickford. Ia juga memandang Southgate sebagai sosok pelatih hebat. Bintang Tottenham Hotspur itu pun tak lagi mempermasalahkan performa buruk mereka di laga sebelumnya.

Meski enam kali gagal menang, Kane meyakini pengalaman tersebut bakal membuat ia dan rekan-rekannya di The Three Lions makin berambisi meraih hasil positif.

“Kami (para pemain) adalah pihak yang turun langsung ke lapangan. Kami yang paling tahu bahwa diri kami sebenarnya bisa melakukan tugas dengan lebih baik di enam pertandingan terakhir. Akan tetapi, saya pikir hasil itu juga membuat kami lebih kuat,” tutur Kane.

“Gareth (adalah sosok) yang sangat luar biasa bagi kami. Rekor di Piala Dunia 2022 dan Euro (2020) membuktikannya. Sebagai sekelompok pemain dan staf, kami selalu merasa dihakimi saat tampil di turnamen besar. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk melangkah maju,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Hambatan Timnas Inggris

Sekadar informasi, Timnas Inggris bakal melakoni laga perdana Piala Dunia kontra Iran pada Senin (21/11/2022) pukul 20.00 WIB. Meski cukup percaya diri, bukan berarti skuad The Three Lions tampil tanpa hambatan.

Inggris diharuskan menghadapi berbagai rintangan, salah satunya cuaca panas. Hal ini sebenarnya sudah dirasakan Harry Kane dan kolega saat menjalani latihan peregangan dan yoga di area hotel. The Three Lions pun butuh waktu untuk membiasakan diri dengan iklim Timur Tengah.

Walau begitu, Southgate berharap anak-anak asuhnya dapat segera mengantisipasi tantangan tersebut. Sang pelatih optimistis The Three Lions bisa bertindak profesional di tengah situasi ketidaknyamanan.

“Kami sebenarnya telah mengantisipasi ini sebelum kami berangkat ke Qatar. Yang terpenting saat ini adalah fokus karena turnamen ini akan segera dimulai,” tutur Southgate beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari .

4 dari 4 halaman

Kondisi Tim

Hambatan lain yang patut diwasapadai berasal dari dalam tim. Dua pemain Timnas Inggris, yakni James Maddison dan Kyle Walker, dikonfirmasi absen dari pertandingan pembuka Grup B Piala Dunia 2022 kontra Iran.

Walker memang diketahui hanya bisa membuat tujuh penampilan Liga Inggris musim ini. Ia mengalami cedera pangkal paha dalam laga kontra Manchester United pada awal bulan lalu.

Walker juga absen dalam enam pertandingan liga lain bersama Manchester City jelang FIFA World Cup. Akan tetapi, sang pemain sempat ambil bagian saat latihan dengan The Three Lions di Qatar.

Sementara itu, Maddison harus menepi akibat cedera lutut yang didapat dalam kemenangan terakhir Leicester City atas West Ham United jelang Piala Dunia 2022.

Masalah itu sebenarnya tidak dianggap serius.  Kendati demikian, Maddison belum bisa ambil bagian dalam latihan penuh Timnas Inggris, dan diharuskan absen dari pertandingan perdana negaranya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat