uefau17.com

Siap-siap, Lewat Tol Bangkinang-Koto Kampar Tak Gratis Lagi - Bisnis

, Jakarta - Setelah beroperasi tanpa tarif alias gratis selama lebih dari 1 bulan, PT Hutama Karya (Persero) akan segera memberlakukan tarif pada Tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar dalam waktu dekat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, pihaknya telah memberikan sosialisasi secara masif mengenai berbagai aspek. Mulai dari tata cara berkendara yang baik dan benar di jalan tol, penggunaan kartu uang elektronik.

Sekaligus penjabaran profil dan fasilitas, serta manfaat dan peran strategis jalan tol, yang dilakukan melalui berbagai kanalkomunikasi, termasuk media sosial, media konvensional, radio, dan media luar ruang (OOH) seperti VMS, spanduk, dan baliho.

"Edukasi terkait pentingnya keselamatan menjadi yang utama, himbauan cara berkendara pengguna jalan tol agar kebiasaan baik tersebut dapat terbentuk. Terutama terkait penggunaan kartu uang elektronik untuk mencegah terjadinya antrian," kata Adjib, Rabu (17/7/2024). 

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa antusiasme pengguna jalan tol yang melintas selama beroperasi tanpa tarif sejak akhir Mei 2024 terhitung cukup tinggi. Terlihat dari total akumulasi trafik kendaraan sebanyak 112.000 kendaraan yang melintas.

"Hadirnya Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar memberikan manfaat yang besar untuk mobilisasi dan jalur distribusi logistik, dapat memangkas waktu perjalanan dari Bangkinang ke Koto Kampar dari semula 3 jam menjadi 1-1,5 jam saja," ungkapnya. 

Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 31 Mei 2024 silam. Pengerjaan jalan tol yang jadi bagian dari Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan ini menghabiskan anggaran hingga Rp 4,8 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Coba Fungsional

Tol sepanjang 24,7 km ini sebelumnya diuji coba fungsional pada momen Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dan telah dilalui sebanyak 12.000 kendaraan.

Pada saat uji coba, jalan tol itu dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Pekanbaru menuju Koto Kampar atau sebaliknya dari semula tiga jam lebih menjadi satu jam hingga satu jam 30 menit.

Ruas itu merupakan lanjutan dari Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang sudah beroperasi terlebih dahulu sejak Desember 2022 dan telah diterapkan tarif pada 25 Desember 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat