uefau17.com

Didik Anak Nelayan, KKP Kirim 1.721 Taruna Kerja di Luar Negeri - Bisnis

, Jakarta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui sekolah dan kampus binaannya berupaya membentuk anak didik agar sesuai dengan kebutuhan industri. Sehingga para taruna/taruni lulusannya bisa langsung terserap kerja.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPPSDMKP) I Nyoman Radiarta mengatakan, satuan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi milik KKP memprioritaskan taruna yang juga merupakan anak dari pelaku industri sektor perikanan semisal nelayan.

Dia mencontohkan total kuota 7.516 kursi untuk tahun ajaran 2024/2025 yang sepenuhnya diberikan untuk anak dari para pemain di industri perikanan. Dengan rincian, kuota sebesar 2.040 untuk satuan pendidikan tinggi, dan 322 untuk satuan pendidikan menengah.

"Ini didedikasikan 100 persen untuk anak pelaku utama, orang tuanya yang bekerja sebagai nelayan, pembudidaya, pemasar perikanan, petambak garam, ataupun pengolah hasil perikanan," ujar Nyoman, Selasa (16/7/2024).

Lebih lanjut, Nyoman menceritakan sebaran lulusan sekolah dan kampus KKP di dunia kerja. Dari rentang 2028-2024, program pendidikan di bawah KKP telah mendistribusikan 1.721 taruna/taruni yang bekerja di luar negeri.

"Dari 1.700, bagaimana sebaran adik-adik bekerja hampir di seluruh dunia mereka diterima kerja, baik di kapal perikanan ataupun pengolahan produknya di usaha budidaya," terang dia.

Adapun total lulusan pendidikan tinggi di bawah KKP selama rentang 2018-2024 berjumlah sebanyak 7.691 orang. Sebanyak 6.586 orang atau 86 persen di antaranya telah terserap di dunia kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendidikan Menengah

Sementara lulusan pendidikan menengah memiliki total lulusan sebanyak 6.498 orang. Sekitar 73 persen atau 4.769 orang di antaranya telah terserap di dunia kerja.

Nyoman menyampaikan, lulusan itu dihasilkan dari 11 satuan pendidikan tinggi dan 5 satuan pendidikan menengah di bawah naungan KKP.

"Sebanyak 11 satuan pendidikan tinggi tersebut tersegmentasi menjadi 3 pendidikan tinggi, yaitu satu pendidikan tinggi berbasis diploma 1 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, kemudian ada 9 satuan pendidikan diploma 3 tersebar dari Aceh sampai Sorong," urainya.

"Kemudian satu pendidikan tinggi D4 di Pasar Minggu, Jakarta yang juga punya kampus cabang di Aceh, Pariaman, Tegal, dan Lampung," pungkas Nyoman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat