uefau17.com

Hutama Karya Resmikan 2 Ruas Tol Trans Sumatera Tahun Ini - Bisnis

, Jakarta - Direktur Utama PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo menyatakan akan ada 2 ruas tol Trans Sumatera yang akan diresmikan dan dioperasikan tahun 2019 ini, diantaranya ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 km dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km.

Bintang menjelaskan, ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini akan langsung menyambungkan Bakauheni hingga Palembang.

"Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI September tahun ini," ungkapnya dalam acara Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Kamis (05/09/2019).

Sementara, untuk ruas Pekanbaru-Dumai akan diresmikan pada November 2019 mendatang. Ihwal pembebasan lahan jalan tol sendiri sudah mencapai hampir 100 persen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meresmikan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang 140 km. Sisanya, ruas Kayu Agung-Palembang sepanjang 33 km, konsesinya dimiliki pihak lain. Direncanakan seluruh ruas tol akan berfungsi optimal akhir tahun ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Tempuh Lebih Singkat

Dengan diresmikannya 2 ruas tol anyar ini, perjalanan diperkirakan akan lebih singkat. Biasanya, Bakauheni ke Palembang (dan sebaliknya) memerlukan waktu 10 hingga 12 jam. Dengan ada jalan tol, waktu tempuh bisa dicapai hanya 4 jam saja. Sementara dari Pekanbaru ke Dumai (dan sebaliknya), yang biasanya 4 hingga 5 jam bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam saja.

Sementara di Sumatera Bagian Utara, HK telah menyelesaikan pembangunan jalan tol seksi 2 dan 3 sepanjang 11 km. Untuk seksi 1, progress konstruksi telah mencapai 89 persen dan ditargetkan bisa beroperasi penuh pada Desember 2019.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat