uefau17.com

Misteri di Balik Uniknya Piramida Rowosari, Kini Jadi Destinasi Wisata Paralayang di Semarang - Regional

, Semarang - Piramida Rowosari berlokasi di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Bangunan unik yang saat ini jadi destinasi wisata paralayang ini ternyata menyimpan kisah misteri yang belum terungkap.

Mengutip dari berbagai sumber, Piramida Rowosari konon dibangun pada 1990-an untuk dijadikan kantor pemasaran perumahan. Sayangnya, pembangunan tersebut tak berjalan mulus dan terhenti.

Alhasil, bangunan Piramida Rowosari pun terbengkalai dan tak terurus. Hal itu membuat bangunan ini tampak menyeramkan dan terlihat angker.

Bangunan piramida yang bisa dilihat sekarang hanyalah rangka dari bangunan piramida. Diperkirakan, sebelum terbengkalai bangunan piramida ini lebih mewah dengan berbagai furniture dan dekorasinya.

Sayangnya, bangunan ini tak hanya terbengkalai, tetapi juga banyak barang-barang yang habis dicuri. Sehingga, hanya menyisakan bagian rangka bangunan yang semakin lama semakin terlihat angker. Banyak terdapat tumbuhan liar, pecahan kaca, hingga coretan di beberapa bagian dinding. 

Hingga pada 2022, Pemerintah Kota Semarang berencana memperbaiki akses jalan menuju ke Piramida Rowosari. Kawasan tersebut akan menjadi area wisata olahraga paralayang karena lokasinya yang cukup mendukung.

Wali Kota Semarang yang saat itu menjabat, Hendrar Prihadi, mengatakan akan membangun jalan lapis beton secara bertahap oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang. Selain sebagai destinasi wisata, bukit Rowosari juga dinilai cocok untuk lokasi berlatih dan meningkatkan skill paralayang para atlet.

Sebenarnya, potensi destinasi wisata paralayang ini sudah didirikan sejak 2005. Terdapat dua jalur untuk menuju lokasi, yakni melalui Rowosari atas dan belakang kabupaten Demak, Kawasan Mranggen Selatan. Jalur tersebut membutuhkan jarak tempuh sekitar 1 kilometer.

Saat ini, mayoritas pengunjung Piramida Rowosari masih didominasi para atlet paralayang. Saat berada di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan cantik berupa Bukit Piramida Rowosari dan pemandangan Kota Semarang. Pengunjung akan melihat sisi lain Piramida Rowosari yang penuh misteri.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat