uefau17.com

6 Destinasi Terbaik untuk Melihat Milky Way di Indonesia - Regional

, Yogyakarta - Kecantikan milky way menjadi salah satu fenomena alam yang menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat tempat khusus di Indonesia untuk dapat menikmati keindahan milky way secara utuh.

Milky way yang dalam bahasa Indonesia disebut bima sakti merupakan galaksi spiral berukuran sangat luas. Galaksi ini memiliki diameter sekitar 100.000 tahun cahaya dengan ketebalan 1.000 tahun cahaya.

Bagian dalam milky way terdapat tata surya, tempat planet bumi beredar mengelilingi matahari. Untuk dapat menikmati keindahan milky way di Indonesia, berikut rekomendasi lokasinya seperti dikutip dari kemenparekraf.go.id:

1. Cukul Pangalengan

Cukul Pangalengan yang berada di Jawa Barat terletak di ketinggian 1.600 mdpl. Destinasi ini menjadi salah satu tempat terbaik menikmati milky way.

Kawasan Cukul Pangalengan menawarkan pemandangan milky way yang bersih dan memesona. Tempat ini sekaligus menjadi spot terbaik menikmati keindahan matahari terbit yang berpadu dengan sejuknya kabut pagi.

2. Danau Beratan

Danau Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Danau ini cukup populer sebagai destinasi terbaik untuk melihat milky way di Bali. Layaknya sebuah lukisan, pengunjung dapat melihat keelokan cipratan milky way di sana.

Keindahan itu berpadu sempurna dengan Pura Ulun Danu yang menjulang tinggi di bagian tengah. Danau Beratan memang memiliki daya tarik berupa pura bertingkat yang seolah mengapung di tengah danau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Wae Rebo

3. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo merupakan salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Berbagai potensi wisata dimiliki oleh desa wisata ini, termasuk pemandangan panorama milky way yang indah.

Desa Wae Rebo berlokasi di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengunjung mulai bisa melihat milky way sejak pukul 20.30 Wita. 

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo di Jawa Timur menjadi salah satu destinasi terbaik untuk melihat milky way di Indonesia. Untuk menikmati milky way dengan mata telanjang secara maksimal disarankan datang pada 27 Juli 2024 pukul 18.40 hingga 03.14 WIB.

Pada waktu tersebut, bulan terlihat jelas sekitar 55 persen. Kabarnya, meteor Delta juga akan terlihat jelas pada waktu tersebut.

5. Kawah Ijen

Selain Gunung Bromo, destinasi lainnya di Jawa Timur yang bisa jadi pilihan menikmati milky way adalah Kawah Ijen. Untuk dapat menikmati keindahan milky way di sini, pengunjung perlu mendaki dan melewati jalan berliku terlebih dulu sejauh 3 kilometer.

6. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas di Bangka Belitung terkenal dengan lanskap alamnya yang memesona. Saat malam hari, Pulau Lengkuas menawarkan pesona lanskap berupa kondisi langit yang sangat bersih dan dipenuhi gugusan milky way.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat