uefau17.com

Ahmad Heryawan dan Ridwan Kamil Jadi Cameo di Sinetron Kabayan Milenial 2 - Regional

, Bandung - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan sebagai Kiai dan Ridwan Kamil sebagai kerabat tampil menjadi cameo dalam Sinetron Kabayan Milenial 2 yang telah diluncurkan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah, Sinetron Kabayan Milenial 2 terdiri dari 24 episode menghadirkan tokoh utama Kabayan, bekerja sama dengan TVRI Nasional.

"Sinetron jenaka akan hadir di layar kaca mulai Sabtu (8/6/2024) setiap pukul 17.00 WIB di saluran TVRI Nasional," ujar Ika di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (7/6/2024)

Ika yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Jabar dalam peluncuran Sinetron Kabayan Milenial 2 itu, dalam sambutannya menyampaikan, program kerja sama dengan TVRI bertujuan untuk menjaga budaya dan promosi Jawa Barat melalui sinetron.

Ika mengatakan penggarapan sinetron ini mengedepankan promosi wisata dengan lokasi syuting di Jawa Barat.

"Pemdaprov Jabar membuat Kabayan Milenial 2 tujuannya manjaga kearifan lokal, nilai-nilai tradisi, dikemas dengan kemasan yang relevan, menarik bagi generasi muda. Promosi wisata seperti menonjolkan keindahan alam, budaya dan lain-lain. Format lebih modern dengan tujuan menjadi titik pertemuan nilai tradisional dengan milenial," kata Ika.

Pesan pentingnya dalam sinetron ini, menurut Ika, adalah masalah kejujuran, integritas, persahabatan, kreativitas, dan menjaga tradisi.

"Hal ini sejalan dan masuk dalam visi misi Jawa Barat untuk merawat budaya," tutup Ika.

Sedangkan sutradara sekaligus pemain Kabayan Milenial 2 Dicky Chandra menyebut, Kabayan Milenial 2 dalam ceritanya ingin menunjukkan bahwa sosok Kabayan yang selama ini diidentikkan dengan kemalasan, kebodohan walau jenaka, dalam sinetron tersebut Kabayan ditokohkan sebagai sarjana, punya usaha, terdidik, tetapi tetap berkarakter lokal dan baik hati.

"Itu yang ditunjukkan sebenarnya, mengubah imej Kabayan menjadi kreatif, cerdas namun tetap jenaka," terang Dicky.

Sementara itu, mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang juga ikut bermain dalam Kabayan Milenial 2 menyampaikan bahwa sinetron ini menyampaikan pesan religi dengan kegembiraan dan kebahagiaan.

"Agama itu dilahirkan untuk membahagiakan, maka pesannya harus dihadirkan dengan kegembiraan agar melahirkan kebahagiaan," ujar Ahmad Heryawan.

Dirut LPP TVRI Iman Broto Seno menyampaikan, TVRI sangat bangga menayangkan Kabayan Milenial 2, sesuai dengan tugas TVRI sebagai LPP yang harus merawat kebinekaan.

"Kami selalu terbuka untuk bekerja sama dengan siapa pun untuk merawat kebinekaan," ucap Seno.

Kabayan Milineal 2 dibintangi beberapa pemain senior seperti Dicky Candra dan Ki Daus. Ragil (Kabayan), Kania (Iteung), Keri Lestari (Ambu).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Si Kabayan

Si Kabayan adalah cerita mengenai seorang lelaki di tanah Pasundan bernama Kabayan. Sosoknya dikenal dengan sifat yang pemalas, bodoh, tetapi mempunyai banyak sekali akal untuk mendukung sifat malasnya.

Si Kabayan mempunyai istri bernama Nyi Iteung dan mertua dari istrinya tersebut selalu memarahi Kabayan. Namun, ia selalu saja punya akal kreatif dalam menghadapi mertuanya tersebut.

Dilansir laman Dongeng Cerita Rakyat, hampir semua masyarakat Indonesia sudah tahu tentang dongeng si Kabayan. Cerita rakyat si Kabayan memang sangat populer, bahkan banyak cerita rakyat si Kabayan diangkat menjadi film layar lebar.

Sebagian besar orang yang pernah mendengar dongeng Sunda si Kabayan menyukai cerita rakyat dari Jawa Barat ini.

Apalagi film layar lebarnya pernah diperankan oleh seorang legenda seni peran Indonesia yaitu almarhum Didi Petet. Dongeng Kabayan banyak sekali jumlahnya.

 

3 dari 3 halaman

6 Cerita Populer Lainnya dari Jawa Barat

Dilansir kanal Regional, , tak hanya si Kabayan yang menjadi cerita populer di Jawa Barat. Terdapat 6 cerita lainnya yang harus masuk daftar antrian disimak.

1. Lutung Kasarung

Lutung Kasarung adalah dongeng rakyat yang menceritakan seorang Pangeran Guruminda yang bersedia menjadi seekor lutung untuk mengetahui gadis di dunia yang secantik Ibunya. Saat menjadi lutung di dunia manusia, dia mempunyai kesaktian dan Lutung Kasarung berhasil mengalahkan semua lutung-lutung dalam waktu yang singkat dan ia diangkat menjadi pemipin bangsa lutung.

2. Legenda Telaga Warna

Legenda ini menceritakan sebuah kerajaan di Jawa Barat yang bernama Kutatanggeuhan di mana kerajaan ini diperintahkan oleh seorang raja yang adil dan bijaksana. Namun, penduduk kerajaan ini biasa memanggil dirinya sebagai sebutan Prabu Suwartalaya.

Ia dikenal memerintah dengan adil. Namun, sang prabu ternyata mempunyai keresahan yaitu tidak mempunyai seorang anak untuk mewarisi kerajaannya. Hingga suatu ketika, ia memutuskan untuk bertapa di tengah hutan dan memohon petunjuk Yang Maha Kuasa.

3. Situ Bagendit

Situ Bagendit merupakan sebuah legenda pada sebuah desa di Garut, di mana hidup seorang janda bernama Nyi Endit, seorang janda yang kaya raya di desa tempat ia tinggal. Sementara, banyak rakyat yang miskin dan meminjam uang kepada Nyi Endit.

Namun, dia meminta imbalan kepada warga yang meminjam yaitu mengembalikan uang dengan bunga yang sangat tinggi. Ketika menagih utang, Nyi Endit kerap membawa pengawal atau tukang pukul.

4. Legenda Gunung Tampomas

Legenda Gunung Tampomas menceritakan mengenai Gunung Tampomas yang berada di Kabupaten Sumedang. Gunung ini dulunya bernama Gunung Gede.

Dalam cerita rakyat pada masa kerajaan Sumedang Larang, gunung ini pernah mengeluarkan erupsi dan untuk menghentikan erupsi tersebut Raja Sumedang Larang harus melemparkan keris emas ke dalam kawah Gunung Gede sehingga karena hal tersebutlah gunung ini jadi disebut Gunung Tampomas.

5. Nyi Rengganis dan Taman Banjasari

Kisah ini menceritakan sebuah kehidupan dari Putri Rengganis yang hidup di tempat petapaan bersama ayahnya. Suatu hari sang putri ini terbang dan memetik bunga di Taman Banjaransari milik Raden Iman Suwangsa, pewaris tahta adipati.

Namun, Raden Iman Suwangsa merasa kesal dan marah. Iapun memantrai taman bunganya agar bunga tersebut tidak mudah dimiliki oleh siapa pun bahkan para prajurit dan pembantunya.

Raden Iman Suwangsa pun meminta patihnya untuk menangkap si pencuri tersebut. Namun, sialnya Putri Rengganis tertangkap karena sahabatnya si Belang memberitahu informasi tersebut. Sang putri menangis dan air matanya berubah menjadi air bah yang sangat tinggi sehingga menggenangi sekitar tubuh sang putri. Raden Iman Suwangsa dan patihnya pun heran dengan pemandangan tersebut dan berusaha untuk menyelamatkan diri.

6. Kisah Tangkuban Perahu

Kisah ini menjadi salah satu kisah yang terkenal dilingkungan masyarakat khususnya rakyat Jawa Barat, karena menceritakan bagaimana legenda Gunung Tangkuban Perahu bisa terbentuk.

Kisah ini menceritakan tentang seorang putri raja yang tengah mengasingkan diri bernama Dayang Sumbi, di mana ia hanya hidup ditemani oleh seekor anjing jantan bernama si Tumang. Suatu hari ketika dirinya tengah menenun alatnya terjatuh dan ketika ia malas untuk mengambilnya ia membuat ucapan tanpa sadar.

"Siapa pun yang bersedia mengambilkan peralatan tenunku yang terjatuh, seandainya jika itu lelaki akan aku jadikan suami dan jika perempuan akan kujadikan saudara". Tak disangka yang mengambilnya adalah si Tumang.

Ternyata si Tumang itu merupakan titisan dewa yang dikutuk dan dibuang ke bumi. Setelah menikah dengan Dayang Sumbi, keduanya mempunyai anak lelaki bernama Sangkuriang dan tumbuh menjadi lelaki yang tampan.

Suatu hari Sangkuriang marah kepada si Tumang dan membunuhnya tanpa mengetahui bahwa itu ayahnya. Dayang Sumbi yang mengetahui hal tersebut marah dan memukulnya dengan keras hingga membuang Sangkuriang pergi.

Ketika Sangkuriang berkelana sangat lama dan belajar ilmu sakti, dia bertemu gadis cantik yang ternyata adalah ibunya karena memiliki kecantikan yang abadi. Sangkuriang bersikukuh untuk menikahi Dayang Sumbi dan akhirnya Dayang Sumbi membuat syarat untuk membendung Sungai Citarum menjadi danau dalam waktu semalam.

Karena kesaktian Sangkuriang, ia meminta mahluk halus dan hampir bisa menyelesaikan syarat tersebut. Namun, sang ibu pun mencari cara salah satunya membuat ayam berkokok lebih dulu. Merasa dicurangi, Sangkuriang yang kesal pun menendang perahu besar yang telah dibuatnya hingga terlempar jauh dan tertelungkup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat