uefau17.com

Khasiat dan Manfaat Membaca Maulid Simtudduror Karya Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi - Regional

, Lampung - Mengamalkan bacaan Maulid Simtudduror akan membuat seseorang mengetahui sejarah Rasulullah SAW. Dengan sifatnya yang mulia, kitab ini juga akan menjadi penyebab bertambahnya kecintaan kepada beliau Rasulullah SAW. 

Tak hanya itu, khasiat dan manfaat membaca Maulid Simtudduror Karya Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi sangatlah banyak.

Maulid simtudduror ini juga biasa disebut masyarakat dengan sebutan maulid al Habsyi yang merujuk pada nama pengarangnya.

Maulid ini memiliki judul asli "Simtudduror fi akhbar Maulid Khairil Basyar min akhlaqi wa aushaafi wa siyar" dan disingkat dengan nama simtudduror.

Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi sendiri adalah seorang ulama besar dan waliyullah asal hadraumut, tarim, yaman. Beliau lahir pada tahun 1259 H / 1839 M dan wafat pada tahun 1333 H / 1913 M.

Silsilah nasab dan garis keturunan beliau bersambung langsung kepada Rasulullah SAW. Beliau mengarang maulid ini pada usianya yang ke 68 tahun.

Berkat karyanya ini, Habib Ali Habsyi dijuluki sohibul maulid Simtudduror.

Kitab Maulid Simtudduror ini berisi syair-syair tentang kisah perjalanan hidup dan pujian kepada Baginda Rasulullah SAW dengan bahasa yang indah dan penuh makna.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fadhilah Membaca Simtudduror

Adapun khasiat dan manfaat membaca maulid ini sudah tidak diragukan lagi, diantaranya:

- Dapat memantapkan kerohanian

Keutamaan bacaan Simtuddhuror ini ditampakkan pada perihal kitab At-Ta’rif bil Maulid min Kalami Shahibil Maulid, yang artinya:

“Maulidku ini (Simthud Durar) sangatbermanfaat. Bahwa sesungguhnya, barangsiapa yang tekun membacanya, menghafalkannya, dan menjadikannya sebagai wirid, maka sungguh akan ditampakkan kepadanya rahasia Rsulullah SAW”.

- Allah akan membalasnya 10 kali

Mengutip dari buku Mari Bersholawat Sesuai Tuntunan Nabi: Mengucap Seluk Beluk Sholawat dalam Tinjauan Syariat oleh Abu Utsman Kharisman, dikatakan bahwa balasan dari satu kali bersholawat pada malam jumat adalah Allah akan bersholawat sebanyak sepuluh kali untuknya.

- Dikabulkannya doa dan hajat

Dalam kitab Nawadirul Hikayah karya Syaikh Syihabuddin bin Salamah al-Qulyuby termakrub hadist bahwa Rasulullah SAW meriwayatkan: “Barangsiapa bersholawat kepadaku di hari jumat 100 kali, maka Allah akan mengabulkan baginya 100 hajat, yang mana 70 untuk kebutuhan akhirat, 30 untuk kebutuhan dunia."

Di antara keutamaan Maulid Simtudduror atau Maulid Habsyi ini juga, menurut Abah Guru Sekumpul adalah maulid yang paling tinggi sastranya.

Bahkan ahli sastra Sayyid Amin al-Kutbi yang merupakan salah satu guru Abah Guru Sekumpul sendiri mengaku tidak mampu mengupas makna-makna rahasia yang terkandung di dalam maulid ini.

Hal ini diceritakan Abah Guru Sekumpul ketika memberikan pengajian kitab Syarh Hikam tahun 1997 silam.

Dalam Maulid Habsyi ini hanya berisi lafadz dan bacaan yang baik seperti sholawat kepada Nabi, ayat ayat Al-Quran hingga kisah dan riwayat Rasulullah SAW.

Terdapat beberapa bait dan rawi dalam maulid ini dan biasanya setiap satu atau dua rawi akan diselingi dengan pembacaan lantunan qasidah.

Tak heran jika Maulid Simtudduror kini sangat populer dan telah dibaca umat islam diseluruh dunia terutama di indonesia dalam berbagai acara majelis taklim terutama saat mengadakan acara bershalawat. 

Di Lampung, pembacaan Maulid Simtudduror bahkan telah dirutinkan di beberapa wilayah dan hampir menyeluruh di setiap kabupaten/kota. Pembacaan maulid ini disebarkan oleh ulama Lampung Al Habib Umar Bin Muhdor Al Haddad pada wadah majelis Jam'iyyah Nurul Mahdor. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat