uefau17.com

Film Dokumenter Burning Sun Dirilis, Ungkap Fakta Baru dalam Skandal Terbesar Kpop - Regional

, Yogyakarta - Skandal terbesar di dunia Kpop yang melibatkan artis dan idol besar, Burning Sun, kembali menjadi perbincangan. Sebuah fakta baru terungkap dalam film dokumenter Burning Sun yang baru saja dirilis BBC.

Pada 19 Mei 2024, BBC Eyes yang merupakan tim investigasi BBC World Service merilis film dokumenter Burning Sun: Exposing the Secret Kpop Chat Groups di kanal YouTube. Film dokumenter tersebut mengungkap perjalanan dua jurnalis Seoul yang mengungkap skandal seks sejumlah artis Kpop itu.

Dalam film dokumenter berdurasi satu jam tersebut, dua jurnalis bernama Park Hyo Sil dan Kang Kyung Yoon menceritakan segala yang dialaminya. Mereka menginvestigasi kebenaran kasus yang memberikan kerugian pribadi bukan hanya pada korban, tetapi juga kepada dirinya.

Film dokumenter Burning Sun memulai ceritanya pada 2016. Saat itu, Park Hyo Sil meliput tuduhan pacar Jung Joon Young yang mengaku adanya video seks yang direkam secara diam-diam.

Sayangnya, tuduhan tersebut dicabut. Hal ini berdampak pada munculnya tuduhan fitnah dari publik dan media yang dilayangkan pada jurnalis tersebut.

Park Hyo Sil mengaku serangan yang didapat dari warganet membuatnya trauma. Ia merasa dirinya menanggung beban terberat karena serangan datang dari segala arah, mulai dari serangan online, email, telepon dari nomor tak dikenal, termasuk penggemar Jung Joon Young yang merasa tidak terima atas tuduhan itu.

"Ketika saya tidak menjawab telepon, mereka mulai mengirimkan gambar-gambar cabul," kata Park Hyo Sil seperti dikutip dari film dokumenter Burning Sun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trauma Parah

Kondisi itu membuat Park Hyo Sil trauma parah yang mengakibatkan dirinya dua kali mengalami keguguran dan belum memiliki anak hingga sekarang. Ia berada di kondisi terpuruk, sedangkan karier Jung Joon Young saat itu justru meroket dengan tur Eropa dan rilisan musik terbaru.

Pada 2019, BBC meliput skandal yang muncul kembali dengan bukti baru. Telepon Jung Joon Young bocor dan sampai ke seorang reporter SBS, Kang Kyung Yoon.

Data telepon mengungkap video dan pesan eksplisit yang melibatkan Jung Joon Young dan bintang Kpop lainnya, termasuk Choi Jong Hoon dari FT Island. Pesan-pesan tersebut merinci pelecehan seksual yang mereka lakukan dan mengisyaratkan bahwa mereka punya perlindungan dari polisi senior dan seolah memiliki 'status tak tersentuh'.

Skandal ini perlahan mulai terkuak setelah Kang Kyung Yoon melakukan pencarian tiada henti. Hal itu membuat korban-korban lain mulai berani melapor. Meski mendapatkan keadilan, tetapi Kang Kyung Yoon juga mengalami serangan seperti yang dialami Park Hyo Sil.

Setelah lima tahun lamanya, film dokumenter Burning Sun mengungkap sejumlah potongan video, rekaman, hingga isi chat yang sebelumnya belum pernah diketahui publik. Skandal ini tak hanya melibatkan Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon (eks FT Island), tetapi juga sejumlah nama besar lainnya, termasuk Seungri (eks BIGBANG), Lee Jong Hyun (eks CNBLUE), Yong Jun Hyung (eks Highlight), dan lainnya.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat