uefau17.com

Waspada! Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpoteni Landa Sulut, Ini Daftar Wilayahnya - Regional

, Manado - Warga Sulut diingatkan untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan. Ini disampaikan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Kami memprakirakan hujan lebat dan angin kencang berpotensi melanda kabupaten dan kota di Provinsi Sulut pada beberapa hari ke depan,” ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle.

Dia mengatakan, BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Pihaknya juga akan membantu masyarakat mendapatkan informasi terkini peringatan dini cuaca ekstrem di kabupaten dan kota.

"Kami berharap warga berhati-hati ketika melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem. Kondisi cuaca seperti itu dapat menyebabkan banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang," ujar Ben.

Dia menyebutkan kabupaten dan kota yang berpeluang dilanda cuaca ekstrem pada Senin 20 Mei 2024 yaitu Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Di hari yang sama, cuaca ekstrem juga diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Sedangkan Selasa, 21 Mei 2024 cuaca ekstrem diprediksi melanda Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud,” papar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat