uefau17.com

Cara Membuat, Menggunakan, dan Biaya Transaksi PayPal - Regional

, Bandung - PayPal adalah layanan jasa keuangan yang memberikan segudang kemudahan bagi kamu untuk membayar, mengirim uang, dan menerima pembayaran secara virtual.

PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, di mana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Hingga saat ini, PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual. Kerahasiaan yang paling banyak digunakan oleh para marketer online. Sebab, transaksi menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang terbilang cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa.

Perihal keamanan, PayPal juga sangat menjaga kerahasiaan data diri penggunanya. Di mana, kamu tidak perlu mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan yang biasanya tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi lainnya.

Dikarenakan hal-hal inilah, alat pembayaran virtual ini sangat populer.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi PayPal

Berikut fungsi dari PayPal, di antaranya:

1. Sebagai alat melakukan transaksi pembayaran dengan fleksibilitas tinggi

Dengan PayPal, kamu bisa melakukan pembayaran dengan fleksibilitas tinggi. Artinya, pembayaran ini bisa kamu gunakan dalam banyak hal. Selama transaksi yang kamu butuhkan dilakukan secara online, maka kamu bisa menggunakan akun PayPal sebagai metode pembayarannya. Kamu bisa menggunakan akun PayPal ini untuk melakukan pembayaran melalui situs desktop, aplikasi, ataupun situs mobile.

2. Alat pembayaran yang cepat

PayPal menjadi alat pembayaran yang cukup cepat. Dalam setiap transaksi keuangan, kecepatan merupakan salah satu faktor yang banyak orang pertimbangkan. Terutama ketika transaksi tersebut melibatkan dua bank atau bahkan dua negara yang berbeda, maka biasanya butuh waktu beberapa hari.

Jika kamu menggunakan PayPal, maka kamu tidak perlu menunggu berhari-hari. Dengan menggunakan layanan ini maka hanya membutuhkan waktu 24 jam dari akun PayPal ke rekening bank sampai transaksi tersebut benar-benar selesai. Dan untuk waktu hitungan menit berlaku saat transfer sesama akun PayPal.

3. Alat pembayaran global

Dengan menggunakan PayPal, kamu bisa melakukan transaksi secara global. Jika kamu sering berbelanja di situs luar negeri, maka salah satu alat pembayaran yang bisa kamu pilih yaitu PayPal.

Penggunaan Paypal telah terhubung di banyak negara, karena penggunanya yaitu masyarakat di seluruh dunia. Karena sudah meng-global, maka penggunaan layanan ini memang menjadi identik dengan transaksi antar negara.

4. Sebagai cara pembayaran yang aman

PayPal merupakan alat pembayaran yang aman. Bukan saja untuk memastikan uang yang kita kirim sampai ke tujuan, namun menggunakan layanan ini akan menjaga kerahasiaan data pribadi kamu.

Ketika kamu menggunakan Paypal maka kamu tidak perlu mengirimkan atau memberikan data informasi perbankan yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan meminimalisir kemungkinan tersebarnya data pribadi milik kamu.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat PayPal

Ketika ingin membuat akun PayPal, kamu harus memenuhi syarat wajib berikut ini:

  • Mempunyai alamat email yang valid dan bisa diakses.
  • Kartu identitas untuk persiapan verifikasi.
  • Statement bulanan kartu kredit yang masih aktif untuk proses verifikasi.

Membuat PayPal untuk rekening pribadi

  • Buka situs PayPal, atau bisa unduh aplikasinya di ponselmu. Lalu, lakukan "Daftar Sekarang".
  • Setalah itu kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu, akun bisnis dan akun pribadi. Pilih akun pribadi untuk digunakan secara pribadi. Klik "Berikutnya".
  • Setelah itu, kamu juga diharuskan untuk menentukan sebagai siapa kamu menggunakan rekening tersebut, apakah pembeli online, penjual/freelancer, keduanya atau tidak yakin. Lalu klik “Berikutnya”.
  • Masukkan nomor ponsel, lalu klik "Berikutnya", setelah itu tunggu Kode OTP yang dikirimkan ke nomor kamu dan masukkan sesuai kode tersebut.
  • Isi data diri yang meliputi nama, alamat email dan password lalu klik "Berikutnya".
  • Isi alamat selengkap mungkin, karena ini akan menjadi patokan kamu menerima barang yang dibeli secara online. Jangan lupa untuk ceklis Terms and Condition Agreement, lalu Klik “Setuju dan Buat Rekening”.
  • Lakukan verifikasi melalui link yang dikirim melalui email.
  • Kamu bisa tambahkan kartu kredit atau debut sebagai alat transaksi online nantinya.

Membuat PayPal untuk rekening bisnis

  • Selain untuk rekening pribadi, kamu juga bisa membuat Paypal untuk membantumu dalam menjalankan bisnis. Berikut caranya:
  • Buka situs PayPal, atau bisa unduh aplikasinya di ponselmu. Lalu, lakukan "Daftar Sekarang".
  • Setelah itu pilih "Rekening Bisnis" lalu klik "Berikutnya". Pilih di mana kamu ingin menerima pembayaran nantinya sesuai kebutuhan.
  • Kamu bisa menerima pembayaran melalui situs, email, hingga marketplace. Pilih sesuai kebutuhan bisnismu.
  • Setelah itu kamu juga harus menentukan berapa estimasi penjualan bisnis kamu dalam sebulan.
  • Berikutnya kamu perlu melengkapi informasi tentang pemilik bisnis. Pastikan semua informasi terisi dengan jelas dan benar. Jika sudah klik “Kirim”.
  • Lakukan verifikasi melalui link yang dikirim melalui email.
  • Nantinya, kamu bisa tambahkan kartu kredit atau debut sebagai alat transaksi online.
4 dari 5 halaman

Cara Memakai PayPal

Cara menggunakan rekening PayPal di Indonesia, umumnya tak berbeda dengan di negara-negara lain. Namun yang perlu diketahui, PayPal sedikit sulit untuk dimiliki, sebab nasabah harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelum dapat mengakses PayPal.

Pasalnya akun PayPal harus terverifikasi menggunakan kartu kredit sebelum digunakan. Setelah mengoneksikan akun kartu kredit dengan PayPal, kamu bisa langsung menggunakannya untuk melakukan transaksi.

5 dari 5 halaman

Biaya Transaksi PayPal

PayPal menghasilkan uang dengan cara membebankan biaya transaksi pada pengguna dan juga mendapatkan keuntungan dari harga rate mata uang ketika di withdrawal atau menarik saldo ke bank lokal.

Pertama, PayPal sekarang mengenakan biaya 4,4% dari jumlah total setiap pembayaran. Selain itu, ada juga biaya tetap tambahan sebesar $0.30 untuk setiap transaksi.

PayPal memotong biaya rate dari harga rate bank yang sesungguhnya sebesar sekitar 400 rupiah per $1. Dan potongan Rp16.000 jika transaksi penarikan ke bank lokal di bawah $115.

Menghindari biaya PayPal secara penuh memang tidak bisa, karena biaya tersebut digunakan untuk operasional PayPal dan juga keuntungan yang bisa diambil oleh PayPal. Kita yang menggunakan layanan mereka juga tentunya harus mengeluarkan biaya untuk itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat