uefau17.com

Survei: Gen Z dan Milenial Mayoritas Pilih Faida di Pilbup Jember - Pemilu

, Jakarta - Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) kembali melakukan survei tentang pilihan dan opini Gen Z & Milenial jelang Pilkada 2024.

Direktur Eksekutif LPMM, Robby Rosyadi mengatakan, hasil survei menunjukan ada lima nama calon bupati yang paling dikenal di kalangan Gen Z di kabupaten Jember. Mereka adalah dokter Faida 87,4%, Hendy Siswanto 81,1%, Muhammad Balya Firjaun 64,3%, Karimullah Dahrujiadi 61,7%, dan Muhammad Fawait 59,4%.

"Dan nama calon Bupati Jember yang paling disukai dan diterima oleh Gen Z & Milenial di kabupaten Jember adalah Faida disukai dan diterima sebanyak 86,8%. Kemudian petahana Bupati Jember Hendy Siswanto 60,1%, Gus Firjaun 56,5 %, Karimullah Dahruaji 53,4%, Gus Fawait 49,6%, dan Jaddin Wajad 48,7%, Hadi Supaat 43,7% ," kata Robby dalam keterangannya Rabu (10/7/2024).

Sementara, kata Robby, untuk elektabilitas dengan simulasi 7 nama, hasil survei membuktikan tingkat elektabilitas sebagai berikut dokter Faida 28,6%, Hendy Siswanto 23,3%, Gus Firjaun 11,9%, dan Gus Fawait 9,3%. Kemudian Karimullah Dahruaji 8,4 %, Muhammad Jaddin Wajad 3,7% dan Hadi Supaat 2,9% dan tidak memberikan pilihan 10,9%.

Sementara simulasi 4 nama calon Bupati Jember yang paling diminati Gen Z & Milenial adalah dokter Faida 42,7%, Hendy Siswanto 25,1%, Gus Firjaun 11,2%, dan Gus Fawait 10,7% dan tidak memberikan pilihan 10,3%.

"Dalam survei LPMM ada beberapa isu yang ingin disoroti oleh Gen Z & Milenial pada Pilkada 2024? Setidaknya ada 5 isu yang menjadi perhatian mereka pertama, kesempatan kerja 45,1%, pemberantasan korupsi 31,2%, demokrasi dan kebebasan sipil 5,7%, kesehatan 7,3%, lingkungan 2,3%, dan 2,1% lainnya," ucapnya.

"Ini menunjukkan generasi muda semakin kritis dan selektif dalam memilih pemimpin yang akan membawa perubahan positif bagi daerah mereka," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program untuk Anak Muda

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM)yang juga Warek UTM, Surokim Abdussalam menilai bahwa banyak pemilih Gen Z & Milenial lebih memilih mantan Bupati Jember Faida di survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) karena banyak program yang telah dilakukan terhadap anak-anak muda di Jember.

"Seperti pendidikan yaitu bantuan beasiswa, kemudahan untuk transportasi umum dan lainnya," kata Surokim, Rabu (10/7/2024).

Surokim menilai bahwa unggulnya Faida di kalangan anak muda atau Gen Z & Milenial karena pemilih muda lebih dominan memilih pemimpin yang bekerja untuk kepentingan pembangunan daerahnya agar maju.

"Survei LPMM ini menunjukkan Faida bisa mengalahkan pertahanan Bupati Jember Hendy Siswanto di pilkada Jember 2024," ucapnya.

Selain itu, kata dia, pemilih Gen Z & Milenial menginginkan pemimpin yang bekerja untuk kepentingan masyarakat, dan juga memperhatikan kepentingan anak-anak muda melalui program yang bisa menciptakan anak muda bisa mengembangkan Kabupaten Jember melalui kreativitas dan program-program anak muda. Pasalnya tidak mudah menggaet suara anak muda ke dalam politik.

"Faida harus bisa melanjutkan program yang menarik anak muda untuk kembangkan ekonomi di Kabupaten Jember," bebernya.

Menurut dia, pemilih muda memiliki pengaruh besar terhadap pilkada Jember 2024. "Maka itu suara anak muda bisa menjadi daya kekuatan Faida menang Pilkada 2024," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat