uefau17.com

Relawan Sandiaga Uno Tanggapi Pernyataan Plt Ketum PPP soal Pilkada Jakarta 2024 - Pemilu

, Jakarta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih mempertimbangkan untuk mengusung nama Sandiaga Uno dalam meramaikan Pilkada Jakarta. Namun, disebut susah lantaran pernah mengundurkan diri jadi wakil gubernur karena harus bertarung di Pilpres 2019.

Hal ini membuat relawan Sandiaga yang tergabung dalam Rumah SandiUno Indonesia (RSI) angkat bicara. Disebut mundurnya pria yang menjabat sebagai Menparekraf itu demi kepentingan masyarakat.

"Langkah politik Bang Sandiaga Uno mundur dari posisi Wakil Gubernur DKI saat itu adalah demi kepentingan masyarakat, terutama warga Jakarta," kata Sekjen RSI, Denny H Suryo Prabowo dalam keterangannya, Selasa (11/6/2024).

Dia menuturkan, Sandiaga merupakan sosok yang selalu total dalam setiap pekerjaan maupun penugasannya.

"Bang Sandiaga selalu siap menerima tugas untuk kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia. Baik dalam Pilgub DKI 2017 maupun saat Pilpres 2019 dukungan untuk Bang Sandi Uno yang mendampingi Pak Prabowo dari masyarakat juga sangat besar," ungkap Denny.

Menurut dia, keputusan Sandiaga mundur dari posisi Wagub Jakarta karena tak ingin mengorbankan kepentingan masyarakat. Padahal bisa saja Sandiaga hanya cuti dari jabatannya," jelasnya.

"Bang Sandi Uno tak ingin memberi contoh buruk ke masyarakat jika hanya cuti dari jabatan wagub. Beliau sadar tugasnya sebagai wagub itu berat, dan tidak bisa disambi dengan maju Pilpres yang juga perjuangannya berat," tutur Denny.

Menurut dia, Sandiaga Uno merasa tak adil jika bekerja setengah-setengah, sehingga memuturkan mundur dari posisinya tersebut.

"Bang Sandi Uno merasa enggak fair untuk masyarakat jika beliau bekerja dengan setengah-setengah makanya memutuskan lebih baik mundur dari posisi Wagub DKI, demi kepentingan masyarakat," kata dia.

Denny mengatakan, Sandiaga memilih untuk tidak berpolemik. Meski begitu, ia mengapresiasi PPP yang menyebut kemungkinan pencalonan Sandiaga di Pilgub Jakarta tetap terbuka.

"Bang Sandi Uno tetap menghormati apapun keputusan PPP. Ini semua mencerminkan beliau sebagai politisi yang santun, elegan dan tidak membuat manuver politik yang akan membuat polemik. Beliau sangat menghindari pernyataan-pernyataan politik yang nantinya akan membuat gaduh," kata dia.

Menurutnya, sejauh ini kinerja Sandiaga sebagai menteri sangat baik. Bahkan, sudah membuahkan hasil.

"Ini terbukti dengan naiknya peringkat indeks kinerja pengembangan pariwisata Indonesia (Travel Tourism Development Index/TTDI) versi World Economic Forum (WEF) yang naik 10 peringkat dari posisi 32 menjadi peringkat ke 22 dunia," kata Denny.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PPP Masih Pertimbangkan Nama Sandiaga Uno

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih mempertimbangkan untuk mengusung nama Sandiaga Uno dalam meramaikan Pilkada Jakarta pada November 2024.

“Mungkin, tapi susah ya. Dulu sudah undurkan diri dari wakil (Gubernur Jakarta), masa sekarang nyalon lagi,”ungkap Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono, saat ditemui sejumlah wartawan usai membuka Rapimnas ke-IX, di Hotel Le Semar, Kota Tangerang, Kamis (6/6/2024).

Meski begitu, PPP masih membuka peluang untuk mengusung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Pilkada Jakarta. Bukan hanya Sandiaga Uno, melainkan nama-nama lain yang masih memiliki potensi besar.

“Sampai sekarang belum didiskusikan dengan Pak Sandi, ya mungkin dalam waktu dekat akan diskusi kalau ada arah-arah mau ke Pilkada dimana, ya kita didiskusikan,”katanya.

Untuk itu, nama Sandiaga Uno pun berpotensi masuk dari 3 sampai 4 nama yang sudah dilist PPP dalam meramaikan Pilkada Jakarta.

3 dari 3 halaman

Gelar Rapimnas ke IX

Sementara itu, dalam Rapimnas ke IX ini, PPP pun secara simbolis memberikan surat tugas kepada bakal calon kepala daerah yang bakal diusung partai tersebut di tiap wilayah. Hal ini dilakukan, untuk bekal berkonsolidasi dan berkomunikasi politik dengan partai politik lain di masing-masing daerah.

“Sudah ada 35 kota, kabupaten termasuk provinsi yang sudah memegang surat tugas untuk Pilkada nanti,” katanya, saat ditemui seusai Rapimnas ke IX PPP.

Selain itu, dalam Rapimnas kali ini, pihaknya ingin PPP mengambil peran penting dalam penyelenggaraan Pilkada serentak. Termasuk di dalamnya, arahan untuk komunikasi dengan partai politik lain yang dinilai memiliki visi dan misi sama dengan PPP. 

“Di sisi lain, kader kita di wilayah juga bersama dengan partai-partai politik lain untuk mensukseskan calon-calon, sepanjang itu memiliki visi dan misi serta prinsip-prinsip PPP,”katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat