uefau17.com

Prabowo Bicara Kans Usung Sudaryono di Pilkada Jawa Tengah 2024: Kita Tunggu Waktunya - Pemilu

, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto buka suara terkait sosok yang akan diusung di Pilkada Jawa Tengah 2024. Sejauh ini, Gerindra masih belum menentukan sosok yang akan didorongnya di daerah tersebut.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyatakan pihaknya masih menggodok figur yang akan diusung di daerah tersebut. Termasuk, kata dia, kans mengusung kader internalnya yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono.

Meski demikian, Prabowo tidak menjelaskan secara detail kapan rekomendasi partainya tersebut akan dikeluarkan. Nama itu akan diumumkan pada waktu yang tepat.

"Nanti ada waktunya," ujar Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta Selatan (7/6/2024).

Sambil bergurau, Prabowo beralasan hal ini sengaja tidak langsung diumumkan agar awak media penasaran dan menjadi sering datang ke rumahnya. "Supaya Anda sering kesini. Oke kita tunggu waktunya," kelakar Prabowo sambil tersenyum.

Sebelumnya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa partainya sudah memiliki sejumlah nama kader internal yang bakal diusung pada Pilkada 2024.

Muzani menyebut Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sudaryono adalah harapan internal Gerindra untuk bisa maju di Pilgub Jateng.

"Pak Sudaryono adalah harapan internal Partai Gerindra untuk bisa didorong menjadi calon Gubernur Jawa Tengah," ujar Muzani beberapa waktu lalu.

Muzani kemudian menegaskan bahwa perihal tersebut nantinya kembali lagi pada keputusan Prabowo Subianto selaku ketum.

"Tapi, soal calon gubernur, bupati dan wali kota di Gerindra itu ada di Ketua Umum, Ketua Dewan Pembina Pak Prabowo," imbuhnya.

Sudaryono diketahui juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Dia juga pernah menjadi ajudan pribadi Prabowo Subianto.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PAN Beri Karpet Merah untuk Sudaryono

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sunarmin menegaskan bahwa partainya akan total mendukung politisi Partai Gerindra, Sudaryono untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

Sunarmin mengatakan, partainya akan memberi kehormatan khusus bagi Sudaryono yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah itu karena dianggap sebagai rekan sesama Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sudah bekerja sama sejak lama, dan belakangan berhasil memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres lalu.

"Tentu saja akan memberi karpet merah (kepada Sudaryono maju Cagub Jateng). Meski dalam kapasitas yang memutuskan ada di DPP. Tapi kami dalam ranah provinsi jalinan kami sudah luar biasa baik kerja politik kami bersama juga sudah teruji di lapangan," ujar Sunarmin di Kantor DPW PAN di Kedungmundu, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 30 Mei 2024.

Tak hanya sama-sama berasal dari Koalisi KIM, hubungan PAN dengan Gerindra sudah akrab terjalin sejak Pilpres 2014 atau sejak pertama kali Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden.

"Insya Allah hubungan kita (Gerindra dan PAN) sudah teruji tiga kali pilpres kemarin selalu koalisi bersama Gerindra dalam melahirkan pemimpin nasional. Alhamdulillah kali ini berhasil sesuai harapan," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Tuntut Syarat Apapun

Sunarmin yang telah menjadi kader PAN sejak partai berlambang Matahari tersebut dibentuk tahun 1998 silam itu mengatakan, bahwa pihaknya tidak menuntut syarat apapun dalam mendukung. Bahkan urusan siapa yang akan menjadi calon wakil gubernur, PAN menyerahkan sepenuhnya kepada Sudaryono.

"PAN sangat realistis, kita belum memiliki fraksi sendiri, jadi kita memberikan supporting dukungan kepada koalisi KIM di Jateng. Nanti nama wakil terbaik ditentukan dari calon gubernur," tandas Sunarmin.

Sementara itu Sudaryono menegaskan bahwa komunikasi politik yang dijalin dengan PAN tidak pernah mengalami kendala. Terlebih, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga memiliki hubungan yang spesial.

"Semangat dari Ketum kita Pak Prabowo dan Pak Zul chemistry-nya dapat. Sehingga komunikasi dengan PAN tidak sulit sangat mudah diakses bahkan ini pertemuan sudah yang ketiga, kita ingin membawa hubungan yang baik ini terus mengakar sampai ke level provinsi ataupun kabupaten kota," tandas Sudaryono usai bertemu kader dan pengurus PAN Jateng.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat