uefau17.com

Ahmad Sahroni Apresiasi BNN Punya Pendekatan Humanis dalam Pencegahan Narkoba - News

, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI telah memprioritaskan tujuh daerah sebagai tempat pelatihan keterampilan untuk mencegah peredaran narkoba di masyarakat.

Inspektur Utama BNN RI Irjen Pol Wahyono menyebut, tujuh wilayah yang menjadi prioritas pencegahan berupa soft power approach yakni; Sumatera Utara, Aceh, Palembang, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau dan Palembang.

Kegiatan yang dilakukan, katanya, seperti bimbingan teknis, pelatihan keterampilan life skill dan yang lainnya. Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas masyarakat yang rawan narkoba.

Mendengar langkah pencegahan itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni pun lantas memberi apresiasi kepada BNN. Politikus NasDem tersebut menilai, pemetaan wilayah rawan akan memudahkan negara dalam mengawasi, mencegah, serta memutus rantai narkoba.

“Saya kira langkah pemetaan wilayah rawan oleh BNN ini sudah sangat strategis dan taktis. Kita jadi punya perencanaan yang efektif dalam mencegah serta memutus rantai narkoba. Tawaran pendekatannya pun bagus, soft approach, lebih solutif dan mudah diterima ketimbang pendekatan-pendekatan hukum yang terkesan ‘menakutkan’ bagi masyarakat,” ujar Sahroni dalam keterangan, dikutip Kamis (18/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Turut Awasi Wilayah Lainnya

Meski begitu, di luar tujuh wilayah tersebut, Sahroni tetap meminta agar BNN bersama pihak terkait, turut mengawasi wilayah lainnya. Mengingat sebaran narkoba di Indonesia sudah sangat masif dan membahayakan jutaan nyawa masyarakat.

“Tapi kalau melihat dari laporan dan temuan belakangan ini, rasanya BNN, Polri, dan pihak terkait tetap perlu meningkatkan kewaspadaan di luar ketujuh wilayah prioritas tersebut. Karena dari kemarin banyak banget temuan, mulai pabrik narkoba terbesar di Malang, kampung narkoba di Jakarta, laboratorium narkoba di Bali, dan sebagainya. Rasanya lagi zona merah narkoba sebagian besar wilayah kita,” tambah Sahroni.

Untuk itu, Sahroni berharap BNN bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa yang saat ini sangat rentan terpapar oleh narkoba.

“Masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah rawan itu sudah pasti punya potensi keterpaparan yang lebih tinggi. Jadi BNN harus hadir selamatkan mereka, jangan sampai terlambat,” tutup Sahroni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat