uefau17.com

Resmikan Jokowi Learning Center, Presiden Ingin SDM Indonesia Unggul - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Jokowi Learning Center di SMA Kebangsaan Lampung Selatan. Dia berpesan, dengan hadirnya fasilitas seperti Jokowi Learning Center maka bukan tidak mungkin level sumber daya manusia (SDM) Indonesia bisa semakin unggul.

“SDM unggul ini kita perlukan dalam rangka kompetisi persaingan antar negara, infrastruktur sebaikapapun kalau SDM tidak baik, (tetap) jelek,” kata Jokowi di lokasi, seperti dikutip dari siaran daring Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (11/7/2024).

Jokowi mencatat, melihat level SDM tiap negara sudah mudah. Sebab setiap tahunnya, lembaga Institute of Management Development (IMD) membuat semacam ranking berjudul world competitiveness ranking.

“Kelihatan infrastruktur kita dengan Malaysia, bagus mereka atau bagus kita, dengan Thailand urusan teknologi dan inovasi bagus mereka atau bagus kita, juga sama yang berkaitan dengan kesehatan bagus mereka atau kita, dan sayangnnya dari sisi daya saing kita meski naik sampai 7 level sangat bagus sekali tapi untuk pendidikan dan kesehatna masih di ranking 57-58, padalah di world competitiveness ranking kita sudah berada di angka 27. sangat bagus sekali tapi di pendidikan dan kesehatan kita masih diangka 57,” tutur Jokowi.

Jokowi membayangkan, seandainya semua menteri kemudian dari kelompok masyarakat yang memiliki rejeki berlimpah bisa membangun model serupa Jokowi Learning Center seperti di SMA Kebangsaan Lampung Selatan maka diyakini level pendidikan Indonesia akan berada di angka yang lebih baik.

“Pak Hatta, Pak Boy Tohir mendirikan seperti ini, 10 10 saja, yang lain juga 10 10 tapi harus kayak SMA Kebangsaan Lampung Selatan ini fasilitasnya, pasti ranking kita akan melompat dan kita akan memiliki SDM unggul yang dibutuhkan negara ini,” yakin presiden.

Jokowi percaya, negara yang bergerak cepat akan mengalahkan negara lambat. Artinya, bukan lagi negara besar kalahkan negara kecil atau negara adidaya kalahkan negara kecil,

“Negara cepat akan kalahkan negara lambat dan kita ingin jadi negara cepat, dengan SDM yang menguasai semuanya teknologi inovasi, semuanya,” dia menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungan ke Lampung, Jokowi Mendadak Berhenti karena Jalan Rusak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Provinsi Lampung pada Kamis, 11 Juli 2024. Kepala negara lepas landas dengan helikopter Super Puma TNI AU dari Lapangan Monumen Nasional, Jakarta pads pukul 07.30 WIB.

Setibanya di Lampung, Jokowi melanjutkan agenda dengan menggunakan jalur darat. Namun mendadak, kendaraanya berhenti dan Presiden turun untuk melihat langsung kondisi jalan tersebut.

“Oh ngecek jalan, jalannya kan tadi lubang-lubang, banyak yang rusak,” kata Jokowi kepada awak media di lokasi, Kamis (11/7/2024).

Guna mengatasi hal itu, Jokowi pun langsung memerintahkan kementerian terkait untuk memperbaikinya.

“Saya tadi langsung perintah (memperbaiki) ke Menteri PU (Basuki Hadimuljono),” Jokowi menandasi.

Sebagai informasi, ada sejumlah agenda yang akan dilakoni kepala negara di Lampung. Salah satunya, mengunjungi SMA Kebangsaan Lampung Selatan untuk meninjau fasilitas pendidikan dan meresmikan Gedung Jokowi Learning Center (JLC) di sekolah tersebut.

Namun sebelum itu, agenda presiden diawali dari RSUD dr. H. Bob Bazar, SKM untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan.

Setelah meninjau RSUD, Presiden akan meninjau pelaksanaan bantuan pompa air untuk pengairan sawah dan pertanian atau pompanisasi di Desa Bandan Hurip.

3 dari 3 halaman

Lanjutkan Kunjungan Kerja

Usai menuntaskan seluruh giatnya di Lampung Selatan, mantan gubernur Jakarta tersebut dijadwalkan akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Lampung Utara menggunakan helikopter Super Puma dan akan mendarat di Helipad Stadion Sukung Kelapa.

Di Kabupaten Lampung Utara, Bapak Presiden akan mengecek harga di Pasar Sentral Kotabumi dan meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Lampung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat