uefau17.com

Jokowi Yakin Timnas Indonesia Menang Lawan Filipina - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis Timnas Indonesia mampu mengalahkan Filipina dalam laga pamungkas Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB.

"(Timnas Indonesia) Menang," ucap Jokowi kepada wartawan di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

Dia enggan berkomentar saat ditanya prediksi skor pertandingan Indonesia melawan Filipina. Jokowi sendiri akan menyaksikan langsung laga pertandingan Indonesia vs Filipina di Stadion Utama GBK.

"Nonton. Menang," kata Jokowi.

Sebelumnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga pemungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Duel antara kedua kesebelasan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Pertandingan kali ini bakal menjadi kesempatan terakhir skuad Garuda merebut tiket ke putaran tiga FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Pasalnya, Timnas Indonesia sebelumnya sudah kalah dalam laga kandang melawan Irak yang digelar Kamis (6/6/2024).

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan takluk 0-2, sehingga membuat mereka tetap menghuni urutan 2 klasemen sementara dengan perolehan 7 poin dari 5 pertandingan dan hanya unggul tipis 1 angka dibanding Vietnam yang mengalahkan Filipina di matchday pemungkas.

Praktis kemenangan melawan The Azkals akan membuat perolehan poin Timnas Indonesia tak mampu lagi dikejar The Golden Star, terlepas dari hasil pertandingan terakhir mereka.

Sebaliknya, apabila pasukan Merah Putih gagal mendulang poin, kans Vietnam melaju ke putaran selanjutnya kembali terbuka lebar. Mereka bisa saja menyalip perolehan poin skuad Garuda andai kata The Golden Star menang atas Irak di partai pemungkas.

Terlepas dari tingginya tekanan jelang menghadapi Timnas Filipina, pelatih Shin Tae-yong tetap optimistis dengan prospek kemenanga anak-anak asuhnya. Apalagi, pasukan Merah Putih punya rekor gemilang atas The Azkals dengan menang dalam setidaknya 20 pertemuan, dan hanya satu kali dikalahkan oleh Filipina.

"Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinn lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan Indonesia punya peluang lebih besar untuk lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main home," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan di SUGBK, Senin (10/6/2024).

"Para pemain di lapangan, mereka bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Pastinya kita akan bisa lolos ke ronde ketiga, jadi mohon kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk timnas kita," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.086 Personel Gabungan Siap Amankan Laga Timnas Indonesia Vs Filipina di GBK

Timnas Indonesia akan melakoni laga pamungkas Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia akan melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (11/6/2024) mulai pukul 19.30 WIB. Pengamanan pun disiapkan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menyebut, personel gabungan yang dikerahkan untuk mengawal jalannya pertandingan berjumlah 2.086.

"Kekuatan personil pengamanan sebanyak 2.086 personil," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Selasa (11/7/2024).

Ade Ary menerangkan, personel yang dikerahkan merupakan gabungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinkes DKI Jakarta dan Dinas Pemadam Kebakaran.

"BKO Polda Metro Jaya sebanyak 1.542 personel, Satgas Res sebanyak 335 personel, BKO TNI sebanyak 102 personel, sisanya dari Pemda (Satpol PP, Dishub, Dinkes dan Damkar) sebanyak 209 personel," ucap dia.

Ade Ary mengatakan, kepolisian juga menyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas. Namun, pemberlakuannya tergantung situasi dan kondisi di lapangan.

"Untuk rekayasa lalulintas bersifat bersifat situasional melihat eskalasi di lapangan," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Wajib Menang Lawan Filipina

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan dirinya tak mengalami stres meski dibebani target mengantar anak-anak asuhnya menang di laga terakhir grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina.

Juru taktik asal Korea Selatan mengeklaim dia memang punya sedikit gangguan kesehatan fisik, tetapi hal itu sama sekali bukan diakibatkan oleh stres jelang melakoni pertandingan penentuan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (11/6/2024).

Seperti diketahui, Timnas Indonesia diwajibkan mendulang tiga poin kala menantang anak-anak asuh Tom Saintfiet dalam matchday pemungkas grup F FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Hal itu lantaran pasukan Garuda saat ini menghuni peringkat 2 dengan selisih hanya 1 poin dari Vietnam di urutan 3 usai takluk 0-2 oleh Irak, Kamis (6/6/2024) lalu.

Kegagalan meraup tambahan angka saat menjamu Filipina pun bakal membuat Timnas Indonesia harus bergantung pada hasil pertandingan The Golden Star. Apabila Vietnam yang berhasil menang melawan Singa Mesopotamia, maka pasukan Garuda dipastikan harus merelakan tiket putaran selanjutnya jatuh ke tangan musuh bebuyutan.

Terlepas dari krusialnya laga kontra Filipina, pelatih Timas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan dirinya tak mengalami stres. Para pemain juga diklaim tengah menjalani persiapan dengan baik dalam misinya mengejar tiket ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Sekarang sakit sih tidak, tapi ada flu yang sedikit parah. Hanya masalah batuk saja sebenarnya, tetapi tidak ada rasa stres," ucap Shin Tae-yong membeberkan kondisi kesehatannya jelang menantang anak The Azkals.

"Pemain sama seperti biasa, persiapannya baik," sambung juru taktik yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat