uefau17.com

Menag: Semua Layanan untuk Jemaah Haji Sudah Siap - News

, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan semua layanan untuk jemaah haji asal Indonesia di Arab Saudi sudah siap, termasuk mengenai penginapan dan akomodasi. Menurut dia, tidak ada kendala terkait pelayanan haji di Arab Saudi.

"Siap, Insya Allah sudah siap. Saya sudah cek ke sana semua layanan diperuntukkan jemaah Insya Allah sudah siap semua. (Penginapan dan akomodasi) sudah, Alhamdulillah sudah," kata Yaqut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 16 Mei 2024.

"Insya allah (semua lancar). Mudah-mudahan doakan saja lancar," sambungnya.

Dia pun mengingatkan jemaah untuk terus menjaga kesehatan selama melakukan ibadah haji di Arab Saudi. Yaqut memastikan jemaah sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat haji.

"Sudah (ada himbauan) sebelum mereka jemaah ini melunasi sudah ada pemeriksaan kesehatan yang kita sebut dengan mekanisme institusi kesehatan. Dinyatakan siap baru mereka melakukan pelunasan," tutur dia.

"Soal sakit enggak bisa diminta, juga enggak bisa ditolak. Siapa saja bisa sakit, bisa kena," imbuh Yaqut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lepas Keberangkatan 388 Jemaah Haji

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Minggu (12/5/2024) dini hari.

Yaqut berpesan agar jemaah menata ulang kembali niatnya. Menag berharap jemaah fokus untuk beribadah haji.

"Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci," ucap Yaqut dalam keterangannya, Minggu (12/5/2024).

Yaqut juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga fisik, karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. "Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar kondisi fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Pastikan Petugas Akan Bantu Setulus Hati

Ia pun meminta para jemaah tak segan meminta tolong kepada petugas jika membutuhkan sesuatu. Ia pastikan, petugas akan membantu dengan setulus hati.

"Jika membutuhkan segala sesuatu nanti, sampaikan kepada petugas. Kami di Kemenag bersama Kemenkes sudah menyiapkan petugas-petugas yang akan dan siap melayani bapak ibu sekalian. Apapun kebutuhannya sampaikan kepada petugas, jangan sungkan," kata dia.

Yaqut menilai pasti akan banyak tantangan yang akan dihadapi jemaah. Namun Ia yakin para jemaah dengan dibantu petugas akan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar.

"Sekali lagi saya ingatkan jaga fisiknya, jaga kesehatannya, ini ibadah fisik, tantangannya tentu tidak mudah. Tapi saya yakin semua siap dan kuat menjalankan ibadah di tanah suci," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat