uefau17.com

Transformasi Singapura yang Menambah Magnet Para Wisatawan - Lifestyle

, Jakarta Ketika mendengar kata Singapura, hal apa yang pertama kali kalian ingat? Pastinya adalah destinasi traveling, kan? Yup, Singapura merupakan salah satu negara yang menjadi incaran banyak wisatawan, terutama turis dari Indonesia. 

Lokasi yang dekat dari Indonesia dan memiliki banyak destinasi wisata yang dibangun dengan arsitektur menakjubkan dan sejumlah inovasi, membuat banyak wisatawan negara melancong ke negeri singa ini. 

Meski selama ini berada di kondisi pandemi, Singapura  telah membangun sebuah inovasi yang memadukan teknologi yang bakal membuat para pelancong bisa membayangkan kembali traveling ke Singapura di kemudian hari. Hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah transformasi yang tak terduga dan out of the box di sektor pariwisata.

Ya, transformasi di sektor pariwisata itu merupakan salah satu inisiatif baru dari Singapura yang dikenal dengan SingapoReimagine. Dengan kata lain, Singapura menata ulang konsep perjalanan wisata untuk wisatawan dengan standar baru yang lebih aman dan nyaman. 

Dengan standar atau cara baru berwisata ke Singapura, tentunya kita bakal mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan dan tak terlupakan. Oleh karena itu, Singapura melalui Singapore Tourism Board (STB) berinovasi dengan menghadirkan pengalaman wisata masa depan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. 

Nah, ketika pandemi usai dan kamu ingin berlibur untuk mendapatkan sejumlah pengalaman baru, seru, dan tak pernah dibayangkan dari traveling sebelumnya, simak penjelasan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rasakan Pengalaman Baru di Singapura

Pengalaman terbaru pertama yang bisa kamu rasakan bisa didapatkan dari Parkroyal Collection Marina Bay. Setelah mengalami sejumlah transformasi, kini kamu bisa merasakan sensasi menginap di hotel berkonsep berlanjutan. 

Hotel yang kini bernama Garden in a hotel ini menghadirkan inovasi yang epik banget. Gimana nggak, di hotel ini, kamu akan dimanjakan dengan arsitekstur dan desan yang ikonik.

Jadi, dinding setinggi sekitar 13 meter di lobi, didesain dengan lukisan lanskap tradisional Tiongkok, lengkap dengan awan dan gunung. Belum lagi, kamu bisa merasakan berjalan di Sky Bridge setinggi empat lantai dengan taman yang rimbun.

Bukan cuma itu saja, hotel yang terletak di pusat kota Singapura ini adalah rumah dari sekitar 2.400 tanaman, pohon, dan semak belukar dari 60 jenis flora. Soal spot foto, jangan khawatir! Pastinya banyak banget spot foto terbaik yang nantinya bisa menghiasi feed Instagram kamu.

Setelah melakukan reservasi, kamu bisa melanjutkan destinasi selanjutnya ke Vivocity, tepatnya ke Adidas Markerlab. Yup, bagi para pencinta fashion, tempat ini wajib masuk daftar tujuanmu yang pertama. 

Kenapa? Itu karena Adidas Markerlab adalah pusat kreativitas tanpa batas. Yup, di toko flagship ini, kamu bukan cuma bisa membeli perlengkapan olahraga terbaru saja. Ada sudut yang bernama Markerlab yang jadi tempatmu untuk mendesain baju dan aksesori secara custom dan eksklusif. 

Desain yang ditawarkan pun merupakan hasil karya desainer dan seniman lokal, seperti Yana & Jun, Reza Hasni dan Marina A yang bekerja sama dengan Adidas. Yup, dengan kata lain, kamu bisa menciptakan desainmu sendiri, dengan menambahkan patch bordir teknik iron-on, sablon (heat press), dan direct printing.

3 dari 5 halaman

Menjelajah ke Tempat yang Belum Diketahui

Pencinta traveling mungkin tidak ingin ketinggalan untuk menjelajah ke sudut kota. Banyak lokasi surga tersembunyi dan sejumlah tempat di Singapura yang wajib kamu ketahui bahkan datangi. 

Mulai dari Adventure Core Waterpark, Chek Jawa Wetlands, hingga tempat yang sarat warisan budaya, seperti Sungei Buloh Wetland Reserve. 

Sungei Buloh Wetland Reserve adalah taman pusaka ASEAN pertama di Singapura yang penuh dengan keanekaragam hayati. Ketika menjelajahi Sungei Buloh, kamu bisa menemukan lebih dari 200 spesies burung, seperti burung langka (Asian Dowitcher dan Whimbrel). 

Masih mau menikmati keseruan lain di tempat yang lebih menakjubkan? Berenang di kolam renang dengan atas terbesar di dunia sepanjang 150-200 meter di atas tanah, misalnya. 

Yup, hal itu bisa banget kamu wujudkan dengan bermalam di salah satu hotel paling Instagramable di dunia, Marina Bay Sands (MBS). Bangunan inovatif MBS tentunya telah terintegrasi dengan teknologi cerdas dan terbaik, dengan desain dan konsep berkelanjutan.

4 dari 5 halaman

Melakukan Hal yang Tidak Terduga

Nah, ketika sudah melintasi sejumlah tempat menarik di Singapura, jangan lupa buat mengisi perut ya! Yuk, menikmati pengalaman baru di  Royal Albatross. Ini adalah restoran yang menyajikan makanan di atas kapal pesiar. Dari atas kapal, kamu bisa mencicipi menu pilihan dan koktail, sambil menikmati pemandangan malam yang menakjubkan. Bukan hanya itu, kamu bisa menikmati berbagai santapan rasa bintang lima, harga kaki lima yang memiliki predikat Michelin Star. 

Ya, Hanya di Singapura, para pedagang makanan kaki lima yang di mendapat predikat tersebut. Di pusat makanan yang sempat dijadikan lokasi syuting film Crazy Rich Asian ini, kamu bisa menikmati makanan dengan harga di bawah SGD5 alias Rp50 ribuan.

Tempat jajanan kaki lima di Singapura yang jadi rekomendasi dari Michelin dan mendapat penghargaan Bib Gourmand pada September 2021, beberapa di antaranya adalah Fei Fei Roasted Noodle, Lai Heng Handmade Teochew Kueh, dan Hainan Zi. 

Fei Fei Roasted Noodle misalnya, kamu bisa menikmati mie telur dengan tekstur yang lembut, gurih, serta ditambahkan kaldu dari ikan teri, dan udang segar. Semangkuk menu ini bisa kamu nikmati dengan harga SGD3 atau sekitar Rp30 ribuan.

Hal menakjubkan dan nggak terduga dari Singapura adalah Funan Mall. Ini adalah mal pertama yang mengizinkan para pengunjungnya untuk keliling mal menggunakan sepeda. Wow, hal ini kayaknya bakalan jadi pengalamanmu yang pertama dong ya, ketika berkunjung ke Singapura? 

Ya, pusat perbelanjaan yang terletak di North Bridge Road seluas 62 ribu meter persegi ini dirancang dengan mengedepankan nilai komunitas. Para pencinta sepeda diperbolehkan melintas di rangkaian jalur sepeda sepanjang 200 meter di lantai dasar mal. 

Nggak cuma itu saja, mal ini bahkan melengkapi jalur tersebut dengan pencahayaan LED dan kamera pendeteksi yang langsung menerangi jalan saat ada gerakan.

5 dari 5 halaman

Transformasi Liburan Secara Virtual

Di kategori transfomasi ini, Singapura memang wahid. Sejak berdiri pada 1960an, Singapura selalu menghadirkan inovasi dan transformasi yang membuat para wisatawannya lebih aman dan nyaman saat berlibur. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, STB bekerja sama dengan menawarkan pengalaman liburan virtual yang tak terlupakan. Ya, Singapura bekerja sama dengan Airbnb meluncurkan Airbnb's Singapore Virtual Trip.

Airbnb's Singapore Virtual Trip ditujukan bagi para wisatawan yang belum bisa liburan dalam waktu dekat, karena kondisi pandemi. Oleh karena itu, perjalanan virtual menjadi solusi liburan masa kini. 

Dengan melakukan pendaftaran melalui platform Airbnb, kamu bisa merasakan pengalaman unik jalan-jalan virtual ke sejumlah tempat. Mulai dari museum, tur tanam nasional, wisata budaya, hingga beberapa tempat andalan di Singapura. 

Melalui pengalaman digital ini, diharapkan para pelancong alias wisatawan bisa menikmati liburan yang lebih nyata, dengan cara baru dan unik.

Selain itu, masih ada transformasi lain di Singapura yang memang bertujuan untuk membuat nyaman para pengunjungnya. Adalah Decathlon.

Toko olahraga ini dibuka pada September 2020 di jantung kota Singapura, yaitu di The Centrepoint. Toko olahraga dua lantai ini menawarkan katalog lengkap dengan lebih dari 6000 produk. 

Bukan cuma katalog yang lengkap, toko olahraga ini juga menggabungkan kecanggihan teknologi dalam operasionalnya. Misalnya kehadiran Radio Frequency Identification (RFID) robot yang dihadirkan untuk melakukan inventory produk.

Selama dua jam, robot itu akan melakukan pengecekan produk yang biasanya dilakukan manual oleh para karyawan Decathlon. Dengan kehadiran robot ini, tentunya, karyawan Decathlon bisa lebih memaksimalkan pekerjaan lain. 

Oh ya, nggak cuma itu saja. Kamu juga bisa melakukan perjalanan ke berbagai medan dan kondisi cuaca melalui virtual reality (VR). Oh ya, hal yang paling menarik lagi adalah proses checkout atau pembayaran. 

Ketika sudah menemukan barang yang akan dibeli, kamu bisa langsung melakukan pembayaran secara mandiri. Caranya dengan melakukan scan barcode menggunakan aplikasi Decathlon. Tentunya, hal ini dilakukan agar para pelanggan tetap bisa mencari kebutuhannya dengan aman.

Yup, Singapura memang tengah berusaha untuk menghidupkan kembali industri wisata dengan cara yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.  Selain itu, Singapura juga ingin memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang berlibur, dengan Reimagine Safe Travel. 

Ini adalah standar kesehatan dan kebersihan Singapura yang berlaku di berbagai fasilitas. Mulai dari tempat wisata hingga perhotelan. Nggak cuma itu saja juga Singapura menggaungkan kampanye SG Clean untuk meningkatkan kebersihan publik di tengah wabah Covid-19. Simpan rekomendasi perjalanan ke Singapura sekarang, Hidupkan Kembali Impian Perjalananmu nanti

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat