uefau17.com

Penanganan Cedera Olahraga Harus Komprehensif agar Bisa Pulih Cepat - Health

, Jakarta Dokter spesialis orthopedi dan traumatologi konsultan hip and knee, Fajar Mahda dari Sport Medicine RS Pelni, mengatakan pentingnya pendekatan komprehensif dan terintegrasi dalam menangani cedera olahraga pada atlet.

"Penanganan cedera ortopedi bagi atlet memerlukan pendekatan yang komprehensif dan terintegrasi untuk memastikan pemulihan yang cepat dan mengurangi risiko cedera berulang," kata Fajar dalam siaran pers Orthopedic Center Terbaru di RS Pelni: Solusi Komprehensif untuk Cedera Olahraga dan Gangguan Muskuloskeletal, pada 16 Juli 2024 di Jakarta.

Sebagai salah satu gangguan muskuloskeletal, cedera yang dialami selama olahraga seringkali terjadi secara tiba-tiba. Cedera olahraga ini bisa disebabkan oleh berbagai mekanisme, tergantung pada jenis olahraga, intensitas aktivitas, dan kondisi fisik atlet. 

Beberapa cedera yang sering terjadi antara lain rupture ligament, patah tulang, kerusakan tulang rawan, hingga tendinitis.

Penanganan yang tepat dan pencegahan cedera sangat penting untuk menjaga kesehatan dan performa atlet melalui pendekatan multidisipliner, seperti ortopedi dan fisioterapi.

Ketika seseorang mengalami cedera Fajar menjelaskan bahwa langkah awal yang dilakukan yaitu Rest (istirahat), Ice (kompres es batu untuk hilangkan peradangan), Compression (pembalutan), dan Elevation (pengangkatan).

"Cedera saat olahraga sendiri memerlukan rehabilitasi fisik untuk memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan mengembalikan fungsi normal lewat fisioterapi," katanya.

Lebih lanjut, Fajar mengingatkan untuk melakukan pemeriksaan rutin guna memantau kemajuan dan menyesuaikan program perawatan.

"Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin demi memantau kemajuan dan menyesuaikan program perawatan.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendekatan yang Tepat dalam Penanganan dan Rehabilitasi Cedera Olahraga

Cedera olahraga bukan sekadar masalah fisik sementara, tapi bisa berdampak jangka panjang pada kualitas hidup seseorang.

Jika tidak ditangani dengan serius, cedera tersebut dapat memburuk dan menyebabkan gangguan pada tulang belakang.

Sebagai struktur penting yang mendukung hampir semua gerakan tubuh dan aktivitas fisik, kerusakan pada tulang belakang bisa membatasi kemampuan untuk bergerak dengan benar dan meningkatkan risiko cedera pada bagian tubuh lainnya.

Rehabilitasi yang tidak memadai dapat mengakibatkan penyembuhan yang buruk dan meningkatkan risiko cedera ulang ketika kembali berolahraga.

Dokter Spesialis Orthopedi RS Pelni, dr Rizky Notario Haryanto Putro, Sp.OT (K), menekankan bahwa pendekatan yang tepat dalam penanganan dan rehabilitasi sangat penting.

"Saraf dilindungi sepenuhnya oleh tulang belakang. Jika ada bantalan tulang yang menekan saraf, rasa sakit akan menjalar ke tubuh. Oleh karena itu, pendekatan yang tepat dalam penanganan dan rehabilitasi sangat penting," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Layanan Terintegrasi untuk Cedera Akibat Aktivitas Olahraga

Rizky mengatakan diagnosis yang akurat dan perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi nyeri, meningkatkan fungsi, dan mencegah kambuhnya masalah tulang belakang.

"Dengan dukungan Orthopedic Center di Merial Tower RS Pelni, kami mampu memberikan perawatan yang terintegrasi, mencakup diagnosis yang akurat, intervensi minimal invasif, dan program rehabilitasi yang sesuai," jelasnya.

Hal ini memungkinkan atlet untuk kembali beraktivitas dengan aman dan mengurangi risiko cedera berulang. Layanan Orthopedic Center di Merial Tower adalah layanan terintegrasi untuk cedera akibat aktivitas olahraga.

Lewat keberadaan dokter spesialis orthopedi dan sub spesialis dari berbagai bidang seperti sub spine, hip & knee sports, oncology orthopedic, serta Rehabilitasi dan Fisioterapi Sport, RS Pelni siap memberikan layanan medis berkesinambungan hingga proses pendampingan pemulihan pasca cedera ataupun tindakan lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Merial Tower Memberikan Pelayanan Terbaik yang Berfokus pada Patient Safety

Direktur Utama PT RS Pelni, Ary Setyo Nugroho mengatakan Merial Tower hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan berfokus pada patient safety.

"Guna terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, RS Pelni meluncurkan layanan unggulan terbaru yaitu Orthopedic Center. Layanan baru ini siap hadir untuk menjadi pusat rujukan bagi pasien yang membutuhkan penanganan ortopedi yang berkualitas dan komprehensif," ujarnya.

Ary berharap masyarakat semakin sadar mengenai pentingnya menjaga kesehatan tulang, dan lebih memahami pentingnya mencegah dan menangani masalah muskuloskeletal sejak dini.

"Kami berharap masyarakat bisa semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi, serta lebih proaktif dalam mencegah dan menangani masalah muskuloskeletal sejak dini.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat