uefau17.com

Menelusuri Jejak Masjid Cheng Ho Di Indonesia (Bag 4 Selesai) - Health

, Jakarta Masjid Cheng Ho Palembang

Diantara kedua masjid lainnya,Masjid Cheng Ho yang berlokasi di Perumahan Amin Mulia, Jakabaring, Palembang ini merupakan yang terluas dan terbesar.

Berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, sementara bangunannya berukuran 25 x 25 meter (525 meter persegi) dan terdiri atas 2 lantai. Lantai pertama digunakan untuk jemaah pria, sementara lantai dua digunakan khusus untuk jemaah wanita, yang secara keseluruhan mampu menampung hingga lebih dari 600 orang.

Meski tergolong baru, namun dibandingkan dua masjid lainnya, Masjid Cheng Ho di Palembang ini boleh dibilang memiliki keterkaitan sejarah yang lebih kuat. Konon menurut sejarah, selain berkunjung untuk menyebarkan agama Islam, Laksamana Cheng Ho juga sempat membantu menumpas perompak yang sempat meresahkan penduduk dan pedagang di Sriwijaya kala itu.

Selain bangunannya yang lebih luas, keunikan masjid ini adalah arsitekturnya yang menggabungkan ornamen Palembang, China, dan Arab dengan pilihan warna merah dan hijau giok. Dua buah pagoda setinggi 17 meter bertingkat lima yang dibangun di bagian sisi kiri dan kanan masjid bagian belakang. Jumlah tingkat dalam pagoda melambangkan shalat fardu 5 waktu dalam sehari semalam yang berjumlah 17 rakaat. Sementara ornamen khas Palembang berupa tanduk kambing dapat dilihat di puncak pagoda.

Sementara bangunan masjid sendiri merupakan perpaduan antara Masjid Cheng Ho di Surabaya dan Pasuruan, namun lebih didominasi warna merah muda dan hijau.

Masjid Cheng Ho Palembang mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2006 dengan nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya Palembang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat