uefau17.com

Ribuan Warga Barcelona Demo Tolak Pariwisata Massal, Tembaki Turis Asing Pakai Pistol Air - Global

, Barcelona - Ribuan demonstran menggelar aksi protes di jalanan kota Barcelona, Spanyol, untuk menentang dampak pariwisata massal yang dinilai mengganggu kualitas hidup masyarakat setempat.

Demonstrasi ini diorganisir oleh lebih dari 100 organisasi lokal, dipimpin oleh Assemblea de Barris pel Decreixement Turístic, komunitas yang berambisi mengurangi jumlah wisatawan asing. 

Menurut data resmi, hampir 26 juta wisatawan melakukan perjalanan malam di wilayah Barcelona pada tahun 2023, dengan pengeluaran sebesar 12,75 miliar euro atau sekitar Rp224 triliun. Namun, Assemblea de Barris pel Decreixement Turístic mengatakan bahwa wisatawan ini meningkatkan harga dan tekanan pada jasa publik, sementara keuntungan dari industri turis tidak seimbang dan meningkatkan kesenjangan sosial.

Dilansir CNN, Selasa (9/7/2024), Assemblea de Barris pel Decreixement Turístic telah menerbitkan 13 proposal untuk mengurangi jumlah wisatawan dan mengubah model turis di kota, termasuk penutupan terminal kapal pesiar, lebih banyak regulasi terhadap akomodasi turis, dan pengeluaran publik untuk promosi turis.

Pada Sabtu, Wali Kota Barcelona, Jaume Collboni, menyoroti serangkaian langkah yang telah diumumkan olehnya untuk mengurangi dampak pariwisata massal, termasuk meningkatkan pajak turis malam menjadi €4 (Rp70 ribu) dan mengurangi jumlah penumpang kapal pesiar

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Larangan Sewa Apartemen Jangka Pendek

Pada akhir Juni, Collboni juga mengumumkan bahwa ia akan menghentikan sewa apartemen untuk wisatawan oleh 2028 dengan menghapus lisensi sewa jangka pendek untuk lebih dari 10.000 apartemen.

Hal ini akan membantu membuat rumah lebih terjangkau untuk penduduk setempat, menurut Collboni, yang mengatakan bahwa biaya sewa telah meningkat 68% dalam 10 tahun terakhir, dengan biaya membeli rumah naik 38 persen.

Namun, Collboni telah dikritik karena memperbolehkan acara seperti pameran catwalk Louis Vuitton di Parc Güell, desain Antoni Gaudí, pada Mei, serta kompetisi America’s Cup yang akan datang.

3 dari 3 halaman

Marak Pariwisata Massal di Barcelona

Kesedihan yang tumbuh di Barcelona mencerminkan protes serupa di bagian lain Spanyol.

Pada April, warga di Kepulauan Canary menggelar aksi protes untuk menentang turis yang berlebihan, mengatakan bahwa wisatawan telah menghantarkan mereka keluar dari rumah dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Keluhan ini umum terjadi di banyak lokasi wisata populer di dunia, yang telah mencatat rekor jumlah wisatawan pada tahun ini setelah industri perjalanan mengalami penurunan akibat pandemi.

Kenaikan seperti ini mungkin manis untuk perekonomian lokal dan bisnis, tetapi mereka juga datang dengan efek negatif yang signifikan: kebisingan, polusi, lalu lintas, dan tekanan pada sumber daya; kualitas hidup yang lebih rendah untuk penduduk setempat; dan pengalaman wisatawan yang lebih buruk.

Tidak mengherankan, banyak lokasi wisata populer telah menciptakan inisiatif dan batasan untuk menghadapi overtourism, termasuk pajak turis baru atau pajak yang lebih tinggi, kampanye untuk menghentikan wisatawan yang berbahaya, dan batasan jumlah wisatawan di tempat-tempat populer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat