uefau17.com

5 Manfaat ADHD yang Sering Kali Terabaikan, Bikin Kagum - Disabilitas

, Jakarta - ADHD adalah gangguan yang membuat seseorang menjadi hiperaktif, sulit berkonsentrasi, dan sering bertindak tanpa berpikir. Meskipun sering kali hanya dilihat dari sisi negatifnya, ADHD juga memiliki manfaat positif yang sering kali terabaikan.  

Namun, penting untuk dicatat bahwa gejala ADHD bisa bervariasi, dan tidak semua orang dengan kondisi ini akan mengalami gejala yang sama.

Ada tiga subtipe ADHD yang berbeda, masing-masing dengan gejala yang berbeda pula. Beberapa orang dengan ADHD lebih cenderung mengalami masalah perhatian, yang lain mungkin lebih hiperaktif dan impulsif, dan ada juga yang mengalami campuran dari kedua gejala tersebut.

Meskipun banyak yang memperhatikan kesulitan yang ditimbulkan oleh ADHD, tapi ada banyak kualitas dan keterampilan unik yang dimiliki oleh orang dengan ADHD.

Berikut ini manfaat ADHD yang bisa menjadi sumber pemberdayaan dan kebanggaan bagi yang memiliki ADHD, seperti dilansir dari Verywell Mind pada Senin, 10 Juni 2024.

1. Tingkat Energi Tinggi

Orang yang memiliki hiperaktif sebagai gejala ADHD memiliki tingkat energi yang tinggi. Hal ini terkadang muncul dengan gejala seperti gelisah dan berbicara berlebihan. Namun, energi ini dapat bermanfaat bila disalurkan untuk mencapai tujuan yang positif.  

Meskipun energi ini terkadang tidak terfokus, energi ini dapat menjadi kekuatan pendorong yang kuat bagi mereka yang mampu menemukan cara untuk memanfaatkan dan mengarahkannya secara produktif.

Tingkat energi yang tinggi ini juga memberikan manfaat lain, termasuk membantu penyandang ADHD merasa lebih muda dibandingkan rekan-rekannya dan lebih mampu melakukan berbagai aktivitas, termasuk aktivitas fisik dan olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Hiperfokus

Penderita ADHD sering kali mengalami kondisi yang dikenal sebagai hiperfokus, di mana mereka menjadi sangat terfokus pada tugas atau subjek tertentu.

Meskipun ini kadang bisa menjadi masalah jika mengganggu aspek lain dalam hidup, hiperfokus juga memiliki sisi positif.

Hiperfokus dapat membantu seseorang untuk berkonsentrasi mendalam, menyelesaikan tugas dengan efisiensi tinggi, dan mempelajari suatu topik secara mendalam.

Ini mirip dengan konsep "flow" yang dikemukakan oleh psikolog Mihály Csíkszentmihályi, yaitu keadaan konsentrasi intens dan penyerapan penuh dalam suatu aktivitas yang menghasilkan perasaan kenikmatan dan kepuasan yang mendalam.

Dalam keadaan hiperfokus, individu dengan ADHD dapat mencapai tingkat produktivitas yang luar biasa dalam proses pembelajaran atau pekerjaan mereka. 

3 dari 5 halaman

3. Kreativitas

Meskipun orang dengan ADHD ini kurang perhatian dan mudah teralihkan perhatiannya, mereka juga cenderung memiliki pemikiran yang berbeda.

Alih-alih mengikuti pola dan cara berpikir yang kaku mengenai masalah, mereka justru mampu menemukan solusi baru dan menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang dengan kondisi ADHD berkinerja lebih baik dalam tugas-tugas kreatif real-time dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki kondisi tersebut.

Penelitian juga menemukan bahwa orang-orang dengan ADHD menggambarkan diri mereka sebagai orang yang memiliki rasa ingin tahu alami, yang menurut mereka merupakan aspek positif dari ADHD.

Rasa ingin tahu ini adalah komponen kunci dari kreativitas. Orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi cenderung memiliki keinginan dan keterbukaan terhadap pembelajaran, yang dapat membantu mereka mengeksplorasi ide-ide baru dengan cara yang inovatif.

 

4 dari 5 halaman

4. Spontanitas

Impulsif atau spontanitas adalah gejala umum ADHD lainnya. Meskipun kadang-kadang ditandai dengan bertindak tanpa berpikir, tidak sabar, dan menyela orang lain, tapi hal ini juga memiliki sisi positifnya.

Orang yang mampu mengelola gejala ini dan menyalurkannya secara efektif bisa menjadi orang yang spontan, bersemangat, dan terbuka terhadap pengalaman baru.

Tindakan spontan bisa membuat hidup lebih menarik dan menyenangkan, karena kita tidak selalu khawatir tentang hal-hal lain.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa spontanitas juga berperan dalam pengembangan keberanian. Peserta penelitian sering menggambarkan diri mereka sebagai orang yang berani dan suka petualangan.

Spontanitas ini dapat membantu orang mengejar minat mereka dan fokus melakukan hal-hal yang benar-benar membuat mereka bahagia.

 

5 dari 5 halaman

5. Ketangguhan

Memiliki ADHD penuh dengan tantangan, karena penderita ADHD mungkin mengalami kesulitan untuk tetap fokus di tempat kerja atau sekolah, mengelola waktu, menghindari penundaan, menjaga hubungan sosial, dan mengingat untuk minum obat.

Menghadapi tantangan ini tentu tidak mudah dan membutuhkan kekuatan serta ketahanan. Ketangguhan adalah kemampuan untuk menghadapi stres dan kesulitan tanpa mengandalkan mekanisme penanggulangan yang tidak sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan guru sering menilai bahwa sebagian besar anak-anak dengan ADHD memiliki ketahanan yang baik.

Ini berarti mereka mampu menghadapi dan mengatasi tantangan yang mereka hadapi dengan lebih baik daripada yang dibayangkan.

Ketangguhan ini adalah kekuatan mental yang memungkinkan mereka untuk terus berusaha meskipun menghadapi rintangan. Kekuatan ini membantu mereka tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan berkembang dalam menghadapi kesulitan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat