uefau17.com

Hanya Tambahkan 1 Bahan, Begini Trik Rebus Udang Agar Warnanya Oranye Menggoda - Citizen6

, Jakarta Olahan seafood menjadi salah satu jenis makanan yang cukup banyak digemari, salah satunya adalah udang. Rasanya yang otentik membuat hidangan berbahan dasar udang kerap menjadi opsi untuk dikonsumsi, terutama bagi pecinta seafood. 

Selain cita rasanya yang lezat, udang juga mengandung segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan, salah satunya protein. Melansir dari Alodokter, udang sendiri menjadi salah satu sumber protein hewani di mana per 85 gramnya–udang matang–terkandung 20 gram protein.

Selain nutrisi, tampilan udang yang cantik–berwarna oranye cerah–setelah dimasak juga menjadikan hidangan seafood satu ini menggugah selera. Ternyata, agar warna udang lebih menyala dan menarik ini juga ada triknya. 

Dirangkum dari akun TikTok @elizabethlioe pada Jumat (21/6/2024), berikut cara selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bahan yang Diperlukan

Untuk menjadikan warna udang yang direbus lebih oranye segar dan menarik, @elizabethlioe menyarankan untuk menggunakan tambahan air soda.

Ia menyebutkan bahwa penambahan air soda ketika merebus udang ini merupakan trik yang banyak dipakai di hotel untuk menghasilkan udang dengan warna yang menarik.

3 dari 11 halaman

Bersihkan Udang

Sebelum mulai memasak, bersihkan udang terlebih dahulu. Melansir dari short video YouTube Arnold Poernomo, bersihkan udang mulai dari kulit bagian bawah lalu tarik menggunakan telunjuk. 

Kemudian, tarik bagian bawah kepala dengan telunjuk hingga terlepas. Setelah itu, bersihkan kotoran yang terletak di sepanjang punggung udang menggunakan pinset, pisau, sumpit, maupun garpu.

4 dari 11 halaman

Didihkan Air

Sembari udang dibersihkan, bisa panaskan satu panci air terlebih dahulu agar ketika udang selesai dibersihkan air sudah mendidih.

5 dari 11 halaman

Rebus Udang

Jika air sudah mendidih, tambahkan air soda sedikit saja, kurang lebih 50 mililiter. Lalu, masukkan udang dan rebus selama 1-2 menit saja. 

6 dari 11 halaman

Udang Rebus Jadi Lebih Menarik

Jika warnanya sudah berubah oranye, udang bisa ditiriskan. Menggunakan cara ini, tampilan udang jadi lebih menarik karena warnanya lebih keluar. Selamat mencoba!

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Udang

8 dari 11 halaman

Apa Nama Udang Air Tawar?

Udang galah, yang juga dikenal sebagai udang cokong, merupakan spesies udang yang menghuni perairan tawar. Keunikan dari udang ini adalah warna kulitnya yang kebiruan, kepala yang berukuran besar, dan capit yang panjang.

9 dari 11 halaman

Apa Bedanya Udang Rebon dan Ebi?

Tidak seperti ebi, udang rebon memiliki tubuh yang panjangnya mencapai 20-25 cm. Tekstur ebi kering, renyah, dan warnanya cokelat. Sedangkan, udang rebon bisa ditemukan dalam kondisi kering maupun basah, dengan tubuh berwarna ungu kehitaman.

10 dari 11 halaman

Apakah Boleh Memakan Ekor Udang?

Selain rasanya yang lezat, ekor udang juga menawarkan banyak manfaat berkat kandungan utamanya, yaitu kitin, antioksidan, dan mineral. Kitin, yang menjadi komponen struktural utama dalam ekor udang, tidak hanya menambah tekstur, tetapi juga memberikan keuntungan lainnya.

11 dari 11 halaman

Apakah Boleh Makan Udang dengan Kulitnya?

Kulit udang sebenarnya bisa dimakan dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Tetapi, pengolahannya harus benar supaya tidak tajam dan melukai mulut. Berdasarkan laporan dari Sports Keeda, kulit udang bisa dijadikan kaldu atau bubuk penyedap makanan. Untuk membuat kaldu, cangkang udang direbus dalam air selama beberapa waktu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat