uefau17.com

Hanya Butuh 7 Menit, Begini Trik Cairkan Daging Beku Tetap Higienis Tanpa Perlu Dipanaskan - Citizen6

, Jakarta Menyimpan sumber protein hewani, seperti daging merah, ayam, maupun ikan, ke dalam freezer memang ampuh untuk menjaga kesegaran dan daya simpannya. Akan tetapi, masalah seringkali timbul saat akan memasak.

Pasalnya, tak sedikit orang lupa mengeluarkan daging dari freezer terlebih dahulu agar saat tiba waktu memasak daging sudah kembali ke tekstur semula. Meski begitu, tak perlu kesal lagi jika hal seperti ini terjadi.

Sebuah trik cepat mencairkan daging yang dibagikan @rumah_stia melalui video reel Instagramnya ini bisa ditiru. Disebut dengan teknik defrost daging, cara ini bisa membuat daging, baik daging merah, ayam, maupun ikan, yang beku jadi cair dalam waktu tujuh menit saja.

Penasaran bagaimana tekniknya? Berikut penjelasan tentang langkah-langkah detailnya, dirangkum pada Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bahan-bahan

Proses defrost daging ini memerlukan beberapa bahan sebagai berikut:

  • 1 liter air hangat
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm cuka
3 dari 10 halaman

Larutkan Bahan-bahan

Pertama-tama, menggunakan mangkuk besar atau baskom larutkan garam dan cuka dengan air. Aduk sampai garam larut dengan baik.

4 dari 10 halaman

Rendam Daging Beku

Step kedua, keluarkan daging dari freezer lalu rendam ke dalam baskom berisi larutan cuka dan garam tadi. Ketika daging direndam harus dalam keadaan terbungkus plastik untuk menghindari kontaminasi kotoran dan bakteri jika daging terkena air secara langsung.

5 dari 10 halaman

Bolak-balik Daging

Step ketiga, daging direndam selama 7-10 menit lamanya sambil dibolak-balik, kira-kira setiap dua menit sekali.

6 dari 10 halaman

Daging Siap Diolah

Setelah mencapai batas waktu yang ditentukan, daging bisa diangkat dan dikeluarkan dari plastik. Teksturnya pun kembali seperti semula dan tentunya higienis, daging pun siap untuk diolah. Selamat mencoba.

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging Beku

8 dari 10 halaman

Apakah Daging Beku Sehat?

Daging beku bisa dikategorikan sebagai makanan sehat apabila penanganan dan penyimpanannya dilakukan secara tepat. Menurut Pasal 127 Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021, daging beku yang masuk ke Indonesia harus melalui pemeriksaan kualitas dan mendapatkan sertifikasi halal, memastikan bahwa daging tersebut sehat serta halal.

9 dari 10 halaman

Apakah Daging Beku Boleh Langsung Dimasak?

Merebus daging beku sebenarnya diperbolehkan. Bahkan, menurut Cookist, Layanan Inspeksi dan Keamanan Pangan USDA menyatakan bahwa daging dapat dimasak langsung tanpa perlu dicairkan terlebih dahulu.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Daging Beku Bisa Bertahan?

Bahkan, menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, potongan daging dapat disimpan di dalam freezer selama 4-12 bulan. Mengutip dari Times of India, daging sapi dan daging merah lainnya bisa bertahan dalam kondisi dingin selama lima hari. Namun, jika dibekukan, daya tahannya bisa mencapai 12 bulan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat