uefau17.com

Tak Hanya Garam, Begini Cara Kurangi Pahit Pare Pakai Tambahan 1 Bumbu Dapur - Citizen6

, Jakarta Banyak orang tidak menyukai pare karena rasanya yang terlampau pahit, terutama setelah diolah. Padahal, pare kaya akan manfaat untuk kesehatan. Namun tak perlu khawatir, rasa pahit pare masih bisa dikurangi.

Melansir dari YouTube, salah satu warganet asal India,Healthy With Ravneet Bhalla, memberikan tips agar rasa pahit pada pare tidak terlalu kuat cukup dengan menggunakan dua bumbu dapur.

Bagaimana caranya? Informasi selengkapnya dapat ditemukan pada penjelasan yang dirangkum pada Kamis (16/5/2024) di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan-bahan

Melansir dari video pendeknya, Healthy With Ravneet Bhalla memanfaatkan garam dan kunyit bubuk untuk menurunkan tingkat rasa pahit pada pare. 

3 dari 12 halaman

Taburkan Garam dan Kunyit

Langkah pertama, bersihkan pare dari bijinya dan potong dengan ukuran sedang. Kemudian, taburi potongan pare tersebut dengan garam dan kunyit bubuk.

4 dari 12 halaman

Diamkan 30-60 Menit

Langkah kedua, ratakan taburan garam dan kunyit bubuk ke seluruh permukaan pare sambil ditekan-tekan. Lalu, diamkan pare selama 30 menit sampai satu jam. 

5 dari 12 halaman

Cuci Pare hingga Bersih

Terakhir, cuci bersih pare yang sudah dimarinasi. Jangan lupa sambil sedikit diperas agar getah penyebab rasa pahit yang ada dalam pare dapat keluar. Pare pun siap diolah menjadi berbagai hidangan lezat. 

6 dari 12 halaman

Khasiat Mengonsumsi Pare

Melansir dari situs Klik Dokter, berikut beberapa manfaat pare untuk kesehatan:

  1. Menyehatkan sistem pencernaan
  2. Mengontrol berat badan
  3. Mengendalikan kadar gula darah
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Menurunkan risiko kanker
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Mengolah Pare

8 dari 12 halaman

Apakah Pare Harus Dikupas?

Menghilangkan lapisan kulit ini terbukti dapat mengurangi kepahitan pare secara signifikan. Namun, kulit yang sudah dikupas sebaiknya tidak dibuang, karena bisa digunakan untuk memberikan rasa yang unik dan gurih pada adonan roti paratha.

9 dari 12 halaman

Pare Tidak Boleh Dimakan dengan Apa?

Walaupun aman untuk mengonsumsi pare bersamaan dengan udang, teh, dan buah manggis, asupan sayuran ini sebaiknya tidak berlebihan. Menurut Nanang Fakhrudin, pakar herbal dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, pare tidak berbahaya selama dikonsumsi dalam batas wajar.

10 dari 12 halaman

Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Makan Sayur Pare?

Penderita penyakit hati dan ginjal. Serat yang terkandung dalam pare sulit untuk dicerna dan bisa menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, penderita penyakit hati dan ginjal dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah ini.

11 dari 12 halaman

Apa Manfaat Pare Direndam Air Panas?

Khasiat pare yang direndam dalam air panas menjadi solusi alami dan ampuh bagi yang mengalami masalah dengan kolesterol. Rutin mengonsumsi pare terbukti sangat efektif dalam mengurangi lemak yang menumpuk di pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi risiko kolesterol.

12 dari 12 halaman

Berapa Lama Pare Dimasak?

Setelah direndam dalam air garam atau air gula, langkah berikutnya untuk memasak pare agar tidak terasa pahit adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu lama, cukup masukkan pare ke dalam air mendidih dan rebus selama kurang lebih 2 menit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat