uefau17.com

Gerai Kopi Ini Berlakukan Harga Mahal Bila Pengunjung Tak Sopan - Citizen6

, Jakarta Tata krama adalah penting. Malahan, tanpa sopan santun harga secangkir kopi menjadi lebih mahal. Aturan unik ini berlaku di gerai kopi Blau Grifeu, Girona, Spanyol.

Gerai kopi ini menetapkan harga yang berbeda antara pelanggan yang berbasa-basi mengucapkan please atau thank you dengan pelanggan yang tidak mau menerapkan sopan santun saat menikmati sajian gerai kopi Blau Grifeu.

Biaya tambahan untuk pelanggan tanpa mengucapkan kata-kata please atau thank you akan langsung dimasukkan ke tagihan makan dan minuman yang telah dipesan.

Aturan unik ini dilakukan agar pelanggan menerapkan sopan santun. Prinsip tata krama dan sopan santun dapat menaikkan kualitas hidup ini dipercaya oleh pemilik gerai kopi Blau Grifeu, Marisel Valencia Madrid.

“Orang-orang sekarang tampaknya terburu-buru dalam segala hal. Mereka lupa mengatakan please saat meminta sesuatu,” kata Marisel kepada Daily Mail.

Maka ia menuliskan aturan, bahwa harga makanan dan minuman tergantung dari sopan santun dari pelanggan. Harga secangkir kopi, misalnya menjadi lebih mahal tiga kali lipat bila dipesan dengan nada ketus dan tanpa sopan santun.

Ilustrasi Kopi

Dikutip dari laman Daily Mail, secangkir kopi di gerai Blau Grifeu seharga 1,30 Euro atau sekitar Rp 19 ribu. Harga itu akan tetap bila dipesan dengan ramah menggunakan kalimat "hello, one coffee please". Namun, harga secangkir kopi menjadi tiga kali lebih mahal menjadi 3 Euro bila dipesan dengan kalimat singkat, "one coffee please".

Simak alasan lain yang dikemukakan Marisel Valencia Madrid mengapa sopan santun menjadi wajib saat berkunjung di gerai kopi Blau Grifeu dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer : Ada Sosok di Balik Viralnya Humor Mukidi. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat