uefau17.com

Kumpulan Hoaks yang Terkait Penyakit Ginjal, dari Penyebab hingga Penyembuhan - Cek Fakta

, Jakarta - Hoaks terkait penyakit yang berhubungan dengan ginjal terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks penyakit yang berhubungan dengan ginjal? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Rebusan Akar Ilalang dan Jeruk Nipis Bisa Cegah Sembuhkan Gagal Ginjal

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim rebusan akar ilalang dan jeruk nipis bisa mencegah dan menyembuhkan gagal ginjal. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 Juli 2024.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Urin yang berbusa adalah salah satu ciri ginjal sudah rusak dan bermasalah. Dengan ramuan ini bisa sembuh dan mencegah terjadi gagal ginjal.

Siapkan akar lalang sepuluh sampai lima belas helai, jeruk nipis sebelah, rebus kedua ramuan dengan air satu gelas sampai mendidih, rutinkan minum dia kali sehari."

Akun itu menambahkan narasi "Cara mencegah dan mengobati gejala sakit ginjal"

Hingga saat ini postingan itu telah dilihat lebih dari 569 ribu, mendapat 3,2 ribu likes, dan dibagikan lebih dari 1,1 ribu kali.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim rebusan akar ilalang dan jeruk nipis bisa mencegah dan menyembuhkan gagal ginjal? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Mengonsumsi Air Kelapa Muda Bakar Bisa Menghancurkan Batu Ginjal

Klaim mengonsumsi air kelapa muda bakar bisa menghancurkan batu ginjal beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Maret 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi seseorang yang tengah menyajikan kelapa muda bakar untuk dikonsumsi. Dalam video terdapat juga narasi bahwa air kelapa muda bakar diklaim bisa menghancurkan batu ginjal.

"Solusi untuk menghancurkan batu ginjal secara alami. Dengan rutin minum air kelapa muda bakar dapat menghancurkan batu ginjal. Batu ginjal dapat keluar dari tubuh secara alami. Semoga bermanfaat," demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.900 kali dibagikan dan mendapat 205 komentar dari warganet.

Benarkah mengonsumsi air kelapa muda bakar bisa menghancurkan batu ginjal? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Rutin Meminum Air Es Bisa Sebabkan Ginjal Tergerus dan Bermasalah

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim meminum air es secara rutin bisa menyebabkan ginjal tergerus dan bermasalah. Postingan ini beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 6 September 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Orang-orang yang yang rutin minum es, lama-lama ginjalnya bisa tergerus, bermasalah. Apalagi yang parah itu minum es waktu makan, itu buruknya luar biasa.

Saran saya waktu lagi makan jangan minum. Minumnya kasih jarak 15-30 menit sebelum makan. Sebelum makan banyakin minum air putih sebelum makan."

Akun tersebut juga menambahkan narasi "Bahaya minum es".

Lalu benarkah postingan yang mengklaim meminum air es secara rutin bisa menyebabkan ginjal tergerus dan bermasalah? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat